Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

LifestyleSkincare

Keunggulan Serum Wajah Dibanding Produk Skincare Lain

Selain menggunakan moisturizer, cara melembapkan wajah yang optimal bisa Anda lakukan dengan menggunakan serum wajah yang membantu melembapkan kulit. Bedanya serum dengan produk perawatan kulit lain adalah manfaat dan konsentrasi bahan kandungannya. 

Serum ditujukan untuk mengatasi masalah kulit, jadi tidak sekadar merawat kulit saja. Karena itu, serum memiliki bahan kandungan yang lebih sedikit jumlahnya namun fokus kepada 1-3 kandungan utama saja yang konsentrasinya dibuat lebih tinggi agar efektif dalam mengatasi masalah kulit. Teksturnya juga dibuat lebih ringan dan cenderung berbahan dasar air sehingga dapat dengan mudah menyerap ke lapisan kulit sehingga bekerja lebih efektif.

Karena kandungannya dan cara kerjanya ini, Anda tak perlu menggunakan serum dalam jumlah banyak. Cukup beberapa tetes saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kulit wajah Anda. 

Agar serum wajah yang Anda gunakan dapat membantu melembapkan kulit secara optimal, perhatikan hal-hal berikut ini.

Jika selama ini Anda hanya mengandalkan moisturizer untuk melembapkan kulit wajah, berarti kebiasaan ini sudah harus Anda ubah. Dengan menambahkan serum wajah yang ditujukan untuk melembapkan kulit dalam rutinitas skincare Anda, maka Anda akan mendapatkan kulit wajah yang lembap optimal serta terhindar dari tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, tekstur kulit kasar, dan berkurangnya kekenyalan kulit.

Semua Jenis Kulit Butuh Kelembapan

Anda tentu sudah paham kalau kulit tubuh manusia terdiri dari beberapa jenis dan produk skincare yang Anda gunakan harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda, baik kulit tubuh maupun kulit wajah. Mengenali jenis kulit wajah sejak awal akan membantu Anda memilih produk perawatan yang sesuai jenis kulit.

Satu dari langkah perawatan mendasar kulit adalah melembapkan. Ini tidak hanya berlaku untuk kulit kering dan sensitif saja, tapi untuk semua jenis kulit. Kurang tepat kalau Anda mengira kulit wajah berminyak tidak perlu dilembapkan lagi, karena akibatnya kulit malah menjadi sangat berminyak. Ini diakibatkan kelenjar sebaceous yang mendeteksi kalau kulit kurang kelembapan sehingga otomatis memproduksi minyak lebih banyak.

Beda jenis kulit, beda pula jenis pelembapnya. Untuk kulit kering, sebaiknya pilih pelembap yang mengandung air dan minyak karena minyak dapat membantu mencegah kandungan air menguap dari permukaan kulit. Sementara untuk kulit berminyak, cocok dengan pelembap berbahan dasar air saja karena minyak alami di kulit yang akan membantu mencegah air menguap. 

Jenis-Jenis Serum Wajah

Kalau Anda termasuk pemula dalam menggunakan serum, mungkin bingung serum seperti apa yang sebaiknya Anda pilih. Agar tidak salah memilih serum, Anda harus tahu kebutuhan kulit Anda. Baiknya Anda berkonsultasi dulu ke ahlinya untuk mengetahui kondisi dan masalah kulit wajah, baru setelah itu memilih serum yang sesuai dengan kebutuhan.

Karena kulit wajah cenderung lebih bermasalah saat usia bertambah, maka serum wajah lebih banyak ditujukan untuk perawatan kulit usia 30 tahun ke atas, terutama untuk anti-aging. Namun kemudian dibuat juga pilihan serum yang manfaatnya bisa didapatkan oleh semua wanita dari segala umur, mulai dari yang berusia muda sampai yang sudah matang. Serum di antaranya berupa serum pencerah kulit, serum yang mengatasi hiperpigmentasi, serum yang melembapkan, serta serum dengan kandungan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. 


Hydrating Serum untukMelembapkan Kulit Wajah secara Optimal

Jika setelah berkonsultasi dengan ahlinya Anda disarankan memilih serum yang dapat membantu melembapkan kulit wajah, maka jenis serum yang paling sesuai untuk Anda gunakan adalah hydrating serum. Serum ini dapat digunakan oleh semua jenis kulit karena relatif aman dan tidak membuat kulit berminyak.

Agar hydrating serum yang Anda pilih dapat melembapkan kulit wajah secara optimal, Anda harus perhatikan hal-hal berikut ini:

– Bahan kandungannya

            Sebaiknya Anda cek dulu bahan-bahan kandungan di serum wajah untuk memastikan bahwa benar-benar memberi manfaat melembapkan kulit. Ada bahan-bahan tertentu yang terkandung dalam serum yang terbukti dapat membantu melembapkan kulit wajah, di antaranya ada hyaluronic acid, peptide, glycerin, niacinamide, ceramide, dan panthenol. 

– Langkah dalam skincare routine

Dalam rutinitas perawatan kulit, langkah-langkah pemakaian produk memang diatur agar dapat memberi hasil yang optimal bagi kulit wajah. Serum wajah biasanya dipakai setelah aplikasi eye cream dan sebelum krim pelembap. Jika Anda rutin menggunakan sheet mask untuk perawatan wajah mingguan, maka aplikasikan serum kemudian gunakan sheet mask, baru setelah itu lanjutkan dengan krim pelembap.

– Cara aplikasinya

            Agar hydrating serum yang digunakan dapat menyerap dengan optimal, maka Anda harus perhatikan cara aplikasinya. Salah satu cara yang disarankan untuk aplikasi serum adalah dengan mengeluarkan cairan serum 2-3 tetes di tengah telapak tangan, lalu gosok lembut kedua telapak tangan sampai terasa sedikit hangat dan serum tersebar merata. Setelah itu, secara perlahan, tekan kedua telapak tangan di seluruh permukaan wajah dan leher agar serum terserap dengan baik. Tunggu sampai serum menyerap dengan baik baru lanjutkan ke langkah perawatan selanjutnya.

Related posts
Skincare

Keistimewaan Aloevera Sebagai Bahan Utama NOVI’S Hydration Gel Moisturizer

Gaya HidupSkincare

Sinar UV Akan  Merusak Komponen Utama Kulit Kamu

Skincare

Deretan Masalah Kulit yang Sering Dialami ole Remaja

Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Ekfoliasi Ringan Juga Dibutuhkan untuk Pemilik Kulit Sensitif