Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Inilah Penyebab Mengapa Warna Bibir Terlihat Gelap

Memiliki bibir hitam ini dapat mengganggu penampilan. Oleh karena itu, sebagian orang mungkin menjadi tidak percaya diri saat memiliki bibir yang berwarna hitam ini terutama bagi kaum wanita. Namun mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui apa penyebab bibir menjadi berwarna hitam. 

Lalu apa yang menyebabkan bibir menjadi hitam ini? Pada umumnya, orang akan berpikir bahwa penyebabnya yaitu kebiasan merokok. Hal ini memang benar, namun penyebab tidak hanya itu saja. Berikut ini akan dijelaskan beberapa penyebab bibir hitam yang mungkin saja Anda alami. 

  1. Bibir kering

Penyebab bibir hitam yang selanjutnya yaitu karena bibir kering. Kondisi ini umumnya terjadi ketika cuaca panas. Ketika bibir terbuka, maka kelembabannya akan mudah menghilang, sehingga membuatnya menjadi pecah-pecah dan mengubah warna kulit. Oleh karena Anda perlu memperbanyak konsumsi air putih agar bibir tidak kering. Anda juga bisa mengoleskan madu atau lidah buaya untuk mengatasi bibir kering ini. 

  • Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan tidak hanya membuat kulit menjadi gelap, namun juga bisa menyebabkan bibir juga mulai menghitam. Pasalnya, ketika Anda mendapatkan paparan sinar ultraviolet maka tubuh akan menghasilkan pigmen melanin yang menyerap sinar ultraviolet tersebut. Hal ini terjadi karena tubuh sedang melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit menghitam, termasuk bibir.

  • Kebiasaan buruk

Penyebab bibir menjadi hitam yang pertama yaitu karena kebiasan buruk. Beberapa kebiasaan buruk tersebut yaitu merokok dan juga mengonsumsi minuman beralkohol. Pasalnya, di dalam alkohol terdapat kandungan zat asam yang menyebabkan bibir hitam. Tidak hanya itu, mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan Anda mengalami hidrasi sehingga membuat bibir menjadi pecah-pecah dan membuatnya berubah warna menjadi hitam. 

  • Konsumsi kafein berlebihan

Apakah Anda sering mengonsumsi kafein? Jika iya, mulailah untuk menguranginya. Pasalnya, terlalu banyak konsumsi kafein ternyata dapat menyebabkan bibir menjadi hitam. Hal ini karena, kafein pada dasarnya merupakan zat diuretik yang membuat Anda sering buang air kecil. Kondisi ini dapat menyebabkan Anda mengalami dehidrasi sehingga membuat bibir menjadi pecah-pecah dan tidak sehat dan berubah warna menjadi gelap. 

  • Kondisi Medis

Penyebab bibir hitam yang terakhir perlu Anda ketahui yaitu karena kondisi medis tertentu. Salah satu penyakit yang menyebabkan bibir menghitam yaitu penyakit Addison. Penyakit ini merupakan suatu kondisi ketika kelenjar adrenalin tidak dapat bekerja dengan baik dalam menghasilkan hormon dalam tubuh. 

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai penyebab bibir hitam. Apabila Anda tidak ingin mengalaminya, maka pastikan menjauhi berbagai penyebabnya tersebut. Apabila mengalami bibir hitam ini yang disertai dengan gatal dan nyeri maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

  • Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi merupakan suatu kondisi ketika melamin di dalam tubuh terlalu banyak. Kondisi ini menyebabkan terjadinya perubahan warna kulit, termasuk bibir. Penyebab terjadinya kondisi ini yaitu karena paparan sinar matahari secara langsung yang berlebihan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi Anda yang hendak beraktivitas di luar ruangan terutama di bawah sinar matahari langsung untuk menggunakan tabir surya dan juga pelembab bibir.

  • Hamil

Ternyata, bibir yang menghitam juga dapat disebabkan karena kehamilan. Kondisi ini terjadi karena, ibu hamil akan mengalami perubahan hormon di dalam tubuhnya. Perubahan hormon ini akan membuat beberapa bagian seperti, hidung, pipi, bibir, puting, dahi akan berubah warna menjadi lebih gelap. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena kondisi ini pada umumnya, dapat kembali seperti semula setelah melewati masa kehamilan. 

Lip Therapy

Perawatan bibir menggunakan teknologi laser mampu meregenerasi sel kulit, menstimulasi kolagen serta dapat mencegah bibir dari kekeringan dan secara perlahan mampu mengembalikan warna alami bibir.

  • Meregenerasi kulit bibir
  • Meremajakan kulit bibir
  • Melembabkan bibir
  • Merubah warna kulit bibir menjadi cerah alami

Setelah tindakan laser bibir, kulit terluar bibir akan mengelupas dan akan hilang dengan sendirinya. Treatment laser ini menggunakan energi yang bisa saja menyebabkan perlukaan pada area kulit bibir, maka kondisi bibir yang sehatakan sangat mempengaruhi keberhasilan dari treatment ini. Nantinya dokter akan memeriksa kesehatan bibirmu, jika keadaan bibir sedang tidak sehat seperti mengalami herpes atau masalah bibir lainnya maka dokter akan menyarankan kamu untuk mengobatinya terlebih dulu.

Prosedur ini tergolong aman dengan catatan harus dilakukan oleh yang ahli dan profesional dalam bidangnya. NOVI’S Clinic Dermatology menjadi rekomendasi klinik kecantikan terbaik untuk kamu yang ingin melakukan Lip Therapy treatment dan beberapa perawatan kecantikan lainnya. Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Menghindari Kebiasaan Buruk Saat Merawat Kulit