Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Ketahui Nutrisi yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Warna kulit merata. Terlepas dari apapun warna kulit yang Kamu miliki, rona warnanya harus merata. Kulit yang sehat cenderung tidak memiliki perbedaan warna alias hiperpigmentasi. Sebagai contoh, flek hitam akibat paparan sinar matahari atau noda hitam bekas jerawat. Rona kulit yang kusam dan lingkaran gelap di sekitar mata menKamukan bahwa kulit Kamu kelelahan dan mengalami dehidrasi.

Tekstur kulit kenyal, lembut, dan halus. Jerawat, bekas luka, komedo, kulit kering, dan keriput akan membuat tekstur kulit Kamu menjadi kasar. Nah, tekstur yang kasar itu menKamukan bahwa kulit Kamu bermasalah.

Kulit terasa lembab, yang artinya kebutuhan airnya terpenuhi. Cairan ini membantu menjaga keseimbangan kadar sebum (alias minyak) di permukaan kulit. Hasilnya, wajah Kamu jadi tidak mudah berminyak dan berjerawat. Bila kulit kekurangan air, produksi kolagen akan terganggu sehingga muncullah tKamu-tKamu penuaan dini.

Menjaga kesehatan kulit dapat dilakukan beberapa cara, salah satunya adalah mengonsumsi makanan sehat bernutrisi. Kamu juga bisa memakan suplemen dan vitamin tambahan. Berikut beberapa jenis vitamin yang dapat Kamu konsumsi untuk membuat kulit lebih sehat dan tampak awet muda.

  1. Vitamin E

Karena mengandung antioksidan, vitamin E mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Secara tidak langsung, vitamin ini juga mengurangi risiko penyakit kanker kulit. Tidak heran jika vitamin E disebut sebagai salah satu vitamin kulit yang bagus.

Mikronutrien ini juga bisa membantu mengatasi kulit yang kasar dan kering, menjaga teksturnya, serta mencegah timbulnya flek hitam dan kerutan pada kulit. Tubuh dapat memproduksi vitamin E melalui sebum. Kalau jumlahnya seimbang, sebum tersebut bisa membantu menjaga kulit dari kekeringan.

Sejumlah makanan tinggi vitamin E yang bisa Kamu konsumsi, yakni bayam, kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan minyak zaitun.

  • Vitamin A

Meski dikenal dengan perannya dalam menjaga kesehatan mata, vitamin A pun berfungsi memelihara kulit yang sehat. Banyak pula penelitian yang menunjukkan efek positif vitamin A terhadap kulit, seperti:

  • Menghaluskan kulit
  • Memperbaiki jaringan kulit yang rusak sekaligus memelihara jaringan sehat
  • Mengurangi kerutan dan garis-garis halus
  • Membantu mencerahkan wajah
  • Membantu mengendalikan jerawat

Vitamin A bisa ditemukan pada berbagai makanan, termasuk wortel, ubi jalar, dan sayuran berdaun hijau tua. Tidak sedikit pula produk kecantikan yang memakai vitamin ini sebagai bahannya, terutama retinoid.

Retinoid merupakan turunan vitamin A yang mempercepat regenerasi atau pergantian sel-sel kulit. Inilah sebabnya, kulit Kamu terlihat lebih cerah dan bersih setelah menggunakan produk retinoid. Senyawa ini efektif pula untuk meredakan jerawat dan memperlambat tKamu-tKamu penuaan.

Perlu Kamu ingat bahwa penggunaan produk retinol harus disertai dengan sunscreen, khususnya di pagi hari. Kenapa begitu? Karena retinoid sangat sensitif terhadap sinar matahari.

  • Vitamin B Kompleks

Terutama biotin dan niacinamide. Biotin diperlukan tubuh untuk membentuk kuku, kulit, dan sel rambut. Sedangkan, vitamin B3 atau niacinamide banyak digunakan untuk membantu mengurangi dan mengatasi perubahan warna kulit.

Niacinamide menjadi salah satu vitamin kulit terbaik yang sering dijumpai pada sejumlah produk skincare. Selain memakai skincare, penuhi juga asupannya dari makanan alami. Beragam jenis makanan seperti oatmeal, beras, telur, dan pisang biasanya mengandung semua jenis vitamin B. Tetapi, Kamu juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks.

  • Vitamin C

Secara alami, vitamin ini banyak ditemukan pada lapisan kulit. Mengandung kolagen, vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan kekenyalan dan kelembaban kulit dari dalam.

Antioksidannya pun mampu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Berkat kemampuannya dalam mencegah penuaan dini, vitamin C kerap menjadi salah satu bahan utama dalam produk anti aging.

Manfaat lain vitamin C untuk kulit yaitu membantu proses penyembuhan luka dan menyamarkan noda hitam di wajah. Konsumsilah buah dan sayuran seperti, jeruk, paprika, stroberi, kembang kol, dan sayuran hijau untuk mencukupi kebutuhan hariannya.

Jika Kamu ingin mengonsumsi suplemen, pilihlah produk vitamin kulit yang bagus dan aman. Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter kulit ataupun ahli gizi sebelum benar-benar mengonsumsinya. Tujuannya adalah untuk mengetahui kebutuhan vitamin sesuai dengan kondisi Kamu.

  • Glukosamin

Mungkin Kamu sering mendengar nama nutrisi ini pada suplemen kesehatan kulit. Kandungan glukosamin akan membantu kulit terhindar dari kulit kendur dan garis halus.

Sebuah penelitian mengungkapkan jika asam amino yang berada di glukosamin mampu menurunkan 34% garis halus serta keriput di wajah. Kamu dapat mengonsumsi glukosamin sebanyak 1.500 miligram setiap harinya.

Related posts
Lifestyle

Rekomendasi Makanan Mengandung Kolagen Alami yang Penting untuk Kulit

Lifestyle

Hal yang Menyempurnakan Hasil dari Perawatan Kulitmu

Lifestyle

Pentingnya Cuci Muka Sebelum Tidur

Lifestyle

Tahukah Kamu? Kulit Butuh Nutrisi Lebih Saat Berpuasa

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Worth reading...
Seberapa Penting Pengguanaan Milk Cleanser untuk Membersihkan Wajah