Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Kesehatan

Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan Kulit

Kulit adalah organ tubuh yang terletak paling luar dan tersebar pada manusia, berfungsi sebagai lapisan penghalang untuk menlindungi tubuuh terhadap pengaruh lingkungan serta cermin bagi kesehatan seseorang. Perawatan dan pemeliharaan yang baik terhadap kulit menjadikan penampilan kulit seseorang akan tampak sehat, terawat dan memancarkan kesegaran. Produkai radikal bebas meningkat seiring bertambahnya usia sementara mekanisme pertahanan endogen yang menghambatnya menurun. Ketidakseimbangan ini mengarah pada keruskaan  progresif  stuktur  seluler sehingga menghasilkan penuaan yang dipercepat.

            Pembentukan radikal bebas adalah mekanisme penting yang diterima secara luas, menyebabkan penuaan kulit. Radikal bebas memiliki molekul reaktif sangat tinggi dengan elektron tak berpasangan yang dapat secara langsung merusak berbagai tekstur membran seluler, lipid,protein, dan DNA. Efek merusak dari senyawa oksigen reaktif ini diindukaksi secara internal selama metabolisme normal dan eksternal melalui berbagai tekanan oksidatif.

Oksidasi adalah proses alami yang menyebabkan perubahan warna pada kulit dan degradasi. Namun pada kulit, kerusakan akibat oksidasi bisa menyebabkan penuaan dini, kulit menjadi kusam dan pigmentasi. Proses ini terjadi secara alami seiring dengan pertambahan usia kulit, tetapi proses ini juga terjadi saat agresor seperti polutan dan paparan UV menghasilkan radikal bebas yang merusak sel-sel kulit. Atioksisan merupakan molekul yang melawan stress akibat oksidasi dengan menetralkan radikal bebas dan mencegahnya menyerang sel-sel.

Radikal bebas yang dihasilkan senyawa oksigen dan nitrogenmerupakan salah stau penyebab utama penuaan akibat gangguan regulasi metabolisme pernafasan sel melibatkan pengurangan oksigen yang tidak lengkap di mitrakondria dan produksi anion superoksida, radikal hidroksil. Antioksidan berfungsi untuk menghambat reaksi radikal bebas. Sntioksidan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit yaitu sebagai antipenuaan, perlindungan dari sinar UV.

Tips Mendapat Antioksidan untuk Kesehatan Kulit

Tubuh mulai memproduksi melatonin saat hari sudah gelap, maka pastikan lingkungamu sesedikit mungkin terpapar cahaya saat tidur. Selain itu, jenis antioksidan terbaik dalam produk perawatan kulit adalah serum, karena serum biasanya mengandung sejumlah konsentran dengan bahan aktif.

Salah satu vitamin antioksidan efektif dan populer yang digunakan baik sebagai perawatan kulit atau nutrisi. Serum yang mengandung vitamin C dalam perawatan kulit ini tidak hanya mencegah dan mengatasi kerusakan akibat sinar matahari, namun juga dipercaya bisa meningkatkan produkai kolagen.

Gunakan NOVI’S Glowskin Serum

Selain ekstrak hyaluronic acid, NOVI’S Glowskin Serum juga mengandung Vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan memabantu mencerahkan kulit wajah. Glowskin Serum cocok untuk semua jenis kulit, dengan kandungan VIT C dosis tepat tanpa membuat kulit anda rebound atau kusam. Glowskin Serum dapat digunakan pagi dan malam hari sebelum penggunaan krim.

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan meningkatkan produksi radikal bebas serta mengurangi mekanisme pertahanan untuk melawannya, sehingga sangat penting bagi kamu untuk memanfaatkan antioksidan dalam kehidupan sehari-hari sebagai produk perawatan kulit topikal atau asupan makanan.

Serum dengan vitamin C sangat mudah teroksidasi saat terpapar udara atau cahaya, yang membutanya menjadi tidak efektif. Untuk itu, serum yang kamu gunakan sebaknya disimpan di tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan serum di pagi hari dan malam. Penggunaan secara teratur akan meningkatkan efektivitas perlindungan terhadapsinar matahari di siang hari, serta untuk menangkal radikal bebas saat tidur.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Kesehatan

Ketahui Beberapa Kesalahan Saat Merawat Kulit

Kesehatan

Definisi Kulit Sensitif dan 6 Ciri-Cirinya

KecantikanKesehatan

Mitos Seputar Jerawat yang  Kamu Mesti Hindari

Kesehatan

Kulit Berminyak Juga Kaya Akan Manfaat untuk Kesehatan Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Temukan Penyebab Warna Bibir Hitam dan Cara Merawatnya