Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Inilah Hal-hal yang Dapat Menimbulkan Jerawat

Jerawat merupakan  gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih. Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang terkadang berisi nanah di atas kulit. Gangguan kulit ini dapat terjadi di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung. Untuk itulah, kamu harus memahami apa penyebab jerawat, bagaimana proses terjadinya, bagaimana cara mengatasi jerawat hingga tuntas, dan juga bagaimana mencegahnya datang kembali. Dengan begitu, wajahmu bisa senantiasa mulus dan cantik bersinar.

Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

Di bawah permukaan kulit, kita memiliki kelenjar sebum yang bertugas memproduksi minyak alami (sebum), yang kemudian akan keluar melalui pori-pori kulit. Fungsi sebum adalah untuk menjaga kelembaban kulit secara alami dan seimbang. Dalam prosesnya, produksi sebum diatur oleh hormon androgen. Ketika proses ini terhambat atau tidak seimbang, jerawat akan terbentuk.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat memicu tumbuhnya jerawat:

  1. Ketidakstabilan Hormon
    Pada usia remaja, hormon androgen cenderung akan menjadi lebih aktif. Produksi sebum pun jadi meningkat. Hal inilah yang membuat para remaja menjadi sangat rentan mengalami pertumbuhan jerawat. Hormon androgen juga cenderung lebih aktif menjelang menstruasi. Itulah mengapa sebagian orang mengalami jerawat di wajahnya beberapa hari sebelum datang bulan.
     
  2. Sumbatan pada Pori
    Penyebab jerawat lainnya adalah sumbatan pada pori-pori yang menyebabkan sebum tidak dapat keluar. Sumbatan tersebut bisa berbagai macam, baik itu sel-sel kulit mati yang tidak terkelupas sempurna, debu yang tidak dibersihkan, atau sisa makeup yang dibiarkan menempel terlalu lama pada wajah. Jika hal ini menjadi kebiasaan, maka risikonya adalah jerawat baru akan terus muncul silih berganti.
     
  3. Infeksi Bakteri
    Bakteri berjenis Propionibacterium acnes juga dapat masuk ke dalam pori kulit wajah dan menginfeksinya hingga menjadi penyebab wajah berjerawat. Pori yang mengandung banyak sebum dan kotoran adalah kondisi yang sangat mendukung pertumbuhan bakteri ini. Selain itu, infeksi bakteri pada pori kulit wajah juga dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan.
     
  4. Konsumi Gula Berlebihan
    Terlalu banyak makanan manis, termasuk karbohidrat, secara tidak langsung dapat meningkatkan produksi sebum pada wajah. Oleh karena itu, membatasi jumlah glukosa yang dikonsumsi bisa menjadi salah satu cara mengatasi jerawat.
     
  5. Stress
    Otak yang stres akan gagal menyeimbangkan kinerja hormon. Salah satu hal yang mungkin terjadi adalah meningkatnya kinerja hormon androgen hingga terbentuklah jerawat akibat tingginya sebum yang dihasilkan. Hanya saja, tidak semua orang memiliki kerentanan jerawat karena stres seperti ini.
     

Mencegah Terjadinya Jerawat

Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa membersihkan wajah dengan baik dan konsisten adalah salah satu kunci mencegah berbagai penyebab jerawat dan cara mengatasinya. Langkah sederhana ini efektif untuk menghalau berbagai hal yang bisa memicu tumbuhnya jerawat.

Agar sisa makeup dapat dihapus tuntas dari wajah, kamu bisa menggunakan NOVI’S MilkCleanser. Formulanya terbukti dapat mengangkat hingga 99% makeup, kotoran, dan minyak berlebih dari pori-pori kulit. Hebatnya lagi, produk ini juga mengandung 0% alkohol sehingga tidak akan menyebabkan iritasi atau kulit kering.

Tidak perlu khawatir bila kamu menemukan jerawat di wajahmu. Karena, biasanya jerawat dapat sembuh dengan sendirinya. Cara hilangkan jerawat pun bisa kamu usahakan agar hasilnya lebih cepat. Hanya saja, bukan berarti kamu bisa mengabaikannya juga karena jerawat dapat menjadi masalah yang berkepanjangan.

Related posts
Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Perawatan Kulit Sederhana untuk Kulit Tampak Lebih Cerah