Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Seperti Muda

Kulit merupakan organ tubuh manusia yang terbesar, dengan luas total sekitar 1.85 meter persegi. Bahkan, sekitar tujuh persen berat Kamu merupakan bagian dari kulit. Selain itu, kulit memiliki tiga lapisan utama, diantaranya :

1. Epidermis

Epidermis adalah lapisan kulit manusia paling luar yang terdiri atas jutaan sel kulit yang diikat oleh lipid. Secara umum, epidermis bertindak sebagai perlindungan dari air, infeksi, dan hal-hal eksternal lainnya. Bagian terluar epidermis (stratum korneum) terdiri atas sel gepeng dan di bawahnya ada lapisan basa yang merupakan pabrik sel kulit baru.

Selain itu, ada empat sel pada lapisan epidermis, yaitu:

  • Keratinosit : sel yang paling banyak jumlahnya dan berfungsi sebagai perlindungan yang tahan air.
  • Melanin : pigmen yang menentukan warna kulit
  • Langerhans : untuk merespons imun yang melawan virus dan polusi.
  • Markel : respons sensasi atau reseptor sensorik

2. Dermis

Ini adalah lapisan di bawah epidermis yang memegang berbagai fungsi. Pada lapisan ini, terdapat berbagai komponen seperti akar rambut (folikel), tepi saraf, pembuluh darah, dan kelenjar keringat.

Fungsi dermis pada lapisan kulit manusia antara lain:

  • Membantu mengatur suhu tubuh
  • Membuang kotoran membuat kulit terlihat halus dan lembut
  • Membantu ketahanan terhadap air

3. Hipodermis

Lapisan hipodermis merupakan lapisan terdalam kulit manusia yang terdiri atas sel-sel lemak, ujung saraf tepi, pembuluh darah, dan pembuluh getah bening. Dari beberapa kandungan ini, fungsi lapisan hipodermis adalah:

  • Penahan terhadap benturan ke organ tubuh bagian dalam
  • Memberi bentuk pada tubuh
  • Mempertahankan suhu tubuh atau insulator
  • Menyimpan cadangan makanan (energi)
  • Memproduksi hormon leptin

Seringkali kita melupakan kesehatan kulit, padahal kulit merupakan organ terluar dan terbesar tubuh manusia yang melindungi organ-organ dalam tubuh. Kulit jelas memiliki banyak peran dalam memeliharan kesehatan tubuh kita. Oleh karena kulit berada di bagian terluar tubuh, maka pada dasarnya kulit paling rentan terhadap masalah terutama dari faktor eksternal.

Fungsi Kulit

Selain sebagai barier/ pelindung dari berbagai faktor external, kulit juga berperan sebagai  indera peraba dan alat regulasi suhu tubuh dengan pengeluaran keringat. Kulit juga menjadi tempat dibentuknya vitamin D yang berguna bagi tubuh. Fungsi lain yang tak kalah penting adalah antara lain, kulit berfungsi untuk penyerapan dan salah satu dari sekian banyak sistem penting pertahanan kekebalan tubuh.

Struktur Kulit

Ada 3 lapisan yang membentuk kulit. Lapisan pertama dan terluar dikenal dengan nama epidermis. Lapisan ini terdiri dari sel keratinosit sel melanosit yang memproduksi melanin, serta sel Langerhans, sel yang merupakan sistem imun kulit.

Sel keratinosit memiliki tugas besar menghasilkan protein keratin. Protein ini adalah komponen utama epidermis yang terus tumbuh menggantikan sel-sel kulit mati dan terkelupas. Sementara itu melanosit berfungsi untuk menghasilkan pigmen kulit. Sel Langerhans berfungsi untuk memberi peringatan imun tubuh saat kulit diserang kuman/ virus atau faktor-faktor eksternal yang menyebabkan peradangan di kulit.

Lapisan kedua kulit disebut lapisan dermis. Lapisan inilah yang memiliki jaringan kolagen dan elastin, serta menjaga kekencangan, kemulusan, dan kehalusan kulit. Lapisan dermis disusun dari pembuluh darah yang berfungsi untuk nutrisi sel kulit serta ikut mengatur suhu tubuh, folikel rambut, dan kelenjar seperti kelenjar keringat dankelenjar minyak. Selain itu terdapat juga beberapa sel yang berfungsi sebagai indera peraba (tekanan, nyeri, atau perubahan suhu).

Lapisan ketiga kulit disebut dengan subcutis. Lapisan ini mencakup lapisan lemak yang berfungsi sebagai bantalan untuk perlindungan akan trauma, serta cadangan energi bagi tubuh.

Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Walaupun lapisan epidermis merupakan lapisan kulit yang paling tipis, tapi tampaknya merupakan organ tubuh yang cukup kuat. Sayangnya karena terlihat kuat, orang sering lupa untuk menjaga kesehatan kulit, padahal sebenarnya merawat kulit merupakan hal yang paling sederhana dan perlu dilakukan setiap hari.

  1. Selalu jaga kebersihan kulit. Mandi dengan menggunakan sabun merupakan salah satu cara baik dalam menjaga kebersihan kulit. Bila kulit Kamu sensitif atau memiliki alergi, pilih produk yang hypo allergenic dan bebas pewangi.
  2. Gunakan pelembab untuk dapat menjaga fungsi barier kulit agar tetap baik, dan melembabkan kulit.
  3. Lindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB matahari. Selalu oleskan sunscreen minimal 30 menit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari. Usahakan untuk memilih produk sunscreen minimal SPF 30 dan PA +++.
  4. Cegah kulit dehidrasi dengan mengonsumsi makanan sehat, kaya serat serta banyak minum air.
  5. Alkohol dan rokok merupakan musuh besar kulit. Segera hentikan kebiasaan buruk ini untuk menjaga kesehatan kulit.

Kini, Kamu jadi lebih mengerti seputar fungsi dan kesehatan kulit. Kulit memiliki banyak peran penting untuk kelangsungan hidup manusia. Untuk itu, jagalah kesehatan kulit Kamu sejak dini, sebelum masalah kulit dan penuaan dini datang menghampiri Kamu.

Untuk memaksimalkan hasil dalam merawat kesehatan kulit, pria maupun wanita baiknya melakukan perawatan dengan treatment di Klinik Kecantikan. NOVI’S Clinic Dermatology menjadi rekomendasi klinik kecantikan terbaik untuk kamu yang ingin melakukan beberapa perawatan yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Bagaimana Selulit Bisa Terjadi dan Cara Mengatasinya