Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Kondisi ini tentunya berdampak buruk untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Untuk menghadapinya, perawatan biasa tidaklah cukup. Anda sebaiknya memberikan kulit perlindungan khusus. Anda termasuk pemula dalam hal perawatan kulit wajah dan penasaran seperti apa perlindungan khusus yang dimaksud?

Efek Polusi bagi Kulit

Banyak orang tak menyadari bahwa polusi tak hanya mempengaruhi pernapasan, namun juga kondisi kulit. Pasalnya, PM (Particulate Meter) 2.5, yaitu partikel polusi dengan diameter 2,5 mikrometer ataupun kurang, tak hanya dapat terhirup masuk ke dalam paru-paru tapi juga dapat masuk ke pori-pori dan dapat merusak sel-sel kulit.

Kerusakan yang terjadi di lapisan epidermis kulit ini mengakibatkan terjadinya pigmentasi, peradangan, kulit menjadi lebih sensitif, elastisitas kulit berkurang, dan munculnya tanda-tanda penuaan dini. Efek buruk polusi ini masih ditambah dengan efek buruk dari sinar UV. Jika Anda tidak merawat kulit dengan baik, maka efek buruk keduanya dapat muncul lebih cepat dari yang diperkirakan.

Sesuaikan Gaya Hidup

Agar kulit terhindar dari kerusakan akibat efek polusi, Anda harus merawat kulit secara rutin, baik dari dalam maupun dari luar menggunakan rangkaian skincare dan produk yang tepat. Beberapa perawatan kulit yang harus Anda lakukan adalah:

a. Mengonsumsi buah, sayuran, dan air putih lebih banyak

Buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung banyak vitamin yang mengandung antioksidan yang dapat melawan efek buruk radikal bebas akibat polusi. Selain itu, pastikan tubuh mendapat asupan air putih yang cukup agar suplai cairan ke sel-sel kulit tak terganggu.

b. Tidur yang cukup

Regenerasi sel-sel tubuh berlangsung pada malam hari saat tidur. Jika waktu tidur Anda terganggu, maka proses ini akan terganggu sehingga sel-sel kulit yang rusak juga tidak dapat berregenerasi dengan optimal.

c. Rawat kulit wajah dengan baik

Pastikan bahwa Anda melakukan tiga langkah dasar perawatan kulit wajah dengan benar, yaitu membersihkan, melembapkan, dan melindungi kulit.

–  Membersihkan: lakukan double cleansing untuk memastikan wajah bersih menyeluruh dari kotoran, sisa makeup, dan polutan yang menempel di kulit.

–  Melembapkan: pilih pelembap kulit yang kaya nutrisi, baik pelembap pagi maupun malam hari.

–  Melindungi: gunakan sunscreen yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, juga mencegah penempelan partikel polusi pada kulit dan masuknya ke pori-pori.

Lindungi Kulit dengan Produk Skincare untuk Pemula

Untuk para pemula dan juga siapa saja yang ingin melindungi kulit dari efek buruk polusi, NOVI’S Dermatologi Menghadirkan NOVI’S Suncare dengan SPF 50. Produk ini dirancang khusus untuk membantu Anda melindungi wajah dari paparan sinar UV dan penempelan partikel polusi.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam Produk yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui www.storenovis.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Lifestyle

Inilah Ciri Kulit Wajah yang Kering Akibat Kurang Nutrisi

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Penyebab Garis Halus dan Kerutan Terbentuk di Wajah