Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Perbedaan Kulit Minyak dan Kulit Lembab yang Harus Kamu Tahu

Semua jenis kulit membutuhkan pelembab, termasuk kulit berminyak. Anda keliru jika mengira kulit berminyak tidak perlu dilembabkan lagi. Kulit berminyak berbeda dengan kulit lembab; kulit berminyak merupakan tipe kulit sedangkan kulit yang lembab adalah kondisi kulit yang didapat karena pemberian hidrasi yang tepat. Bagaimana cara menjaga kulit berminyak tetap sehat dan terhidrasi? Simak penjelasan dan tips perawatannya berikut ini.

Beda Kulit Berminyak dan Kulit Lembab

Orang sering salah mengira minyak di kulit wajah sebagai bentuk hidrasi, padahal bukan. Hidrasi kulit adalah proses menyuplai air ke dalam lapisan kulit agar wajah lembab dan kenyal. Minyak alami diproduksi oleh kelenjar sebaceous di kulit wajah untuk memberi manfaat oklusif, yaitu mencegah air di lapisan kulit menguap ke udara, juga sebagai emolien yang mengisi celah di antara sel-sel kulit wajah sehingga kulit wajah menjadi lembab dan lembut. Minyak alami ini juga membantu fungsi skin barrier

Pada kulit berminyak, kelenjar sebaceous memproduksi minyak secara berlebih sehingga kulit terlihat mengilap dan cenderung berjerawat. Berbeda dengan kulit lembab yang merupakan kondisi kulit dengan hidrasi yang cukup sehingga akan terasa kenyal dan segar. Kondisi ini sebenarnya secara alami dimiliki wajah apabila mendapat perawatan dan hidrasi yang cukup.

Menjaga agar kulit berminyak tetap lembab dan kenyal merupakan hal yang ideal. Anda mungkin merasa kalimat ini aneh didengar, karena jika memiliki kulit berminyak, Anda ingin melakukan perawatan untuk mengurangi produksi minyak di wajah. Memiliki jenis kulit berminyak bukan berarti Anda menghindari penggunaan pelembab untuk wajah sama sekali. Sama seperti jenis kulit lain, untuk memberi kelembapan di kulit yang berminyak, Anda butuh pelembab dengan kandungan yang sesuai jenis kulit. 

Jika kulit berminyak dibiarkan dehidrasi malah akan menjadikannya semakin berminyak. Hal ini karena kelenjar sebaceous akan mendeteksi jika kulit kurang kelembaban sehingga otomatis memproduksi minyak lebih banyak. Karena itu, menggunakan pelembab untuk kulit berminyak malah akan membantu mengontrol produksi minyak di wajah agar tak berlebihan.

Perawatan yang Melembapkan Kulit Berminyak

Meskipun kulit Anda terlihat berminyak dan mengilap, bukan berarti kulit terhidrasi dengan baik. Selain itu, berusaha menghilangkan minyak di wajah malah akan menyebabkan hilangnya kelembapan. Jika kulit tidak terjaga kelembabannya, maka fungsi skin barrier bisa sangat terganggu. Dehidrasi berkepanjangan menyebabkan kulit wajah Anda berisiko lebih besar mengalami peradangan, infeksi, dan penuaan dini.

Langkah pertama untuk menjaga agar kulit lembab adalah dengan meningkatkan hidrasinya menggunakan produk-produk skin care yang bersifat hydrating, termasuk pelembab. Pemilihan produk pelembab untuk kulit berminyak perlu diperhatikan kandungannya. Pilihlah pelembab dengan tekstur yang ringan dan mudah menyerap sehingga tidak meninggalkan residu di kulit yang bisa menyebabkan pori-pori tersumbat.

Pelembab yang disarankan untuk jenis kulit berminyak adalah yang mengandung bahan-bahan humektan, yaitu bahan yang menjaga kelembapan kulit dengan menarik air dari lingkungan sekitarnya, termasuk udara dan tubuh, untuk memastikan kadar air di epidermis tercukupi. Bahan yang termasuk humektan adalah glycerin atau glycerol, hyaluronic acid, asam amino, sorbitol, urea, dan alpha hydroxy acid, yang semuanya cocok untuk kulit berminyak.

Hyaluronic Acid, Menghidrasi dan Menjaga Kelembaban Kulit Berminyak

Memilih kandungan bahan aktif di produk skin care untuk mendapatkan kulit lembab dan terhidrasi dengan baik memang perlu perhatian khusus. Produk perawatan dengan kandungan humektan seperti hyaluronic acid adalah pilihan yang tepat untuk kulit berminyak Anda. Hyaluronic acid dapat menarik air dan menahan 1.000 kali dari beratnya untuk menghidrasi kulit.

Hyaluronic acid ukuran mikro dapat menyerap jauh ke dalam lapisan epidermis kulit dan menarik air dari dalam tubuh untuk menghidrasi kulit. Sementara yang ukuran makro, molekulnya menghidrasi permukaan kulit dengan menarik air dari udara dan mengikatnya agar tidak mudah menguap. 

NOVI’S REJUVENATION SERUM hadir sebagai perawatan kulit anti penuaan, dapat memudarkan kerutan dan garis-garis halus pada wajah, serta memperbaiki terkstur kulit sehingga menjadi lebih kenyal dan halus.

Niacinamide atau vitamin B3 telah terbukti mampu mengurangi pigmentasi kulit, dan untuk meningkatkan antioksidan pada lapisan kulit terluar. Memiliki efektivitas pada kulit pucat, kerutan, dan bintik-bintik hiperpigmentasi pada tanda-tanda penuaan kulit.

  • Memudarkan kerutan dan garis halus pada wajah
  • Melembabkan, menghidrasi dan menghaluskan
  • Cairan yang mudah larut dan menyerap dengan mudah

Kamu bisa cari tahu berbagai macam Produk yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui www.store.novis.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Keunggulan Serum Wajah Dibanding Produk Skincare Lain