Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Pentingnya Peran Kolagen untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh yang Perlu Kamu Tahu

Kolagen merupakan protein dari bagian tulang rawan, tulang, serta jaringan lainnya pada hewan dan manusia. Kolagen membantu mmeberikan kekuatan  dan elastisitas pada kulit. Sedangkan pada persendian dan tendon, kolagen bermnafaat sebagai lem yang membantu menahan tubuh. Kolagen diproduksi secara alami oleh tubuh dan dapat menajdi lambat seiring bertambahnya usia. Penurunan produksi kolagenpada tubuh dapat menimbulkan proses penuaan seperti keriput, kulit yang kendur, dan nyeri sendi.

Mafaat kolagen mungkin lebih populer sebagai kandungan produk perawatan kulit. Padahal sebenarnya kolagen masih punya banyak manfaat lain yang tidak kalah penting untuk kesehatan, seperti meredakan nyeri sendi dan mendukung kesehatan jantung. Kolagen adalah protein alami dalam tubuh yang jumlahnya melimpah dan terdapat di dalam kulit, tulang, otot,tendon, dan ligamen. Namun seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen dalam tubuh dapat berkurang.

Berikut ini adalah gaya hidup yang dapat menyebabkan penurunan produksi dari kolagen diantaranya :

  • Merokok
  • Paparan sinar matahari
  • Konsumsi mengandung tinggi gula
  • Kekurangan gizi
  • Masalah pencernaan

Karenanya, agar jumlah kolagen dapat terjaga, kamu bisa mendapatkannya melalui makanan maupun mengonsumsi suplemen kolagen. Hal ini dilakukan guna manfaat kolagen untuk kesehatan tubuh dan kulit tetap terjaga. Beberapa manfaat kolagen untuk kesehatan kulit yang harus kamu tau yaitu :

  1. Mengencangkan Kulit

Kulit yang mengendur adalah salah satu tanda penuaan dini yang terjadi pada kulit. Hal ini wajar terjadi apabila collagen pada tubuh berkurang karena tidak dirawat. Disaat itulah kolagen akan berperan dalam mengencangkan kulit agar tetap kenyal dan awet muda.

  • Melembabkan

Dengan menggunakan produk perawatan skincare atau melakukan sejumlah treatment di klinik kecantikan yang dapat memperbaiki produksi kolagen. Dengan begitu, kelembapan alami kulitmu pun akan terjaga sehingga tidak menjadi kering dan kasar.

  • Meratakan warna kulit

Warna kulit yang tidak merata seringkali membuat seseorang tidak percaya diri dalam hal berpenampilan. Misalnya pada masalah kulit hiperpigmentasi, yaitu kondisi kulit memproduksi melanin berlebih  akibat paparan sinar UV yang berlebihan. Kolagen dapat membantu meratakan warna kulit karena kandungan asam amino, serta protein di dalam kolagen mampu menjaga lapisan epidermis kulit agar tetap cerah.

  • Mengurangi Selulit

Selulit merupakan kondisi dimana terjadinya peregangan kulit yang menyebabkan robekan pada jaringan kolagen dan elastin yang kita miliki. Untuk mengurangi hal ini, dibutuhkan kolagen yang dapat merangsang percepatan regenerasi sel-sel kulit pada jaringan kulit yang rusak.

  • Mempercepat penyembuhan luka

Waktu Penyembuhan luka yang terlalu lama, kekurangan hal ini karena kolagen menjadi salah satu unsur  yang berperan penting dalam memperbaiki jaringan ikat yang rusak pada kulit. Dengan memilki kandungan kolagen yang cukup pada kulit dan tubuh, akan membuat proses regenerasi kulit menjadi lebih cepat dan luka menjadi cepat sembuh.

Untuk membuat produksi kolagenmu terjaga, sebaiknya kamu merawatnya dengan menggunakan produk kecantikan atau skincare yang mengandung kolagen. Selain itu untuk penyempurnaannya, kamu bisa melakukan perawatan di NOVI’S CLINIC DERATOLOGY BEKASI menyediakan fasilitas terbaik dengan berbagai treatment perawatan kulit.

 NOVI’S CLINIC DERMATOLOGY BEKASI. NOVI’S adalah klinik fasilitas pelayanan perawatan kesehatan Umum, Spesialis dan Aesthetic yang memadukan keunggulan tenaga dokter professional serta teknologi terbaru dalam perawatan kesehatan.

Related posts
Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.