Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Pelajari Lebih Jauh Mengenai Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat

Vaksinasi Covid-19 masih terus berjalan hingga saat ini dan telah meluas ke masyarakat yang berusia mulai dari 12 tahun ke atas. Jenis vaksin yang digunakannya pun beragam. Pemerintah terus memastikan warga negara Indonesia mendapatkan vaksinasi COVID-19 baik bagi mereka yang tinggal di kota maupun wilayah terpencil. Mengapa demikian?

Pasalnya, vaksin COVID-19 merupakan hal penting yang dilakukan dalam rangka mencapai kekebalan kelompok untuk dapat hidup berdampingan dengan virus Corona di masa pandemi. Istilah pandemi tidak digunakan untuk menunjukan tingginya tingkat suatu penyakit, melainkan hanya memperlihatkan tingkat penyebarannya saja. Dalam kasus pandemi COVID-19 ini menjadi yang pertama dan disebabkan oleh virus Corona yang sudah ada sejak akhir tahun 2020.

Pemberian vaksin  merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang masih terus ada. Berdasarkan hasil peneliti pasar global tentang prilaku masyaratkat selama pandemi COVID-19. Survey tersebut menyatakan bahwa 80% masyarakat indonesia menyambut baik dan bersemangat untuk melaksanakan vaksin. penelitian ini dilakukan secara daring sejak tanggal 4-15 Februari 2021 yang dilaksanakan di 6 negara diantaranya Thailand, Filipina, Singapura, Malaysia, Vietnam dan Indonesia. Hasil survey tersebut juga menunjukan bahwa program kampanye yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengedukasi, menghimbau, dan mengajak masyarakat turut andil dalam Vaksinasi COVID-19 dinyatakan cukup berhasil.

Maka dari itu mari kita pelajari lebih jauh tentang vaksin COVID-19 sehingga kita bisa lebih yakin tentang pentingnya melakukan vaksinasi COVID-19 sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19.

Dilansir dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, vaksinasi adalah pemberian vaksin (antigen) yang dapat merangsang pembentukan imunitas (anti bodi) sistem imun di dalam tubuh. Vaksinasi sebagai upaya pencegahan primer yang sangat handal mencegah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi, karena dengan prosedur vaksinasi yang benar diharapkan akan diperoleh kekebalan yang optimal. Umumnya, sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi  virus atau bakteri penyebabnya. Namun infeksi virus corona memiliki risiko kematian dan daya tular yang tinggi. Karenanya dibutuhkan vaksinasi untuk membentuk sistem kekebalan tubuh.

Vaksinasi COVID-19 dilakukan setelah kepastian keamanan dan keampuhannya ada, merupakan upaya untuk menurunkan kesakitan dan kematian dan mendorong terbentuknya kekebalan kelompok. Selain iu, vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk melindungi  dan memperkuat sistem  kesehatan secara menyeluruh, juga menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial dan ekonomi masyarakat.

Dimana Kita Bisa Mendapatkan Vaksin?

Berikut ini adalah beberapa lokasi fasilitas kesehatan  yang dapat kamu jumpai di wilayah Bekasi, Jawa Barat, diantaranya:

  • Puskesmas Mustika Jaya

Alamat : Perum. Mutiara Gading Timur Blok F1, RT.008/RW.033, Mustika Jaya, Kec. Mustika Jaya, Kota Bks, Jawa Barat 17158

  • Puskesmas Jatimulya

Alamat : Jl. Jatimulya Raya No.500, Jatimulya, Kec. Tambun Sel., Bekasi,

 Jawa Barat 17510

  • Puskesmas Mekarsari

Alamat : Kompas Indah, Jl. Apel No.1, Mekarsari, Kec. Tambun Sel., Bekasi,

   Jawa Barat 17510

  • Puskesmas Mangunjaya

Alamat : Mangunjaya, Kec. Tambun Sel., Bekasi, Jawa Barat 17510

  • Puskesmas Cimuning

Alamat : Jl. Bantar Gebang Setu, RT.002/RW.001, Cimuning, Kec. Mustika Jaya, Kota Bks, Jawa Barat 17155

  • Lokasi Vaksin COVID-19 Transpark Mall Juanda Bekasi

Alamat : Jl. Ir. H. Juanda No.180, Margahayu, Kec. Bekasi Tim., Kota Bks, Jawa Barat 17113

  • UPTD Puskesmas Mustikasari

Alamat : Jl. Mandor Demong No.59, RT.001/RW.003, Mustikasari,

Kec. Mustika Jaya, Kota Bks, Jawa Barat 17157

  • RSUD Kabupaten Bekasi

Alamat : Jl. Raya Teuku Umar No.202, Wanasari, Kec. Cibitung, Bekasi,

Jawa Barat 17520

  • RSUD Bantar Gebang

Alamat : Jl. Towuti III No.7, RT.2/RW.11, Bantargebang, Kota Bks,

Jawa Barat 17151

  • Lokasi Vaksin Covid-19 Bekasi Cyber Park

Alamat : Jl. KH. Noer Ali No.117, RT.001/RW.005, Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17124

Informasi lokasi fasilitas kesehatan yang melayani vaksinasi kini sudah tersedia di seluruh wilayah Indonesia. Berikut ini adalah langkah mencari tahu lokasi fasilitas kesehatan untuk vaksinasi COVID-19 terdekat.

  • Buka laman http://covid19.go.id/faskesvaksin
  • Pilih provinsi lokasi faskes vaksinasi dengan klik tombol deopdown pada pilihan menu provinsi
  • Pilih kabupaten/kota
  • Kemudian tunggu beberapa saat, nanti akan muncul daftar wilayah beserta faskes yang menyediakan layanan vaksin.

Seluruh informasi yang ada dalam laman tersebut termasuk pula jumlah total fasilitas kesehatan di wilayah tersebut. Dalam situs tersebut tersedia informasi mengenai nomor telepon serta titik lokasi Google Maps dari fasilitas kesehatan di wilayah yang dicari.

Menghadapi masa pandemi  COVID-19, masyarakat diminta tidak hanya mengandalkan satu intervensi kesehatan saja. Upaya vaksinasi yang dilakukan saat ini, tidak semata-mata menjadi satu-satunya  upaya untuk melindungi masyarakat dari penularan virus ini. Vaksinasi tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi dengan penerapan protokol kesehatan.

Related posts
Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...