Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Skincare

Jangan Salah, Ini Dia 5 Manfaat Sebum yang Perlu Kamu Tahu

Tidak sedikit orang yang merasa kesal dan tidak nyaman karena memilki kondisi wajah yang berminyak. Kulit berminyak akan memberikan efek kusam pada wajah. Makeup menjadi tidak tahan lama dan akan mudah muncul jerawat. Maka dari itu, banyak orang yang menggunakan produk skincare dengan kandungan yang dapat mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Sebenarnya, wajah berminyak tidak selalu memberikan efek negatif karena minyak alami yang ada pada kulit wajah dapat menjaga kelembapan  kulit. Bahkan, bisa menunda penuaan atau keriput.

Minyak sebum merupakan zat yang berwarna kekuningan yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous yang ditemukan pada hampir setiap permukaan kulit. Karena komposisinya yang unik sebum dapat menjga kelembapan pada kulit. Sebum memilki sifat ati bakteri, menjadikan pertahann tubuh melawan penyebab infeksi kulit.

 Berikut ini adalah peranan penting minyak alami kulit.

  1. Memperlambat Penuaan

Sebum atau minyak alami pada kulit adalah salah satu anti-aging alami yang mampu mempertahankan elastisitas wajah. Produksi sebum pada kulit akan membuat kulit terasa kenyal dan tampak lebih muda. Selain itu, kamu mungkin sering mendapati produk skincare anti aging yang berbahan dasar minyak. Hal itu karena memang  minyak dapat dikatakan sebagai booster bagi kulit wajah yang kadar minyak alaminya kurang. Bila kulit dirawat dengan kasar akan membuat produksi minyak pada kulit berkurang, hasilnya akan nampak kering dan kusam hingga muncul kerutan pada wajah.

  • Mencegah Kulit dari Infeksi dan Jamur

Kurangnya sebum yang yang dihasilkan dari kulit kerap dikaitkan dengan tingginya infeksi jamur pada kulit, misalnya kurap. Minyak dapat memberi perlindungan pada kulit dan jamur penyebab penyakit. Mengatasi kulit berminyak memnag bukan hal yang mudah, tetapi mencoba mengubah gaya hidup untuk kulit lebih sehat seperti meminum banyak air dan mengonsumsi makanan sehat.

  • Kulit Cerah Alami

saat wajah lembab dan bersih, kulit yang berminyak akan memancarkan kecerahan alami. Wajah berminyak memang cenderung lebih lembab dari pada kulit kering. Itulah sebabnya wajahmu akan lebih cerah secara alami. Namun, kamu juga perlu membersihkan wajah dengan teratur dan benar, memakai pembersih wajah yang lembut, agar dapat mengontrol kelembapan kulitmu. Kamu juga diharuskan mengonsumsi banyak minum air putih untuk menjaga kesehatan kulit.

  • Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Fungsi sebum dapat melindungi kulitmu dari efek buruk sinar matahari, hal ini diperoleh dari minyak yang efektif untuk menangkal sinar UV. Selain itu, sebum juga diperkaya vitamin E alami yang cukup efektif digunakan  sebagai ati oksidan atau penangkal radikal bebas.

  • Meminimalisir Dehidrasi Kulit

Minyak pada kulit dapat mengontrol  kadar air di kulit wajah untuk memastikan bahwa kulit memiliki cukup cairan. Selain itu, kamu juga harus mengonsumsi air dan pelembab kulit yang cukup agar kulit tidak mengalami dehidrasi .

meski terdapat manfaat pada kulit berminyak, tidak dapat dipungkiri jika wajah berminyak juga rakan menjadi rentan munculnya komedo dan jerawat. Keadaan ini  akan terjadi bila minak pada wajah teroksidasi dan bercampur dengan bakteri atau kotoran.

REKOMENDASI PRODUK UNTUK KULIT BERMINYAK

Kulit berminyak tetap butuh pemebab. Umumnya setelah pemakaian cleanser dan toner, kulit akan berubah menjadi kering sehingga pelembab yang tepat untuk kulit berminyak sangat diperlukan, guna membantu  menjaga kelembapan kulit wajah.

NOVI’S PORE MINIMIZING CREAM

Memperbaiki tampilan pori-pori kulit, merawat kulit berjerawat, mengurangi sebum berlebih dengan tetap menjaga kelembapan kulit. Aman digunakan sehari-hari oleh pria dan wanita.

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Skincare

Keistimewaan Aloevera Sebagai Bahan Utama NOVI’S Hydration Gel Moisturizer

Gaya HidupSkincare

Sinar UV Akan  Merusak Komponen Utama Kulit Kamu

Skincare

Deretan Masalah Kulit yang Sering Dialami ole Remaja

Skincare

Kapan Sebaiknya Mengaplikasikan Pelembab untuk Wajah?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.