Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Pelajari Beberapa Kesalahan Saat Merawat Kulit

Banyak sekali informasi mengenai skincare dan kesehatan kulit yang dapat membantumu dalam merawat kulit. Mulai dari cara kerja kulit, rahasia terdalam kulitmu, sebab-sebab munculnya masalah pada wajah, sampai tips merawatnya berdasarkan kondisi atau kebutuhan kulit. Namun, sebaiknya kamu dapat mencari tahu terlebih dahulu tentang kebenarannya.

Kenyataannya, banyak dari informasi mengenai kecantikan kulit itu tidak benar alias mitos. Boleh jadi informasi tersebut merupakan tren kesehatan kulit yang sedang digemari banyak orang, namun ternyata itu bukan yang terbaik untuk kulitmu. 

Mungkin saja banyak orang meyakini suatu fakta tentang kondisi kulit, namun ternyata itu hanya sebatas anggapan tanpa pembuktian yang benar.

Hanya karena mengikuti mitos atau tradisi yang sudah ada di masyarakat, jangan sampai wajahmu jadi rusak ya sahabat NOVI’S. Berikut adalah beberapa mitos seputar perawatan wajah yang selama ini banyak dilakukan dan bahkan juga mungkin pernah atau masih kamu lakukan.

Kulit berminyak tidak butuh pelembab

Mitos yang paling sering muncul yaitu kulit berminyak tidak perlu pelembap. Walaupun wajahmu berminyak, kamu tetap perlu menggunakan pelembap. Pelembap akan membantu kulit wajahmu untuk terhidrasi dengan baik. Jika tidak, maka kulitmu akan semakin kering dan wajahmu akan semakin berminyak. Wajah yang semakin berminyak ini adalah cara kulit untuk menjaga kelembapan alaminya. Jadi, tetap pastikan untuk tetap menggunakan pelembap, terutama setelah mencuci wajah. Pilihlah pelembap yang bertekstur gel agar mudah diserap dan tidak lengket di wajah seperti NOVI’S Moisturizing Gel.

Jerawat muncul karena kulit berminyak

Jerawat tidak muncul karena kulit berminyak, karena kulit yang kering juga bisa memiliki jerawat. Pada dasarnya jerawat muncul karena kebersihan kulit yang kurang terjaga, bisa karena debu, polusi, penggunakan makeup, atau barang-barang di sekitar kita yang kotor. Selain itu, jerawat juga bisa muncul karena ketidakseimbangan hormon dari dalam tubuh. Jadi, sekali lagi perlu kamu ingat bahwa penyebab jerawat bukan dari kulit berminyak . Bahkan munculnya jerawat ini bisa dicegah yaitu dengan membersihkan wajah dengan benar.

Wajah harus digosok agar bersih

Menggosok wajah dengan keras justru akan membuat wajahmu terluka akibat dari gesekan keras yang terjadi secara terus-menerus. Saat membersihkan wajah, cukup gosok wajahmu secara lembut dengan gerakan memutar.

Pakai suncare hanya pada saat di luar ruangan

Pasti banyak dari kamu yang juga berpikir serupa, bahwa suncare hanya perlu digunakan jika sedang berada di luar ruangan saja, terutama jika cuaca sedang panas. Hal ini sangattidak benar. Kamu wajib untuk pakai suncare setiap hari dan reapply setiap 3-4 jam sekali. Ini untuk memaksimalkan kerja suncare, karena umumnya suncare akan mulai memudar saat terkena air atau keringat. Nah, saat cuaca mendung atau main ke gunung yang terasa dingin pun, kamu tetap wajib menggunakan suncare. Karena meski cahaya matahari tak terlihat, tapi sinar UV masih tetap ada dan siap menembus ke kulitmu. Bahkan sinar UV juga bisa menembus ke kaca, jadi di dalam ruangan jika kamu terpapar sinar matahari kamu tetap perlu menggunakan suncare.

Harus sering cuci muka

Memang sih cuci muka bisa membuat wajahmu jadi bebas minyak, tapi jika terlalu sering dilakukan wajahmu justru akan semakin berminyak. Semakin sering kamu mencuci wajah, maka wajahmu akan semakin kering karena kelembapan alami kulit terkikis sehingga nantinya wajahmu akan semakin berminyak. Jadi, cukup cuci wajahmu dua kali sehari di pagi dan malam hari. Pilihlah sabun wajah atau face wash yang lembut dan tidak membuat kulitmu jadi kering seperti NOVI’S Facial Wash Niacinamide.

Related posts
Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.