Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Mengapa Kulit Bisa Dehidrasi? Bagaimana Ciri-cirinya?

Kulit terasa kering dan kencang, tapi begitu diaplikasikan moisturizer atau pelembap, kulit masih tetap kering? Bisa jadi, kulitmu mengalami dehidrasi, Sahabat NOVI’S! Tapi, nggak jarang orang berkulit kering juga mengalami hal yang sama. Lalu, apa aja sih yang bisa membedakan kedua kondisi kulit ini? Berikut perbedaan lebih jelasnya: 

  • Kulit Kering

Kulit kering merupakan kondisi kulit yang kandungan atau lapisan minyak sedikit, sehingga kelembapannya mudah hilang. Biasanya, kulit kering memiliki ciri-ciri berupa tampilan pori-pori yang hampir tak terlihat, kurangnya elastisitas, garis halus pada wajah yang lebih terlihat, dan permukaan kulit yang kasar. Kulit kering ini bisa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, diantaranya pengaruh genetik, hormon dan usia pada faktor internal, serta perubahan cuaca atau musim pada faktor eksternal.

  • Kulit Dehidrasi

Berbeda dengan kulit kering, kulit dehidrasi bisa dialami oleh siapapun. Bahkan pemilik kulit berminyak sekalipun bisa kondisi kulit yang dehidrasi. Sama seperti anggota tubuh lainnya, terjadinya kulit dehidrasi disebabkan oleh kurangnya cairan tubuh yang disebabkan oleh faktor eksternal.

Ciri-ciri Kulit Dehidrasi

Meskipun memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan kulit kering, tapi mengenali ciri-ciri kulit dehidrasi itu mudah kok, Sahabat NOVI’S! Biasanya, kulit dehidrasi bisa dikenali dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Kulit kusam

Ya, faktanya kulit yang dehidrasi cenderung terlihat lebih kusam dibandingkan dengan kulit normal. Hal ini dikarenakan lapisan sel-sel kulit mati yang menumpuk akibat kulit kehilangan fungsi untuk meluruhkan sel kulit mati yang ada.

  • Berminyak tapi terasa kering

Kulit yang dehidrasi biasanya daya serap kelembapannya akan berkurang. Hal ini mengakibatkan kulit kita kehilangan kelembapan dan akan menghasilkan lebih banyak minyak agar kadar cairan tidak hilang. Sehingga, dampaknya memunculkan bercak kering pada kulit, dengan lapisan minyak di atasnya.

  • Kulit lebih sensitif

Skin-barrier yang rusak akibat kulit dehidrasi akan sulit melawan bakteri dan polutan yang menempel pada kulit. Sehingga, kulit menjadi lebih sensitif dan cenderung lebih mudah terkena masalah kulit seperti jerawat, bruntusan, dan masalah kulit lainnya.

  • Kulit terasa gatal atau bersisik

Kurangnya cairan pada tubuh juga dapat mengakibatkan kulit terasa kasar, gatal, dan bersisik. Biasanya, hal ini disebabkan oleh pergantian cuaca ekstrem atau terlalu lama berada di ruangan ber-AC. 

Nah, itu dia beberapa ciri-ciri kulit dehidrasi, Sahabat NOVI’S! Sampai di sini sudah semakin jelas, kan? Hihi. Tapi, tenang saja bila kamu belum yakin apakah kulitmu benar-benar dehidrasi, kamu bisa kok melakukan salah satu metode mudah untuk memastikannya. Caranya, kamu bisa mencubit sedikit bagian kulit pada punggung tangan, perut, dada ataupun pipi. Setelah mencubitnya, perhatikan dengan seksama pada bagian kulit yang dicubit. JIka kulitmu kembali ke posisi semula dengan cepat, artinya, kulitmu sudah terhidrasi dengan baik. Sebaliknya, apabila kulitmu terlihat membutuhkan waktu untuk kembali ke posisi semula setelah dicubit artinya kulitmu dehidrasi.

Penyebab Kulit Dehidrasi

Setelah mengetahui ciri-ciri kulit dehidrasi serta metode untuk memastikan kulit dehidrasi, kini saatnya kamu mengenali apa yang menjadi penyebab kulit dehidrasi nih, Sahabat NOVI’S! Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kulit dehidrasi pada umumnya disebabkan oleh berbagai faktor eksternal, diantaranya:

  • Kurang minum air putih

Salah satu penyebab ini pasti sudah jelas banget, ya. Kurangnya asupan air putih memberikan berdampak buruk bagi seluruh tubuh, salah satunya kulit kita. Untuk menghindarinya, pastikan kamu mencukupi kebutuhan asupan air putih kamu setiap harinya sebanyak 8 gelas per hari.

  • Cuaca

Berada di wilayah dengan cuaca yang terlalu panas dan dingin juga bisa menyebabkan kulit dehidrasi nih, Sahabat NOVI’S. Karena, suhu yang terlalu panas atau dingin yang ekstrim dapat menguapkan cairan dalam kulit sehingga menyebabkan kulit dehidrasi.

  • Konsumsi Rokok dan Alkohol

Selain berdampak buruk bagi kesehatan, rokok dan alkohol juga bisa mengakibatkan banyak efek negatif bagi kulit seperti kulit dehidrasi. Makanya, hindari konsumsi rokok dan alkohol agar kulitmu tetap sehat, ya.

  • Kurang Tidur

Kurang istirahat di malam hari juga bisa membuat kulitmu dehidrasi, nih. Kenapa? Karena, apabila tidur kita kurang dapat menghambat proses regenerasi. Sehingga, menyebabkan menumpuknya sel kulit mati yang membuat kulit jadi terlihat kusam dan kehilangan kelembapannya. Untuk menghindarinya, pastikan kamu memiliki tidur yang berkualitas selama 7-8 jam setiap harinya, ya.

Related posts
Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Pelajari Beberapa Kesalahan Saat Merawat Kulit