Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Merawat Kulit, Sebaiknya Kamu Hindari Makanan dan Minuman ini

Sejatinya, segala yang berlebihan adalah tidak baik, salah satunya dalam hal makan dan minum. Pola makan yang teratur, keseimbangan gizi tentu dapat membantu meningkatkan  produksi  energi di dalam tubuh. Tidak semua makanan dan minuman aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang banyak atau berlebihan, karena hal ini akan sangat mempengaruhi kondisi kulit kita. Beberapa makanan dan minuman yang menurut kita aman untuk dikonsumsi ternyata belum tentu aman bagi kesehatan.

Kulit yang tidak sehat bukan hanya disebabkan oleh hal di luar tubuh, melainkan juga dari dalam. Misalnya jerawat atau kulit kusam yang tidak hanya disebabkan oleh debu dan polusi, tetapi karena kulit yang tidak sehat dan kurang ternutrisi. Pola hidup sehat yang dibangun secara konsisten dan tepat dalam membantu tubuh terlindung dari segala jenis penyakit. Asupan makanan menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan metabolisme berjalan lebih maksimal.

Saat memperoleh makanan yang bergizi, tubuh akan menerima nutrisi secara merata. Ini tentu dapat memicu semua organ tubuh bisa berjalan dengan baik. Jika rutin dilakukan, maka tubuh akan lebih sehat dan benar-benar terbebas dari beragam penyakit yang membahayakan.

Berikut ini beberapa makanan yang baiknya kamu hindari saat sedang menjaga pola hidup dan merawat kulit.

  • Kurangi Konsumsi Gula

Mengonsumsi gula yang berlebihan dapat membuat kolagen di bawah kulit menjadi kaku. Akibatnya, gula akan menempel pada kolagen yang membuat fungsinya tidak berjalan dengan baik. Ketika kulit kehilangan keelastisannya, kulit akan terlihat kendur dan akan muncul jerawat serta tanda penuaan dini yang menjadikan peradangan pada kulit.

Kamu harus mengurangi konsumsi gula jika kulitmu ingin terlihat bagus, jika kamu menyukai makanan dan minuman manis, kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan, kurma, jus dan air kelapa yang mengandung manis alami.

  • Makanan Pedas

Mengkonsumsi makanan pedas dapat melebarkan pembuluh darah pada orang-orang yang rentan terhadap orang yang baru memulai masa menopause. Pelebaran pada pembuluh darah ini akan membuat kulit terlihat kurang bersih dan tampak seperti mengalami penuaan dini. Maka sebaliknya jika kamu menghindari makanan pedas kamu akan memiliki kulit yang tampak awet muda.

  • Kafein

Tidak sedikit orang yang menganggap minum kopi di pagi hari dapat mengurangi mata bengkak dan efek yang menyegarkan. Namun ternyata, mengkonsumsi kafein setiap hari bukanlah hal yang baik untuk kesehatan kulit. Kebiasaan ini akan membuat kulitmu menjadi kering. Tidak hanya itu saja, kulitmu kamu bahkan akan terlihat kusam dan seperti tidak segar.

  • Makanan Cepat Saji

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa makanan cepat saji menjadi salah satu makanan pavorit banyak orang. Karena harganya yang masih terjangkau, banyak jenis serta kemudahan  untuk mendapatkannya menjadikan makanan ini salah satu andalan untuk sarapan dan makan malam.

Dampak buruk dari makanan cepat saji bukan hanya berpengaruh pada kulit. Namun juga sangat berperan membentuk tubuh yang tidak sehat. Selain akan memperlambat metabolisme, kulit juga tidak akan mendapatkan suplai darah yang sehat dan justru menjadi berminyak yang akan menimbulkan berbagai masalah kulit.

  • Minuman Alkohol

penyebab kulit yang rusak juga dapat berpengaruh dari jenis minuman beralkohol . minuman beralkohol akan menyebabkan kulit hidrasi.  Hal ini akan membuat kulit anda terlihat cekung dan kehilangan cairan karena dehidrasi.

Itulah beberapa jenis-jenis makanan yang mengandung dampak buruk bagi kesehatan kulit. Alangkah baiknya jika kamu mulai mengurangi dan berhenti mengonsumsinya demi hasil perawatan yang maksimal.

Related posts
Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Intip Segudang Manfaat Vitamin E untuk Kulit