Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Faktor dan Pemicu TerjadinyaPenuaan Dini Pada Kulit Wajah

Salah satu dari tanda-tanda awal penuaan di kulit wajah adalah munculnya garis-garis halus di wajah. Merupakan hal yang wajar jika garis halus ini muncul sesuai usia, tapi jika muncul lebih awal maka merupakan bencana. Merawat kulit wajah sesuai dengan kondisinya, ditambah dengan gaya hidup sehat, menjadi kunci untuk mencegah garis halus dan tanda penuaan kulit lainnya datang lebih awal.

Penuaan Kulit, Penyebab Garis Halus di Wajah Terbentuk

Memasuki usia 25 tahun, kondisi kulit akan perlahan-lahan menurun. Mungkin Anda tidak terlalu merasakannya karena proses ini masih berjalan sangat lambat, dimulai dengan munculnya garis-garis halus di wajah. Begitu sudah usia pertengahan 30-an dan awal 40-an, proses penuaan kulit berlangsung lebih cepat. Bukan lagi garis-garis halus yang muncul, tapi sudah berupa kerutan.

Garis-garis halus di wajah dan kerutan muncul karena dengan pertambahan usia, kulit akan menjadi lebih tipis, kering, rentan dehidrasi, serta berkurang kekenyalan dan elastisitasnya. Saat Anda membuat ekspresi wajah misalnya tersenyum, tertawa, dan cemberut, atau membuat gerakan memicingkan mata dan mengernyitkan dahi, maka akan terbentuk garis-garis dan kerutan di area-area yang ototnya berkontraksi.

Saat kondisi kulit prima, garis-garis halus dan kerutan yang terbentuk saat wajah berekspresi ini akan menghilang dan kondisi kulit kembali seperti semula. Namun saat kulit semakin menua, ditambah dengan perawatan kulit wajah yang tidak optimal, maka garis-garis yang tadinya halus ini akan menetap dan menjadi semakin dalam.  

Pemicu Penuaan Dini di Kulit Wajah

Munculnya garis-garis halus di wajah akibat pertambahan usia merupakan sesuatu yang terjadi secara alami. Namun garis-garis halus ini dapat muncul jauh lebih awal jika Anda mengabaikan dalam merawat dan melindungi kulit. 

Faktor-faktor penyebab ini berkontribusi besar dalam memicu terjadinya penuaan dini di kulit, dan berpotensi membuat munculnya garis-garis halus lebih awal di wajah. Beberapa di antaranya adalah:

  • Sinar UV dari matahari. Paparan sinar matahari terik di kulit wajah yang tak terlindungi dalam jangka waktu lama dapat berpotensi merusak kulit, karena membuat kandungan air menguap dari kulit serta merusak kolagen dan serat elastin yang membuat kulit kenyal, lentur, dan elastis.
  • Merokok. Kulit wajah yang sering terpapar asap rokok akan menua lebih cepat akibat stres oksidatif. Sementara itu, kandungan bahan-bahan kimia di rokok yang masuk ke dalam tubuh dapat merusak kolagen serta membuat pembuluh darah menyempit. Akibatnya, asupan nutrisi dan oksigen ke kulit pun berkurang.
  • Dehidrasi. Berkurangnya kandungan air di sel-sel kulit dapat membuat kulit mengerut dan berkurang kekenyalannya. Kondisi ini dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus di wajah, atau jika sudah terbentuk, maka garis-garis ini akan semakin terlihat.  
  • Pola makan tidak sehat. Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat olahan dan gula dapat mempercepat penuaan kulit. Sementara kurangnya konsumsi sayuran dan buah-buahan dapat membuat kulit kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan di kulit. 
  • Tidak rutin melakukan perawatan wajah. Perawatan kulit wajah menggunakan produk-produk skincare baru akan memberi hasil jika dilakukan secara rutin dan dalam jangka panjang. Jika tidak, maka hasilnya tidak optimal dan malah dapat membuat penuaan kulit berlangsung lebih cepat.

Mencegah Terbentuknya Garis-Garis Halus di Wajah

Cara paling efektif untuk mencegah terbentuknya garis-garis halus ini sebenarnya adalah dengan menghindari faktor-faktor pemicunya. Ini juga bisa Anda terapkan sebagai cara mencegah kerutan di wajah dan munculnya tanda-tanda penuaan dini lainnya, seperti kulit kering, kusam, dan mengalami hiperpigmentasi. 

Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan:

  • Gunakan NOVI’S Suncare setiap hari. Baik saat hari cerah atau mendung, baik Anda berada di luar atau di dalam ruangan, NOVI’S Suncare harus selalu digunakan untuk melindungi kulit wajah dari efek buruk sinar UV dari matahari.  Aplikasikan NOVI’S Suncare dalam jumlah yang cukup. Aplikasikan ulang setiap dua jam.
  • Lakukan rutinitas perawatan wajah setiap pagi dan malam hari. Paling tidak, lakukan langkah-langkah yang paling mendasar seperti membersihkan wajah, menggunakan toner dan menggunakan NOVI’S Moisturizer Gel. Tambahkan penggunaan NOVI’S Suncare pada pagi-siang hari. Jika memungkinkan, pilih produk perawatan kulit untuk masalah anti-aging agar khusus mencegah terjadinya penuaan dini. 
  • Menerapkan gaya hidup sehat. Berhenti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, istirahat yang cukup, dan rutin berolahraga dapat membantu membuat kulit wajah berada dalam kondisi prima.
  • Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, serta mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya, yaitu sebanyak dua liter.
  • Lakukan senam wajah. Aktivitas ini baik untuk melatih otot-otot di wajah, melancarkan peredaran darah, serta membantu mencegah munculnya garis-garis halus di wajah dan kerutan. 

Kamu bisa cari tahu berbagai macam Produk yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui www.store.novis.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Pastikan Kamu Mendapat Manfaat-manfaat dari NOVI’S Rejuvenation Serum