Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Cegah Mata Panda dengan Ketahui Penyebabnya

Lingkaran hitam di bawah mata sudah biasa menjadi perhatian dunia kecantikan, berapa pun usia Anda. Mata selalu menjadi perhatian utama di wajah setiap orang. Apalagi kini di saat masker sudah menjadi barang wajib dipakai untuk menutupi bagian wajah lainnya. Itulah sebabnya perawatan area mata menjadi jauh lebih penting.

Jenis lingkarang pada mata

  • Lingkaran hitam kebiruan disebabkan oleh peredaran darah yang buruk
  • Lingkaran hitam kecokelatan disebabkan oleh hiperpigmentasi
  • Lingkaran cokelat gelap disebabkan oleh bayangan akibat kulit kendur

Penyebab timbulnya beragam lingkaran hitam pada mata

Jenis pertama, lingkaran gelap kebiruan, disebabkan oleh peredaran darah yang buruk. Karena laju aliran darah di bawah mata 30% lebih tinggi daripada di area pipi, peredaran darah di area ini kekurangan oksigen, khususnya karena kulit di bawah mata lebih tipis dibandingkan dengan kulit di bagian tubuh lain.

Jenis kedua, lingkaran hitam kecokelatan, merupakan hasil dari inflamasi. Ini disebabkan oleh kerusakan akibat gesekan saat memakai makeup atau selama membersihkan dan merawat kulit. Menggosok mata untuk meredakan gatal akibat rinitis alergi, alergi, dan iritasi lain juga bisa merusak kulit lembut ini, yang memicu terjadinya hiperpigmentasi.

Jenis terakhir lingkaran hitam tampak seperti bayangan cokelat kehitaman yang muncul akibat garis-garis halus dan kulit kendur. Meskipun lingkaran ini biasa muncul seiring bertambahnya usia, Anda tetap harus memperhatikan area mata di usia 20-an dan 30-an, dan hindari mata tegang akibat penggunaan perangkat elektronik yang berlebihan.

Faktor penyebab lingkaran hitam bisa beragam di setiap orang sehingga sulit untuk menentukan penyebab pasti bagi masalah bawah mata ini. Pada awalnya, peningkatan beban kerja berarti juga peningkatan jumlah waktu online dan/atau di hadapan komputer, telepon genggam, serta perangkat elektronik lainnya. Emisi sinar biru dari perangkat ini tidak hanya menyebabkan mata lelah, tapi juga kekeringan pada mata yang bisa menimbulkan kerutan di area mata. Karena era digital sudah menjadi bagian dari gaya hidup, kita harus lebih memperhatikan mata kita dan area halus di sekitarnya.

Eyeliner dan maskara anti luntur terkenal awet dipakai, tapi proses menghapus dan membersihkannya sangat sulit sehingga bisa memicu kerusakan area mata. Pada akhirnya, inilah penyebab hiperpigmentasi.

Saat menghapus makeup mata, tuangkan makeup remover khusus mata di kapas dan letakkan kapas yang sudah basah itu di atas kelopak mata selama beberapa menit lalu angkat. Makeup itu akan diserap oleh kapas dan terhapus dengan mudah jika Anda melakukan gerakan dari atas ke bawah saat membersihkannya. Lakukan dengan lembut dan jangan melakukan gerakan yang menggosok-gosok karena gerakan tersebut akan menimbulkan stres pada kulit yang lembut ini.

Penting untuk menahan diri agar tidak menggosok kulit dan area mata selama melakukan perawatan kulit, mulai dari membersihkan hingga memakai lotion. Selalu perlakukan kulit Anda dengan lembut dan segera hentikan jika Anda menggosok mata tanpa sadar. Bagi yang memiliki rinitis alergi dan gatal yang membandel harap mencari pengobatan medis. Ingat bahwa mata yang kering juga bisa menyebabkan gatal, maka pelembapan yang teratur akan meredakan permasalahan ini.

Peredaran darah yang buruk serta kurang tidur merupakan penyebab umum lingkaran hitam pada mata yang terjadi pada anak muda. Peredaran darah yang buruk juga bisa dipengaruhi oleh sensitivitas suhu karena udara dingin (seperti lingkungan ber-AC) menghalangi peredaran darah yang lancar, begitu pula jika Anda tidak memperoleh waktu istirahat dan tidur berkualitas yang cukup. Memiliki kebiasaan gaya hidup positif akan mencegah timbulnya lingkaran hitam pada mata. Satu tips pencegahan yang efektif adalah dengan menutup kelopak mata Anda dengan handuk panas untuk menjaga mata tetap hangat. Anda akan melihat khasiatnya setelah melakukannya secara teratur.

Seiring dengan gaya hidup yang tak terpisahkan dari dunia digital dan tingginya komitmen pekerjaan, keharusan menatap layar komputer, smartphone, atau tablet selama berjam-jam akan merugikan mata Anda. Emisi sinar biru dari perangkat ini juga membuat para penggunanya kehilangan waktu tidur berkualitas di malam hari. Selalu ingat untuk mengambil jeda sejenak untuk mengistirahatkan mata Anda. Di malam hari, tahan diri Anda untuk tidak menggunakan perangkat elektronik ini setidaknya selama satu jam sebelum waktu tidur.

Related posts
Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Kenali Tanda-tanda Penuaan yang Umum Terjadi Pada Kulit