Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Gaya Hidup

Bisakah Cantik Tanpa Filter Instagram?

Sejumlah penelitian menyebut Instagram adalah platform sosial yang paling banyak digunakan kedua, dengan jumlah 50 persen yang rata-rata digunakan orang dewasa aktif pada Maret 2020.

Dengan berbagai macam postinga banyak orang di Instagram maupun sosial media lainnya, hal  ini membuat kita lebih mudah membandingkan penampilan dengan orang sekitar. Banyak pernyataan yang mengatakan kehidupan di sosial media adalah kehidupan yang semu. Misalnya penggunaan filter wajah jelas berdampak pada rasaa percayaan diri seorang perempuan.

Kenyataanya, ada hubungan kuat antara pengguna media sosial dan masalah psikologis. Instagram telah dikaitkan dengan kecemasan dan gejala depresi, tetapi juga dengan kekhawatiran  seperti kecemasan terkait penampilan fisik, peningkatan ketidakpuasan tubuh, dan harga diri yang lebih rendah.

Sebenarnya banyak orang juga yang malah mencibir satu sama lain secara diam-diam saat orang lain menggunakan filter instagram. Jika kita menghabiskan waktu yang lama untuk memKamungi influencer, selebgram dan artis yang menggunakan filter kita pasti tidak secara langsung membandingkan bentuk wajah, mata bahkan bibir kita kepada mereka. Seakan perempuan tidak akan pernah puas akan bentuk tubuh dan wajahnya siklus ini akan terus berulang.

Maraknya penggunaan selfie filter tak bisa dimungkiri adalah akibat semakin intensnya penggunaan media sosial. Platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan YouTube, diperbarui dengan jutaan gambar baru setiap harinya.

Kamu pun disuguhkan tampilan gambar yang semakin menarik dan variatif dibandingkan sebelumnya. Selanjutnya, Kamu juga terdorong untuk menayangkan hal yang sama. Akan tetapi, sebagian orang tidak sembarang dan lebih selektif dalam mengunggah konten di media sosial. Baik itu video, tulisan, maupun foto selfie, para pembuat konten tentu akan memilih mana foto terbaik yang sesempurna mungkin.

Salah satu konten yang mungkin sering diunggah di media sosial itu adalah foto selfie dengan menggunakan filter. Dengan fitur ini, Kamu bisa mengedit tampilan mata yang lebih besar, bulu mata yang lebat, hidung yang lebih mancung, kecerahan warna kulit sesuai keinginan, pipi yang tirus hingga gigi yang tampak lebih putih.

Filter Instagram bisa pengaruhi gangguan psikologis (mental)

Pilihan filter yang tersedia pun beragam sehingga Kamu dapat menyembunyikan “dosa” atau bagian yang tidak sempurna di wajah. Tak ayal, rasa percaya diri pun seakan meningkat. Tak ada yang salah dengan ini sebenarnya. Akan tetapi, berhati-hatilah saat Kamu sudah kecanduan. Pasalnya, bahaya kecanduan selfie filter bisa berujung pada gangguan kesehatan mental.

Misalnya, insecure atau rasa tidak aman pada dirinya sendiri. Dia pun akan jadi tidak percaya diri dengan tampilan alaminya. Jika hal ini terus dibiarkan, gangguan cemas dan depresi juga mungkin bisa terjadi. Mereka yang sering atau bahkan sudah kecanduan menggunakan selfie filter, biasanya memiliki tujuan terselubung. Yaitu, untuk menutupi kekurangan yang dimiliki dan mencari perhatian dan pujian dari orang lain.

Penggunaan filter dapat membentuk standar kecantikan di ruang digital. Pada beberapa orang hal ini dapat menimbulkan rasa depresi dan tidak puas pada diri sendiri saat tidak mencapai standar kecantikan tersebut.

Itu sebabnya, sangat disarankan agar tidak terlalu tergantung pada aplikasi tersebut. Kalau untuk sekadar lucu-lucuan tidak ada masalah. Namun, saat sudah mengganggu dan merusak kepercayaan diri saat Kamu berfoto tanpa filter, sebaiknya hentikan dan batasi penggunaannya. Yuk, Mulai cantik dan percaya diri tanpa filter.

Bisakah Mengubah Wajah dan tubuh menjadi secantik filter Instagram?

Jawabannya, sangat bisa. Caranya dengan melakukan perawatan kulit serta berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Dermatology.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam Produk yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui www.store.novis.co.id

Related posts
Gaya HidupSkincare

Sinar UV Akan  Merusak Komponen Utama Kulit Kamu

Gaya Hidup

Kulit Berminyak dan Kulit yang Lembab Ternyata Tak Sama

Gaya Hidup

Inilah Masalah Kulit yang Sering Terjadi Pada Remaja

Gaya HidupKecantikanKesehatan

Tip dan Trik Merawat Kulit Pada Saat Anda Berolahraga Indoor & Outdoor

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Apa Itu Sel Kulit Mati? Apa Penyebab Sel Kulit Mati?