Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Apa Itu Masalah Pigmentasi Kulit? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pigmentasi adalah pewarnaan kulit seseorang. Bila seseorang tersebut sehat, maka warna kulitnya akan tampak normal. Dalam keadaan sakit atau mengalami cedera, kulit seseorang mungkin saja berubah warna, bisa menjadi lebih gelap (hiperpigmentasi) atau lebih terang (hipopigmentasi). Pigmentasi kulit biasanya bervariasi tergantung ras dan genetik seseorang juga paparan sinar matahari. Apa saja kelainan pigmentasi pada kulit?

Umumnya bercak putih pada kulit membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, karena warna kulit menjadi tidak merata, apalagi jika memiliki kulit yang gelap.

Penggelapan warna kulit wajah yang tidak merata disebabkan oleh kelebihan produksi melanin yang mempengaruhi pigmen kulit. Bukan hanya berbahaya bagi kesehatan kulit jika dibiarkan, hal ini juga menyebabkan wajahmu terlihat jauh lebih tua dibandingkan umur aslimu.

Faktor utama dari terjadinya hiperpigmentasi kulit adalah paparan sinar UV yang dipancarkan oleh sinar matahari. Bagaimana sinar matahari menyebabkan kulit mengalami hiperpigmentasi? Berikut detilnya: 

  • Sinar matahari yang menyinari kulit tanpa sunscreen akan merangsang melanosit pada kulit untuk melepaskan melanin yang bertindak sebagai pelindung kulit alami dari sinar UV.
  • Produksi melanin yang dilepas oleh melanosit akan semakin banyak sebagai reaksi tubuh akibat terpapar oleh sinar UV yang dipancarkan oleh matahari.
  • Ketika produksi melanin di kulit terlalu banyak, bercak hitam akan muncul pada kulit yang menyebabkan warna kulit tidak merata.

Tidak meratanya warna kulit akibat hiperpigmentasi juga bisa disebabkan oleh hormon dalam tubuh kita, lho. Hormon ini dinamakan estrogen, yang bisa memengaruhi pembentukan enzim tirosinase, enzim yang berfungsi untuk mengatur jumlah melanin pada kulit. Nah, hormon estrogen ini bisa meningkat oleh beberapa hal di antaranya ketika siklus menstruasi, konsumsi obat-obatan tertentu, dan terpapar oleh sinar UVA dan UVB dalam waktu yang lama tanpa menggunakan sunscreen.

Microneedling Dermashine

Microneedle itu sendiri  adalah tindakan menggunakan jarum-jarum kecil yang dapat digunakan untuk berbagai kondisi. Mengatasi jerawat, kerutan, hingga untuk memasukan obat tertentu. Selain itu, tindakan microneedle dapat juga dilakukan untuk mengatasi melasma atau flek hitam pada wajah, pori-pori yang besar, elastisitas kulit yang menurun, dan juga warna kulit tidak merata.

Tindakan microneedling kini semakin populer sebagai perawatan wajah untuk mengembalikan kekencangan dan kecerahan kulit. Meski tergolong tindakan minimal invasif, lakukan microneedling hanya di klinik tepercaya dan dokter ahli, ya

Dermashine Treatment tidak lagi asing di dunia kecantikan, perawatan ini akan jauh lebih aman dan efektif jika dilakukan oleh dokter yang memiliki sertifikasi dan praktik di klinik yang berlisensi seperti NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi. NOVI’S Clinic menganggap pasien adalah prioritas utama. Pasien bisa berkonsultasi dengan nyaman sebelum dan setelah tindakan melalui berbagai metode konsultasi, Semua layanan yang disediakan NOVI’S CLINIC bertujuan untuk memaksimalisasikan pelayanan kepada pasien.

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Perawatan

Rahasia Tampil dengan Kulit yang Selalu Muda

Perawatan

Memahami Makna Kulit Sehat dan Ideal untuk Tetap Tampil Cantik

Perawatan

Melawan Tanda-tanda Penuaan Dini dengan Collagen Stimulator Treatment

Perawatan

Mengenal Elektocauter Treatment untuk Mengatasi Beberapa Masalah di Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...