Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Cirinya?

Muncul bercak atau ruam, terasa gatal, kulit mengalami kemerahan dan terasa panas ketika memakai produk tertentu merupakan tanda-tanda yang umum dialami orang dengan kulit sensitif. Hal tersebut terjadi karena orang dengan kulit sensitif memiliki pertahanan pada kulit yang cenderung lebih lemah, sehingga kulitnya mudah mengalami iritasi atau reaksi berlebih.

Kondisi kulit sensitif cenderung lebih mudah mengalami kekeringan dan dehidrasi, sehingga hal ini menyebabkan sensitivitas kulit secara berlebihan dan rentan menimbulkan berbagai masalah kulit.

Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan memiliki kulit sensitif? Bagaimana Anda tahu jika Anda memiliki kulit sensitif? Dan bagaimana cara merawat kulit sensitif? Untuk menjawab pertanyaan ini, simak terus pembahasan di bawah ini.

Mengenal kulit sensitif

Kulit sensitif adalah frasa yang cukup umum dalam dunia perawatan kulit, baik digunakan dalam berita utama kecantikan, label produk, atau hanya dalam percakapan tentang masalah kulit seseorang. Banyak orang mengatakan mereka memiliki kulit sensitif mungkin saja karena kulit mereka memiliki reaksi kuat terhadap bahan kimia, pewarna, dan wewangian yang terdapat pada suatu produk dan bersentuhan langsung dengan kulit.

Cara mengetahui tanda-tanda kulit sensitif

Mengamati tanda-tanda kulit sensitif dan mengidentifikasi penyebabnya sangat penting untuk dilakukan agar Anda dapat menemukan perawatan kulit yang tepat. Berikut ini cara mengetahui tanda-tanda kulit sensitif menurut dermatologis:

1. Kulit reaktif

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda mungkin memperhatikan bahwa sabun, deterjen, wewangian, parfum, produk perawatan kulit, dan produk rumah tangga dapat menyebabkan kulit Anda bereaksi seperti gatal, kering atau kemerahan. Selain itu, paparan dingin, matahari, dan angin juga bisa memicu kulit Anda.

2. Muncul kemerahan

Kebanyakan orang dengan kulit sensitif mengalami kemerahan. Hal ini bisa berupa ruam merah, benjolan merah, kemerahan atau bahkan pembuluh darah yang melebar dan merah. Biasanya, kemerahan akan hilang setelah menghilangkan penyebab iritan atau melakukan perawatan untuk kulit kemerahan.

3. Kulit kering

Kulit kering dan kulit sensitif bisa berjalan seiring. Selain itu, masalah kulit kering dan sensitif ini juga dapat menyebabkan jerawat dan kulit pecah-pecah jika Anda dalam cuaca dingin dan kering atau saat terkena angin. Untuk itu, diperlukan pelembap yang lembut, yang dapat melindungi kulit Anda untuk mengatasi masalah kulit kering dan sensitif.

4. Sering mengalami ruam

Kulit sensitif dapat bereaksi dan menimbulkan ruam merah, kering, bersisik, atau bergelombang saat terkena pemicu yang menyebabkan kulit bereaksi. Hal ini juga berlaku pada produk yang tertinggal di kulit Anda, seperti krim wajah. Anda mungkin mengalami ruam dengan sangat cepat setelah kontak langsung. Selain itu, ruam bisa menjadi tidak nyaman, tidak sedap dipandang, dan membandel.

5. Rentan berjerawat

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda juga rentan terhadap jerawat yang terlihat seperti jerawat dengan benjolan merah dan pustula.

6. Mudah terbakar sinar matahari

Kulit sensitif juga lebih rentan terhadap efek berbahaya dari matahari. Jika kulit sudah teriritasi atau mengelupas, hal ini dapat berisiko lebih tinggi bagi kulit Anda. Untuk itu, Anda harus selalu memakai tabir surya saat berada di luar, terutama di wajah Anda. Karena beberapa bahan dalam tabir surya dapat menyebabkan reaksi alergi, carilah yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide. Pilih juga tabir surya yang berspektrum luas dan memiliki SPF 30 atau lebih tinggi.

Related posts
Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Tips Mencegah Tumbuhnya Milia Pada Kulit yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah