Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Kesehatan

Lingkar Hitam Pada Area Mata Ternyata Bisa Juga Dicegah

Kesibukan yang mengganggu pikiran dan dan menguras tenaga mungkin saja menyebabkan kamu harus begadang. Mulai dari kelelahan atau kurang tidur, pola hidup kurang sehat, pertambahan usia dan faktor lainnya. Hal ini menyebabkan timbul lingkaran hitam terbentuk pa da bagian bawah mata. Jika kamu biarkan, hal ini akan membuat tampilan kamu seperti lusuh dan nampak seperti tua. Mata panda disebabkan karena  kulit kulit di area bawah mata menghitam dan kolagen yang menjaga elastisitas berkurang. Umumnya, mata panda hanya bersifat sementara dan tidak berbahaya.

Dark circle atau  lingkaran hitam di sekitar mata disebabkan oleh banyak hal. Penyebab mata panda yang paling sering ditemui adalah penumpukan toksin tubuh pada area tersebut, karena kurang tidur, stress dan dehidrasi. Warna mata panda yang menghitam atau kebiruan bisa terjadi karena pembuluh darah di sekitar lingkaran mata membesar dan jadi terlihat lebih jelas. Terkadang  pembengkakkan yang terjadi karena paparan sinar matahari. Hal ini bisa terjadi pada mata yang sensitif dan tidak bisa menatap cahaya yang terlalu terang. Mata panda akan terlihat jelas ketika seseorang memiliki kantung mata. Namun tidak semua kantung mata akan terlihat seperti mata panda. Terjadinya kantung mata disebabkan adanya penumpukan lemak di bawah mata. Cara menghilangkan kantung mata adalah dengan Botox Treatment.

Tips Mencegah Mata Panda

  1. Hindari Kebiasaan Begadang

Kurangnya waktu tidur di malam hari merupakan salah satu penyebab utama munculnya mata panda. Karenanya, cara mengobati mata panda yang paling utama adalah dengan tidur cukup pada saat malam hari. Sesuai dengan anjuran, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekita 7-9 jam per harinya untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

  • Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Mencukupi asupan cairan tubuh dengan minum air putih tidak hanya akan membuat tubuh segar dan sehat, tetapi juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi mata panda. Faktanya, dengan mengonsumsi air putih yang cukup mampu mengurangi jumlah konsentrasi garam pada tubuh dan area sekitar mata yang menjadi penyebab mata panda.

  • Hindari Konsumsi Kafein dan Minuman Alkohol

Konsumsi  terlalu banyak kafein dan minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi ringan, dan membuatmu lebih susah untuk tidur. Hal ini akan memicu kebiasaan begadang yang akan menyebabkan munculnya lingkaran hitam pada area mata atau mata panda.

  • Meningkatkan Asupan Kalium

Peningkatan asupan kalium atau zat mineral pada tubuh, dapat membantu mengatasi mata panda. Hal ini dikarenakan kalium dinilai mampu mengurangi cairan penyebab mata panda. Makanan yang mengandung banyak kalium adalah kacang kacangan, brokoli, kentang, dan buah pisang.

  • Kurangi Durasi Menatap layar Smartphone/laptop

Mata yang terlalu lama menatap layar gadget akan merasa kelelahan, akibat sinar yang dipantulkan dari gadget yang digunakan. Apalagi jika digunakan dengan cahaya yang terlalu terang. Maka dari itu, mengurangi durasi menatap layar  gadget menjadi cara mengatasi mata panda yang kamu lakukan. Setelah ini kamu bisa mengatur waktu saat ingin bermain gadget setiap harinya, demi upaya mengatasi mata panda.

  • Perawatan Dokter/Treatment

Bila kamu merasa belum puas dengan tips-tips di atas, sebaikya kamu melakukan perawatan ke dokter bisa jadi solusi terbaik. Kamu bisa berkonsultasi langsung ke NOVI’S CLINIC DERMATOLOGY BEKASI mengenai beberapa tretment untuk mengatasi mata panda, misalnya dengan terapi laser dan facial wajah.

Jika kamu mempunyai masalah kulit yang lain, serupa dengan mata panda yaitu kantung mata, NOVI’S Clinic Dermatology juga memfasilitasi beberapa treatment  seperti Botox, Filler, Chemical Peeling dan berbagai Treatment lainnya. Untuk mempelajari lebih lanjut, kamu bisa mencari tahu lebih dalam mengenai treatment apa saja yang ada di NOVI’S  melalui www.novisdermatology.co.id

Related posts
Kesehatan

Ketahui Beberapa Kesalahan Saat Merawat Kulit

Kesehatan

Definisi Kulit Sensitif dan 6 Ciri-Cirinya

KecantikanKesehatan

Mitos Seputar Jerawat yang  Kamu Mesti Hindari

Kesehatan

Kulit Berminyak Juga Kaya Akan Manfaat untuk Kesehatan Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.