Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Pengaruh Buruk Merokok untuk Kesehatan Kulit, Penuaan Bisa Muncul Lebih Awal

Merokok adalah salah satu kegiatan yang paling berbahaya dan mematikan karena berhubungan dengan kesehatan internal dan eksternal. Rokok mengandung ribuan zat berbaya yang dapat menyebbakan berbagai gangguan kesehatan. Mulai dari penyakit jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin, stroke, hingga kanker paru-paru yang berisiko kematian. Tetapi, tahukah kamu bahwa rokok juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit?

Merokok tidak hanya bertanggung jawab atas perubahan tampilan kulit luar saja, tapi beberapa kelainan kulit berat juga dikaitkan dengan kebiasaan merokok. Rokok yang dibakar dapat menghasilkan lebih dari tujuh ribu zat kimia. Zat-zat tersebut bisa mengurangi pasokan oksigen ke kulit, merusak sel-sel kulit, dan menyebabkan terjadinya penuaan dini.

Selain dapat merusak penampilan karena membuat kulit kusam, keriput, dan kering, ternyata kebiasaan merokok juga dapat berdampak kepada penampilan Anda secara keseluruhan. Selain dapat meningkatkan risiko terkena penyakit yang fatal seperti kanker paru-paru dan penyakit jantung, merokok juga dapat merusak kulit, mata dan rambut Anda. Setiap hirupan asap rokok, akan menutup kesempatan kulit untuk berkembang dan mempercepat proses penuaan pada kulit.

Ketika kamu menghirup asap rokok, kamu mempertemukan lebih dari empat ribu bahan kimia ke dalam tubuh, salah satunya adalah radikal bebas yang dapat merusak kulit. Bahan kimia yang ada dalam rokok dapat merusak kolagen, kelenturan pada kulit, serta serat penting yang dapat memberikan kekuatan serta keelastisan kembali pada kulit. Pada saat kolagen dan elastin melemah, kulit akan mulai kendur dan mengerut. Ini disebabkan oleh kurangnya kolagen dan elastin yang mengakibatkan kerusakan permanen pada kulit.

Nikotin juga menyebabkan pembuluh darah di lapisan terluar kulit akan menyempit, nantinya akan merusak aliran darah ke kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, pucat atau bernoda. Garis-garis halus dan keriput akan mulai terlihat. Efek merokok juga dapat menyebabkan kehilangan pancaran kulit yang sehat. Garis-garis di sektar bibir yang kurang enak dipandang akan muncul akibat seringnya mengerutkan bibir secara berulang saat merokok.

Cara terbaik untuk memperbaiki dan membantu mencegah kerusakan berlanjut adalah dengan berhenti merokok. Selain banyaknya manfaat kesehatan dengan berhenti merokok, sirkulasi dan warna kulit Anda pun akan mulai terlihat membaik hanya beberapa minggu setelah berhenti merokok.

Efek Buruk Rokok pada Kesehatan Kulit

  • Penuaan dini

Rokok bisa membuat warna kulit lebih gelap atau kekuningan pada ujung jari dan kuku. Secara keseluruhan tampilan kulit menjadi lebih kusam dibanding sebelum Anda merokok. Sebab, zat-zat berbahaya di dalam rokok dapat memicu kerusakan serta menghambat pembentukan kolagen dan elastin. Kolagen dan elastin berperan penting dalam menjaga elastisitas kulit.

Tidak hanya perokok aktif yang dapat merasakan bahaya merokok ini, perokok pasif pun demikian. Lalu, bukan hanya bagian kulit muka, tapi kulit lengan bagian atas, ketiak, dan payudara dapat mengendur akibat rokok.

  • Kanker Kulit

Merokok telah lama dikaitkan dengan perkembangan kanker kulit. Tak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa perokok lebih mungkin memiliki bintik-bintik di kulit. Sebab, zat di dalam rokok dapat melemahkan dan menghilangkan nutrisi yang dibutuhkan kulit hingga muncul bintik-bintik tersebut.

  • Muncul lingkaran gelap pada area mata

Penelitian menunjukkan bahwa merokok dapat mengganggu kualitas tidur sehingga sulit membuat kamu  beristirahat dengan nyenyak. Hal inilah yang kemudian dapat memunculkan lingkaran gelap di bawah mata. Lalu, kandungan nikotin dari rokok juga dapat memperlambat peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk bagian bawah mata. Secara tak langsung, kondisi tersebut menambah risiko membuat lingkaran gelap di bawah mata.

  • Bibir menghitam

Paparan zat kimia berbahaya dan panas pada rokok dapat merusak sel-sel kulit pada bibir sehingga menyebabkan bibir menghitam. Tentunya ini mengganggu penampilan wajah.

Bagaimana Cara Mentasinya?

Untuk mengurangi kerusakan yang sudah terjadi, gunakan rangkaian skincare NOVI’S Dermatology. Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dapat membantu mempercepat pergantian sel pada permukaan kulit, memperbaiki kulit yang rusak dan mengganti kembali kelembaban yang telah hilang.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam Produk yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui www.storenovis.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Kenali Dermalinfusion Treatment untuk Perbaiki Kerusakan Kulit Akibat Paparan Sinar Matahari