Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

NOVI’S Dermatology Punya Cara Jitu Hilangkan Kantung Mata

Keriput sekitar mata, cekung di area sekitar mata, bayangan hitam seperti mata panda sekeliling mata, timbunan lemak di bawah mata menjadi masalah tersendiri dengan bertambahnya usia. Banyak yang tidak menyadari bahwa area mata perlu diperindah agar tidak nampak lelah dengan bertambahnya usia. NOVI’S Clinic Dermatology memfasilitasi solusi untuk mengembalikan semua masalah mata anda menjadi lebih muda dan cerah, dan semua tindakan ini dilakukan tanpa operasi termasuk membuat lipatan kelopak mata atas.

Kantung mata dengan rona gelap bisa menjadi masalah yang mempengaruhi rasa percaya diri. Selain kurang tidur, kantung mata yang gelap juga bisa muncul karena kurang minum air putih, kurang vitamin, anemia, serta gaya hidup yang buruk seperti merokok dan konsumsi alkohol berlebihan. Riasan yang baik pun tetap tidak bisa menyamarkan kantung mata sepenuhnya.

Kantung mata dan lingkaran hitam identik dengan wajah yang terlihat lesu, kusam, dan tidak sehat. Kantung mata sendiri adalah pembengkakan yang umumnya muncul seiring bertambahnya usia. Makin tua seseorang, jaringan di sekitar mata, termasuk otot-otot kelopak mata, menjadi makin lemah. Kondisi tersebut biasanya hanya masalah penampilan dan bukan merupakan tanda masalah kesehatan tertentu. Masalah kantung mata dan lingkaran hitam yang menyertainya bisa diatasi dengan berbagai perawatan yang tepat. Perawatan di rumah dengan bahan-bahan alami dapat mengurangi pembengkakan. Untuk menghilangkannya secara permanen, bisa dilakukan dengan operasi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, seiring dengan penuaan, struktur jaringan dan otot-otot yang menopang kelopak mata akan melemah. Kulit mulai kendur, dan lemak yang biasanya terbatas di daerah sekitar mata (orbit) berpindah ke bawah mata. 

Ditambah lagi, daerah bawah mata kamu bisa menampung cairan. Inilah sebabnya daerah bawah mata jadi terlihat puffy alias bengkak. Biasanya, kantung mata ini ditandai dengan bengkak ringan di bawah mata, kulit kendur dan keriput, serta lingkaran hitam atau mata panda.

Masalah ini dapat diperparah dengan beberapa faktor berikut ini:

  • Penumpukan cairan di sekitar mata (edema periorbital), terutama setelah bangun tidur dan sesudah makan makanan asin. Retensi cairan ini pun bisa dipengaruhi oleh cuaca dan perubahan hormon.
  • Kelelahan dan kurang tidur
  • Alergi dan dermatitis yang disertai bengkak, kemerahan, dan gatal
  • Konsumsi kafein dan merokok
  • Keturunan
  • Peningkatan melanin atau hiperpigmentasi pasca-inflamasi akibat alergi
  • Kerusakan pembuluh darah
  • Penurunan lemak di bawah mata karena masalah kulit
  • Stres dan paparan sinar matahari
  • Hidung tersumbat, anemia, bahkan kehamilan

Sementara itu, kantung mata yang menghitam di bawah mata bisa disebabkan oleh sirkulasi darah stagnan di daerah bawah mata. Kurangnya oksigen dan sirkulasi darah ke area mata yang buruk membuat pembuluh darah di bawah mata menjadi sangat menonjol. Akibatnya, bagian bawah mata yang menonjol tersebut berwarna lebih gelap dari warna kulit normal.

Bagaimana cara memperbaiki tampilan pada cekungan mata ?

FILLER MATA

Suntik filler merupakan tindakan kosmetik, dengan cara menyuntikkan cairan atau bahan tertentu ke bawah kulit. Beberapa cairan yang biasanya digunakan adalah asam hyaluronat, kolagen, calcium hydroxylapatite, lemak, dan lainnya.

Suntik filler di area sekitar mata biasanya ditujukan untuk mengatasi cekungan  dan kerutan di bagian tersebut. Ini karena kedua kondisi itu dapat menciptakan ‘bayangan’ di bawah mata, sehingga membuat bagian tersebut terlihat seperti memiliki lingkaran hitam.

Ternyata, satu lapisan kecil gel asam hialuronat yang diaplikasikan adalah yang  pasien butuhkan untuk mengangkat kulit halus dan menjauh dari pembuluh darah di bawah mata. Meskipun pasien akan terlihat sedikit merah dan memar selama satu atau dua hari, area mata  akan segera tampak lebih cerah dan cekungan menghilang. Setelah tidakan pasien bisa langsung bepergian dan melakukan aktivitas seperti biasanya.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Sahabat NOVI’S juga bisa menyaksikan beberapa treatment di youtube channel NOVI’S Dermatology

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Perawatan

Rahasia Tampil dengan Kulit yang Selalu Muda

Perawatan

Memahami Makna Kulit Sehat dan Ideal untuk Tetap Tampil Cantik

Perawatan

Melawan Tanda-tanda Penuaan Dini dengan Collagen Stimulator Treatment

Perawatan

Mengenal Elektocauter Treatment untuk Mengatasi Beberapa Masalah di Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.