Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Menghindari Kebiasaan Buruk Saat Merawat Kulit

Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah, terutama pada wanita. Namun kini perawatan kulit tidak hanya dilakukan oleh wanita kebanyakan, karena faktanya tidak sedikit  juga kaum adam yang tertarik untuk mecoba berbagai cara untuk merawat kulit dan tubuh. Biasanya mereka melakukan perawatan dengan cara menggunakan produk skincare, mengkonsumsi beberapa suplemen dan vitamin hingga melakukan treatment di clinic kecantikan. Namun terkadang mereka lupa  bahwa untuk mendapatkan hasil perawatan yang maksimal, perlu juga  menghindari kebiasaan-kebiasaan tertentu seperti :

  1. Memilih produk skincare yang salah

Penting bagi kita mengetahui terlebih dahulu tentang jenis kulit dan apa saja yang dibutuhkan oleh kulit kita. Karena akan banyak dampak buruk yang terjadi apabila salah memilih produk. Maka dari itu kenali jenis kulitmu, atau mengkonsultasikan langsung dengan dokter.

  • Tidak menggunakan tabir surya

Mulailah hari dengan menggunakan tabir surya saat di dalam maupun di luar ruangan, akan sangat memungkinkan kulit wajah mengalami penuaan dini lebih cepat karena paparan sinar UV. Jadi, bukan hanya karena bertambahnya usia, penuaan dini juga bisa disebabkan karena pemakaian tabir suryayang tidak rutin.

  • Malas membersihkan wajah sebelum tidur

Setelah melakukan aktivitas penuh seharian, seringkali timbul rasa malas untuk membersihkan wajah ketika hendak tidur. Hal ini kerap menjadikan kulit menjadi  timbul berbagai macam masalah.

Tidak membersihkan make up saat hendak tidur, tentunya kita tidak akan merasakan sensasi kesegaran kulit saat bangun tidur di pagi hari. Sebab,  sisa kotoran yang tidak di bersihkan akan menghambar kulit untuk bernafas. Hal ini menyebabkan minyak dan sel kulit mati  pada wajah menyumbat pori-pori, sehingga menjadikan timbulnya jerawat dan wajah yang terlihat kusam hingga terjadinya  penuaan dini.

  • Kurangnya Nutrisi pada tubuh

Kekurangan nutrisi sangat berakibat fatal bagi kesehatan, karena kekurangan nutrisi  akan menyebabkan tubuh tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Ketika tubuh tidak ternutrisi dengan baik, maka kulitpun akan berdampak kusam dan tidak sehat. Maka dari itu penting bagi kita memenuhi kebutuhan nutrisi dengan menkonsumsi makanan sehat dan seimbang, seperti mengonsumsi buah, sayur, sumber karbohidrat, lemak sehat, protein dan makanan lain yang  banyak mengandung  antioksidan.

  • Mengalami Stress

Dampak buruk dari penyebab kulit kusam dan penuaan dini yang bermunculan terkadang bukan hanya karena tubuh kita kekurangan nutrisi saja, namun adakalanya karena stress yang dialami. Apa yang ada di dalam pikiran juga berpengaruh besar pada  kesehatan kulit. Rasa stress yang dialami akan meningkatkan kortisol yang memengaruhi aliran darah ke kulit dan menghambat perbaikan kulit.

  • Tidak melakukan eksfoilasi wajah

Eksfoilasi wajah merupakan perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Dengan melakukan eksfoliasi wajah secara rutin, kulit akan terlihat lebih cerah, terhindar dari jerawat, dan meminimalkan munculnya kerutan halus di wajah.

  • Kurangnya waktu tidur

Tidak sedikit dari kita yang sebenarnya memiliki waktu tidur yang cukup namun seringkali memutuskan untuk begadang, entah itu karena insomnia ataupun melakukan hal-hal yang diluar aktivitas rutin seperti bermain game dan menonton film.

Tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur akan membuat wajah terlihat kusam. Hal ini terjadi karena saat kurang tidur sistem kekebalan tubuh akan melemah, kemudian menyebabkan peradangan kulit meningkat.

Perlu diketahui bahwa keseringan begadang tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan kulit, namun juga akan memicu beberapa penyakit seperti hipertensi dan jantung.

Itu tadi beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menjalani perawatan kulit, sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana tips menjaga kesehatan kulit dengan benar. Selepas dari beberapa hal yang perlu dihindari agar proses perawatan dapat menuai hasil yang  maksimal, baiknya kita dapat konsisten dalam tips-tips ini.

 Hasilnya dambaan kulit sehat dan terawat dapat terwujud sehingga menunjang penampilan lebih percaya diri serta mencegah Anda dari risiko terkena berbagai penyakit kulit.

Related posts
Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.