Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Kulit yang Sehat Juga Butuh Nutrisi

Kulit yang sehat tidak hanya berperan penting dalam penampilan saja, tapi juga sebagai penghalang antara lingkungan luar dengan organ dalam tubuh.

Untuk mendapatkan semua hal tersebut, salah satu cara yang tidak boleh dilewatkan yakni mencukupi kebutuhan nutrisi kulit remaja. Perawatan untuk kulit yang baik memang dimulai dari asupan nutrisi yang tepat.

Nyatanya, selain tubuh, kulit juga memerlukan “makanan” yang tepat agar dapat menjalankan fungsinya secara optimal. Jika tidak, akan timbul efek samping yang merugikan bagi jaringan dan struktur kulit, terlebih pada masa pertumbuhan remaja.

Kulit menjadi bagian terpenting dari tubuh karena menjadi pemisah lingkungan dalam tubuh dengan lingkungan luar. Selain menjadi salah satu pelindung tubuh yang pertama ini, kulit juga mengandung banyak syaraf peraba sehingga ia juga dikatakan sebagai indra peraba. Terlepas dari fungsi kulit yang sangat penting, ternyata warna kulit juga sangat bervariasi!

Kita dapat melihat secara langsung beragam warna kulit. Mulai dari berwarna terang, pirang, hitam, dan merah muda pada telapak kaki dan tangan bayi, bahkan warna hitam kecokelatan pada orang dewasa. Perbedaan ini secara besar ditentukan oleh pigmen melanin, baik dari jumlahnya, tipe, ukuran, dan bahkan distribusinya yang sangat menentukan variasi dari warna kulit ini

  1. Vitamin A

Sifat antioksidan yang dimiliki oleh vitamin A ini sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap elastis dalam waktu yang lama atau bisa juga dikatakan bahwa vitamin A ini dapat mengencangkan kulit! Selain itu, vitamin ini juga akan membuat kulit menjadi kebal dari beberapa penyakit kulit. Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin A ya! Tapi, tetap harus memperhatikan dosisnya agar tidak menjadi racun bagi tubuh.

  • Vitamin C

Vitamin C tidak hanya mampu menjaga sistem imun tubuh Kamu, melainkan juga merawat kesehatan kulit. Pasalnya, vitamin C berperan sebagai antioksidan yang bertugas memerangi radikal bebas pemicu kerusakan kulit.

Selain itu, salah satu alasan penting lainnya mengapa vitamin C diperlukan untuk nutrisi kulit remaja yaitu karena vitamin C mendorong produksi kolagen, yang berfungsi mengencangkan dan menjaga kekenyalan kulit.

Kamu bisa mengonsumsi buah jeruk, stroberi, tomat, kiwi, nanas, serta mangga, sebagai sumber vitamin C yang baik.

  • Vitamin E

Vitamin E termasuk antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit remaja dalam melawan radikal bebas. Bahkan, vitamin E diyakini mampu menjaga kulit agar tidak mudah kering sekaligus melindungi kulit dari sengatan sinar ultraviolet (UV).

Itu mengapa kandungan vitamin E banyak ditemukan di dalam produk-produk perawatan kulit. Namun, Kamu juga bisa memaksimalkan asupan vitamin E dari kacang-kacangan, bayam, alpukat, brokoli, tomat, serta mangga.

Selain dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin, Kamu juga bisa memenuhi nutrisi kulit untuk menjaga kesehatan sekaligus memberi perlindungan dari kuman dan bakteri, dengan memberikan produk skincare atau perawatan kulit yang tepat seperti skincare dari NOVI’S Dermatology.

Related posts
Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Apa itu Maksne? Bagaimana Maksne Bisa Terjadi?