Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Ketahui Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Kulit, Bisa Membuat Kulit Semakin Cerah

Pastinya kamu sudah tahu bahwa kegiatan olahraga mendatangkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, tahukah bahwa olahraga juga dapat membuat kulit kita sehat, karena kringat yang keluar dari tubuh saat berolahraga bisa menjaga kesehatan kulit. Faktanya, olahraga juga sangat berberan penting untuk kecantikan, karena dengan berolahraga otomatis kamu bisa melatih kesehatan jantung, melancarkan peredaran darah hingga menurunkan berat badan.

Selain memakai produk skincare dan melakukan perawatan kulit, olahraga juga menjadi faktor penting yang dapat membuat wajah mulus dan bercahaya. Dokter kulit menjelaskan, detak jantung yang meningkat saat olahraga akan memompa lebih banyak darah di pembuluh seluruh tubuh. Lancarnya aliran darah ini dapat meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi pada tubuh, termasuk kulit. Itulah alasan mengapa seusai berolahraga biasanya kulit akan terlihat sangat cerah dan merona.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat, bahkan awet muda. Salah satu alasannya adalah karena aktivitas fisik terbukti efektif dalam memperlambat penuaan sel, memperlancar peredaran darah, serta memperbaiki produksi hormon di dalam tubuh.

Brikut ini beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan kulit, diantaranya :

  • Memperlambat penuaan dini

Rajin berolahraga mampu memperlambat penuaan dini. Manfaat olahraga untuk kulit adalah mampu membentuk dan menguatkan otot yang berada di bawah kulit. Jika otot semakin kuat, maka akan nampak semakin kencang dan elastin. Beberapa tanda penuaan yang akan terjadi jika seseorang jarang berolahraga, seperti kulit yang kendur, muncul garis halus, keriput, dan tanda lainnya yang disebabkan karena produksi kolagen yang lama kelamaan berkurang seiring bertambahnya usia. Kolagen sendiri memiliki fungsi untuk menjaga elastisitas dan kekencangan pada kulit. Dengan konsisten melakukan olahraga secara rutin akan meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga bisa meminimalisir penuaan dini.

  • Melancarkan sirkulasi darah

Olahraga tidak hanya melatih otot dan ketahanan tubuh, tetapi juga dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Apabila sirkulasi darah lancar, otomatis suplai oksigen dan nutrisi ke kulit akan lancar juga. Sehingga kulit wajah menjadi lebih cerah.

  • Mencegah Jerawat

Darah maupun oksigen yang mengalir dengan efektif ke kulit dapat membantu mengeluarkan kotoran serta racun yang menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit. Perlu kamu tahu bahwa kotoran tersebut bisa memicu timbulnya jerawat. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat olahraga untuk kesehatan kulit kamu perlu melakukannya secara rutin. Tak hanya itu, jangan lupa untuk selalu mandi dan membersihkan wajah dengan saksama setelah berolahraga. Ini penting agar semua kotoran yang keluar bersama keringat benar-benar terangkat.

Stres juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat, karena membuat produksi minyak dan hormon kurang terkontrol dengan baik, sehingga memicu keluarnya jerawat di kulit. Nah, salah satu cara menghilangkan stres adalah dengan rutin melakukan olahraga. Hal ini bisa terjadi, karena olahraga memunculkan produksi hormon endorfin pada tubuh. Hormon ini akan membantu Anda merasa lebih tenang dan bahagia. Selain itu, membuat otak dan tubuh terasa lebih rileks. Tak hanya itu saja, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika olahraga bisa meningkatkan peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Kondisi ini membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan mampu  memperbaiki ketidakseimbangan hormon.

  • Membuat wajah lebih bersih

Alasannya, karena keringat bisa membuat kotoran dan racun yang terkunci di dalam pori-pori kulit keluar melalui keringat, sehingga membuat pori-pori cenderung lebih bersih.

Selain itu, perlu diingat juga kalau setelah selesai melakukan olahraga, suhu tubuh lama kelamaan pun akan mulai kembali normal. Maka dari itu, sebaiknya Anda cepat membersihkan kulit dari keringat dan mandi setelah berolahraga, untuk menghindari kotoran menempel di kulit.

Setiap orang mendapat paparan sinar matahari yang tidak disengaja yang dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kulit terbakar dan kerusakan kulit yang signifikan. Mengenakan tabir surya secara teratur dapat membantu mencegah hal tersebut. Sinar UV yang berbahaya menembus awan dan masuk ke kulit Anda jika tidak dilindungi.Dampak buruk tak memakai sunscreen ternyata juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Eksplorasi matahari menyebabkan perubahan kolagen pada lapisan dalam kulit karena radiasi sinar UV. Karenanya penting sekali untuk menggunakan suncare saat hendak berolahraga.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Sedikit Kering dan Sedikit Berminyak, Kenali Ciri-ciri Jenis Kulit Kombinasi dan Cara Merawatnya