Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Inilah Ciri Kulit Wajah yang Kering Akibat Kurang Nutrisi

Kondisi kulit wajah yang kering tak jarang membuat perasaan nggak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri. Apabila kondisi ini terus dibiarkan, kulit akan mengelupas, pecah-pecah, hingga membuat tampilan wajah menjadi kusam. Untuk itu, mari kita kulik penyebab kulit wajah kering terlebih dahulu, agar kondisi tersebut tidak berlarut-larut dan bisa diatasi dengan tepat, Sahabat NOVI’S.

1. Genetik

Ya, penyebab kulit wajah kering yang paling pertama adalah faktor genetik atau keturunan yang berasal dari keluarga. Jadi, bisa saja kamu memiliki kulit kering karena salah satu pihak orang tua kamu memiliki kulit yang kering, sehingga kamu memiliki genetik dan jenis kulit yang serupa. Supaya lebih jelas, kamu bisa tanyakan orang tuamu untuk hal ini, ya.

 2. Usia

Kulit kering cenderung menjadi masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang seiring bertambahnya usia. Kenapa? Karena, seiring usia kita bertambah, kulit akan menghasilkan lebih sedikit minyak yang dapat membuat kulit menjadi kering. Terlebih lagi, protein kolagen dalam tubuh yang berperan menjaga kelembapan dan kekenyalan pada kulit pun turut berkurang seiring bertambahnya usia.

 3. Suhu udara yang ekstrim

Penyebab kulit wajah kering selanjutnya, ialah perubahan suhu yang ekstrim, salah satunya suhu yang terlalu panas. Suhu panas dapat menurunkan tingkat kelembapan yang dimiliki kulit, sehingga dapat memicu kulit yang terasa kering dan gatal. Bahkan, suhu udara yang terlalu panas juga dapat menyebabkan ruam hingga kulit yang mengelupas pada beberapa kasus.

4. Terlalu Sering dan Keras Saat Mencuci Muka

Sahabat NOVI’S pasti sering mendengar kalimat bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, bukan? Hal ini juga berlaku untuk mencuci muka terlalu sering, lho. Membersihkan wajah dengan double cleansing tentunya merupakan hal yang wajib dilakukan, tapi tidak jika kamu melakukannya terlalu sering. Karena, bila dilakukan terlalu sering dapat mengurangi minyak alami yang dimiliki oleh wajah, sehingga kulit menjadi kering dan bahkan dehidrasi. Saat mencuci muka, pastikan kamu mengusap kulit dengan lembut supaya mengurangi friksi atau gesekan berlebih yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, ya.

5. Produk Skincare yang Tidak Sesuai

Umumnya, menggunakan produk skincare atau kosmetik yang tidak sesuai seringkali dikaitkan dengan masalah kulit seperti jerawat atau komedo. Namun, keliru menggunakan produk kecantikan dan perawatan juga dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering, lho. Banyak sebab mengapa kulit menjadi kering akibat menggunakan produk tertentu misalnya,ingredients yang tidak cocok, kandungan parfum dalam suatu produk, dan lainnya. Jadi, pastikan kamu memilih dan menggunakan produk skincare yang sesuai dengan kulit wajahmu, ya.

6. Kondisi Medis Tertentu

Masalah kulit seperti psoriasis atau eksim dapat membuat kulit lebih rentan menjadi kering. Biasanya, kulit kering akibat kondisi medis ini disertai dengan tekstur kasar seperti bersisik dan kemerahan. Selain itu, penyakit seperti, gangguan tiroid, ginjal, atau diabetes juga bisa menjadi pemicu kulit wajah kering. Sehingga, perlu adanya perawatan khusus dari ahli untuk membantu meringankan gejalanya dan mengurangi kondisi kulit kering.

7. Tidak Memakai Pelembap Wajah dan Sunscreen  

Produk pelembap merupakan salah satu basic skincare yang baiknya dilakukan oleh semua orang, bahkan bagi pemilik kulit berminyak sekalipun. Dengan menggunakan pelembap atau moisturizer dapat mengunci kelembapan pada kulit wajah sehingga tampak sehat, kenyal dan tentunya terhidrasi. Gunakan NOVI’S Hydration Gel Moisturizer dan NOVI’S Suncare.

8. Mandi Terlalu Lama dengan Air Panas

Mandi menggunakan air hangat memang dapat menenangkan pikiran dan tubuh, terutama jika kita menjalani hari yang cukup melelahkan. Tapi, pastikan kamu tidak mandi terlalu lama dan menggunakan air yang terlalu panas ya, Sahabat NOVI’S! Karena terlalu lama mandi atau berendam dengan air panas dapat menghilangkan minyak alami yang dimiliki oleh kulit, sehingga akan menyebabkan kulit menjadi kering. 

9. Eksfoliasi Berlebih

Mengangkat sel kulit mati atau eksfoliasi itu memang perlu dilakukan kok, Sahabat NOVI’S! Agar kulit tetap halus, lembut, dan cerah. Namun tidak jika kamu melakukannya secara berlebihan atau menggunakan eksfoliator yang kasar bagi kulit, ya. Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan NOVI’S FACIAL WASH andalan sehari-hari yang dapat berikan deep cleansing pada wajah dengan lembut. Varian ini, dilengkapi dengan Mineral White Clay dan 5x brightening power yang mampu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan wajah di saat yang sama.

Tidak hanya buruk bagi paru-paru dan tubuh, merokok juga berakibat pada kesehatan kulit kita, Sahabat NOVI’S. Faktanya, kandungan nikotin pada rokok yang mengandung banyak radikal bebas dapat merusak kolagen dan kelenturan pada kulit yang dapat menyebabkan kulit kering, kendur dan terlihat kusam.

Related posts
Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.