Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

Apa Penyebab Jerawat di Punggung? Ketahui Faktor dan Solusinya

Selain di wajah, jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya seperti leher, punggung, dan dada. Jerawat di punggung juga bisa mengganggu penampilan dan kenyamanan. Bahkan, jerawat punggung bisa terasa lebih menyakitkan dan menimbulkan masalah lebih serius dari pada jerawat di wajah. Ini dikarenakan terkadang seseorang tidak menyadari di punggungnya muncul jerawat sehingga tidak melakukan tindakan khusus untuk menghilangkannya.

Ada banyak faktor penyebab jerawat dapat muncul di badan. Namun, pemicu utama jerawat dimana pun lokasi pertumbuhannya adalah pori-pori kulit yang tersumbat, terutama di punggung, dada, dan leher. Sama seperti bagian tubuh lainnya, badan juga memiliki pori-pori dan mengandung kelenjar sebasea (minyak). Jika kelenjar sebasea  terlalu aktif, produksi minyak pun menjadi berlebihan. Akibatnya, folikel di dalam pori pun dapat tersumbat. Sementara itu, lapisan kulit badan juga akan terus menerus menghasilkan sel kulit  mati untukdigantikan dengan yang baru.

Jika minyak dan sel kulit mati terperangkap di dalam pori, peyumbatan pun terjadi dan menghasilkan komedo. Hasilnya, penyumbatan pori yang dibiarkan dan ditambah dengan keringat dan debu dapat memicu infeksi akibat bakteri penyebab jerawat. Ada banyak faktor penyebab jerawat dapat muncul di badan. Namun, pemicu utama jerawat dimana pun lokasi pertumbuhannya adalah pori-pori kulit yang tersumbat, terutama di punggung, dada, dan leher. Sama seperti bagian tubuh lainnya, badan juga memiliki pori-pori dan mengandung kelenjar sebasea (minyak). Jika kelenjar sebasea terlalu aktif, produksi minyak pun menjadi berlebihan. Akibatnya, folikel di dalam pori pun dapat tersumbat.

Sebelum mencari tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat punggung, ada baiknya Anda mengetahui dulu apa saja faktor yang menyebabkan munculnya jerawat punggung. Sebagian besar memang sama dengan penyebab timbulnya jerawat di wajah. Perlu diingat, penyebab munculnya jerawat di punggung tidak selalu sama antara satu orang dengan yang lain.

1.    Hormon

Umumnya, jerawat muncul saat produksi hormon tertentu mengalami peningkatan secara signifikan, seperti saat pubertas (usia 10–13 tahun), dan pada wanita saat menstruasi dan kehamilan. Selain itu, ketidakstabilan hormon pada penderita penyakit tertentu, misalnya ovarium polikistik, juga bisa memicu timbulnya jerawat. Pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak, kemunculan jerawat akibat ketidakstabilan hormon cenderung lebih banyak, termasuk di punggung.

Orang yang menjalani terapi hormon atau mengonsumsi suplemen yang mengandung hormon juga bisa menjadi lebih berjerawat. Ini karena produksi minyak kulit mereka bertambah sehingga memicu timbulnya jerawat di punggung, wajah, maupun dada.

2.    Genetik

Faktor genetik juga dapat menyebabkan seseorang lebih mudah berjerawat. Bila orang tua Anda memiliki jenis kulit berminyak, misalnya, Anda pun akan memiliki jenis kulit yang sama dan kemungkinan lebih mudah berjerawat, termasuk di punggung.

3.    Pakaian

Munculnya jerawat punggung terkadang bukan disebabkan fluktuasi hormon atau faktor genetik. Pemakaian pakaian yang ketat juga bisa menjadi penyebab jerawat di punggung.

Pakaian ketat membuat kulit sulit bernapas dan menyebabkan penyumbatan keringat. Bila keringat tersumbat, maka akan memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Pakaian ketat tidak hanya memicu pertumbuhan jerawat di punggung, tetapi juga akan memperparah jerawat punggung yang sudah muncul.

Pakaian tidak ketat yang basah oleh keringat juga bisa menyebabkan munculnya jerawat punggung. Misalnya, tidak langsung mengganti pakaian setelah berolahraga. Hal ini dapat memicu timbulnya jerawat di punggung. Penyakit yang basah oleh keringat juga bisa menyebabkan ruam kulit, infeksi jamur, dan daya tahan tubuh melemah.

4.    Tempat tidur kotor

Seprai, bantal, guling, serta kasur wajib dibersihkan secara rutin. Jika ini tidak dilakukan, tempat tidur Anda bisa menjadi kotor, lembap, dan berminyak sehingga disukai bakteri untuk tinggal dan berkembang biak. Menjaga kebersihan tempat tidur merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya masalah kulit, termasuk jerawat punggung. Cuci seprai, sarung bantal dan guling setiap seminggu sekali untuk menjaga kebersihan tempat tidur.

Bagaimana cara Mengobati Jerawat Punggung?

Meski sama-sama disebabkan penyumbatan oleh minyak dan sel kulit mati, pori-pori di punggung lebih besar daripada di wajah. Hal itu yang membuat pori di punggung lebih mudah tersumbat dan jerawat punggung lebih besar daripada jerawat wajah. Sementara untuk tubuh bagian punggung dan dada lebih banyak mengandung sebum (minyak kulit) dan bakteri penyebab jerawat daripada bagian tubuh lainnya. Menghilangkan jerawat di punggung akan lebih sulit daripada jerawat di wajah. Namun, bukan berarti tidak bisa. Berikut ini cara mengatasi jerawat di punggung yang bisa diikuti.

Chemical Peeling Punggung

Chemical peeling treatment dapat memperbaiki jerawat, bintik-bintik penuaan, perubahan warna, corak, garis-garis halus terutama area bawah mata dan sekitar mulut. Bintik-bintik yang ditangani seperti freckles, melasma, kerusakan akibat paparan sinar matahari dan masih banyak lagi.

Prosedur ini dapat  meningkatkan penampilan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati hingga lapisan terdalam yang membuat kulit baru lebih halus, cerah, kencang dan menghilangkan tanda-tanda penuaan. Tehnik kecantikan ini dapat dilakukan di area wajah dan leher.

Ragam manfaat yang bisa kamu dapat jika melakukan chemical peeling treatment diantaranya :

  • Meremajakan kulit
  • Merangsang pertumbuhan sel kulit dan produksi kolagen
  • Mengurangi tanda-tanda penuaan dini, garis halus dan kerutan
  • Menghilangkan keriput yang disebabkan oleh paparan sinar matahari
  • Mengobati kulit yang kusam
  • Mengatasi beberapa jenis jerawat yang membandel
  • Menghilangkan flek hitam
  • Menghilangkan bercak gelap/melasma
  • Mengatasi bekas luka ringan
  • Menyamarekan lingkaran hitam sekitar mata (mata panda)

Setelah melakukan treatment ini, kulit sementara akan bersifat sensitif terhadap matahari. Sebaiknya gunakan tabir surya setiap harinya guna memproteksi kondisi kulitmu. Chemical peeling sangat berguna bagi kamu memiliki yang kusam, warnanya tidak merata dan menginginkan kulit yang cerah.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Sahabat NOVI’S juga bisa menyaksikan beberapa treatment di youtube channel NOVI’S Dermatology

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Pelajari Lebih Jauh Terapi Botox untuk Kecantikan