Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Lifestyle

7 Vitamin untuk Kesehatan Kulit yang Harus Kamu Tahu

Tercukupinya kebutuhan vitamin dapat menjadi poin penting ketika  merawat wajah. Ya, ternyata ada sederet vitamin yang bagus untuk kulit wajah. Tak hanya menyehatkan kulit, vitamin ini juga akan membantu wajah Kamu tampak awet muda. Beberapa vitamin untuk wajah dapat ditemukan di dalam makanan ataupun dalam produk skincare.

Seringkali orang sibuk memilih produk perawatan kulit demi mendapatkan kulit sehat, namun kurang memerhatikan asupan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Mulai sekarang, biasakan diri Kamu menerapkan pola makan sehat serta memerhatikan kandungan vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan kulit Kamu.

  • Vitamin A

Bila ditanya manfaat vitamin A, kebanyakan orang akan langsung menjawab menjaga kesehatan mata. Namun, tahukah Kamu bahwa vitamin A juga termasuk jenis vitamin yang bagus untuk kulit wajah?

Manfaat utama vitamin ini terhadap kulit wajah Kamu adalah mengurangi tkamu penuaan dini, seperti kerutan dan garis halus. Selain itu, vitamin untuk wajah yang satu ini juga berperan dalam memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Kamu dapat mencukupi kebutuhan vitamin A melalui konsumsi sumber makanan yang tinggi akan vitamin A, misalnya wortel, ubi jalar, dan beberapa jenis sayuran hijau.

Vitamin ini juga terkandung di dalam produk perawatan kulit, misalnya krim wajah. Produk dengan kandungan vitamin A biasanya mencantumkan bahan-bahan, seperti retinoid, retin-A, dan renova di dalam kemasannya.

  • Vitamin B-kompleks

Vitamin B-kompleks ampuh mencegah penuaan dini. Bila kekurangan vitamin B-kompleks, Kamu lebih berisiko mengalami berbagai gangguan kulit seperti dermatitis, kulit berminyak, kulit kering, kulit keriput, ketombe dan bibir pecah-pecah. Penuhi asupan vitamin B-kompleks dengan mengonsumsi biji-bijian seperti oatmeal, gandum, kacang-kacangan, daging dan ikan.

  • Vitamin C

Salah satu vitamin yang bagus untuk wajah Kamu adalah vitamin C. Vitamin yang satu ini ditemukan dalam kadar tinggi pada lapisan kulit luar (epidermis), juga dalam lapisan kulit dalam (dermis). Antioksidan tinggi pada vitamin C menghasilkan produksi kolagen yang baik untuk wajah. Kolagen inilah yang dapat mengurangi tkamu penuaan dan membuat kulit wajah tampak lebih sehat. Oleh karenanya, vitamin C sering kali menjadi kandungan utama dalam produk anti-aging.

  • Vitamin D

Salah satu jenis vitamin D yang dapat diproduksi secara alami oleh tubuh manusia yaitu karsitol, memiliki kemampuan untuk mengurangi inflamasi dan iritasi pada penderita kelainan kulit psoriasis. Kamu bisa mendapatkan vitamin D dari ikan salmon, tuna, ikan cod serta produk makanan yang telah difortifikasi seperti jus jeruk, yogurt dan sereal.

  • Vitamin E

Seperti vitamin C, vitamin E termasuk salah satu vitamin yang bagus untuk kulit wajah. Vitamin ini juga merupakan antioksidan yang memiliki fungsi utama melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. Vitamin untuk wajah ini dapat menyerap sinar UV dari matahari ketika digunakan pada kulit. Oleh karena itu, Kamu dapat terhindar dari bercak hitam dan kerutan. 

Normalnya, tubuh memproduksi vitamin E melalui sebum, suatu substansi berminyak yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Dalam porsi yang wajar, sebum ini membantu kulit tetap lembap dan mencegah kekeringan. Namun, apabila kulit Kamu kering, vitamin untuk wajah ini dapat membantu Kamu yang kekurangan produksi sebum, sekaligus memulihkan kondisi kulit apabila ada peradangan. Kamu dapat memperoleh vitamin E dari berbagai sumber makanan, misalnya kacang dan biji-bijian, seperti almon, hazelnut, dan biji bunga matahari.

Selain mendapatkannya lewat konsumsi makanan, suplemen vitamin E maupun multivitamin juga dapat menjadi pilihan. Selain itu, obat oles yang mengandung vitamin E juga terbukti efektif.

  • Seng (Zinc)

Seng atau biasa disebut zinc dapat membantu mengatasi kulit berjerawat serta mengontrol produksi minyak. Selain itu seng juga diperlukan tubuh sebagai anti inflamasi dan perlindungan kulit dari sinar UV. Seng banyak terdapat pada makanan laut seperti tiram, kepiting, udang, jamur dan bayam.

Mulai sekarang, pastikan Kamu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang  bermanfaat bagi kesehatan kulit dan tubuh. Selain itu, pastikan juga Kamu minum air putih paling sedikit 1,5 liter setiap hari agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

  • Vitamin K

Vitamin K normalnya dapat membantu tubuh dalam proses pembekuan darah untuk menutup luka, memulihkan memar, dan juga menyembuhkan area tubuh yang telah dioperasi. Vitamin untuk wajah yang satu ini juga dapat membantu menyamarkan stretch mark, jaringan parut, noda hitam, serta lingkaran hitam di bawah mata, yang terdapat pada wajah. 

Meskipun penelitian membuktikan bahwa efektivitasnya masih terbatas ketimbang vitamin C dan E, vitamin K banyak terkandung dalam krim oles. Krim ini dipercaya dapat mempercepat pemulihan dengan mengurangi bengkak dan memar. Kamu dapat memperoleh vitamin untuk wajah ini melalui beberapa jenis makanan, seperti kale, bayam, selada, dan kubis.

Related posts
Lifestyle

Tips Menghindari kerusakan Kulit Akibat Terlalu Sering Terpapar Polusi

Lifestyle

Jerawat Akibat Jamur Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Lifestyle

Tips Sederhana Agar Kamu Punya Kulit Cerah dan Sehat

Lifestyle

Apa Itu Jenis Kulit Sensitif dan Bagaimana Ciri-cirinya?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
NOVI’S Dermatology Punya Cara Jitu Hilangkan Kantung Mata