Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Tips Perbaiki Garis Kerutan Pada Area Wajah

Pernahkah Kamu memperhatikan, saat Kamu tersenyum, ada garis-garis kerutan yang muncul di berbagai area wajah? Garis-garis ini disebut juga dengan garis senyum atau garis tawa. Seiring pertambahan usia, garis-garis yang muncul secara alami ini akan menjadi lebih dalam dan berubah jadi kerutan. Perawatan anti-aging yang tepat akan membuat Kamu leluasa tersenyum tanpa khawatir dengan kerutan yang tampak jelas.

Garis Horizontal dan Vertikal di Wajah

Jika Kamu memperhatikan berbagai garis yang muncul di wajah saat berekspresi, Kamu bisa menggolongkannya menjadi garis horizontal dan vertikal. Garis horizontal adalah garis mendatar yang muncul di dahi atau sekitar mata, biasanya muncul saat Kamu memicingkan mata dan berekspresi menggunakan otot di dahi. Garis-garis di dahi disebut forehead lines, sementara di ujung luar mata disebut dengan crow’s feet.

Garis vertikal muncul kemudian saat usia bertambah. Garis ini biasanya terbentuk di dahi antara kedua alis dan area sekitar mulut. Saat Kamu cemberut atau mengernyitkan dahi saat berpikir, muncul garis menyerupai angka 11 di antara alis, disebut juga dengan frown lines. Garis vertikal juga tampak di ujung luar mulut menurun ke arah dagu saat Kamu tersenyum, membuatnya disebut garis senyum atau sering juga disebut marionette lines. Garis vertikal lainnya juga terhubung dengan ekspresi otot-otot wajah di sekitar mulut, yaitu laugh lines dan lip lines.


Seiring waktu, garis-garis ini akan menjadi semakin dalam dan tampak lebih jelas sehingga mengganggu penampilan. Garis senyum misalnya,  garis vertikal ini justru bisa membuat Kamu terlihat lelah, sedih, dan tua. Padahal, bukan impresi ini yang Kamu ingin tampilkan saat tersenyum.


Cara Mengatasi Garis Senyum 

Faktor apa saja yang memicu terbentuknya garis saat Kamu tersenyum? Garis-garis vertikal ini muncul akibat gerakan tarikan menurun yang dipicu oleh gravitasi. Menurunnya produksi elastin dan kolagen di dalam lapisan kulit juga membuat kekenyalan dan elastisitas kulit menghilang secara perlahan. Selain itu, sesuai namanya, garis ini juga muncul akibat gerakan otot di area mulut yang Kamu lakukan saat berbicara, tertawa, dan tersenyum.


Mengingat “lawan” Kamu adalah waktu dan alam (gravitasi), mengatasi garis senyum memerlukan “perlengkapan tempur” yang tepat. Salah satu senjata utama Kamu untuk mengusir garis-garis vertikal ini adalah BOTOX Treatment.

BOTOX Treatment

Suntik botox merupakan prosedur tindakan medis dalam bidang drmatologi yang digunakan untuk pengobatan garis-garis kerut akibat ekspresi  wajah sepertiga, yaitu kerut daerah dahi, sekeliling mata, hiperhidrosis bagian ketiak, terkadang juga digunakan untuk platysma di leher, dan kerutan halus sekitar mulut.

Perawatan ini dilakukan dengan cara menyuntikkan protein yang dihasilkan oleh bakteri Clostridium Botulinum. Fungsinya menghambat sinyal saraf asetilkolin yang ada dalam otot wajah agar lebih rileks. Hasilnya, ketika otot wajah kamu rileks, maka kulit kamu akan lebih lembut dan mengencang. Inilah yang membuat kerutan di wajah hilang.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di

Sahabat NOVI’S juga bisa menyaksikan beberapa treatment di youtube channel NOVI’S Dermatology

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Perawatan

Rahasia Tampil dengan Kulit yang Selalu Muda

Perawatan

Memahami Makna Kulit Sehat dan Ideal untuk Tetap Tampil Cantik

Perawatan

Melawan Tanda-tanda Penuaan Dini dengan Collagen Stimulator Treatment

Perawatan

Mengenal Elektocauter Treatment untuk Mengatasi Beberapa Masalah di Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.