Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Kecantikan

Penyebab Flek Hitam Yang Bisa Diatasi dengan Glycolic Acid

Wajah yang tampak kusam salah satunya disebabkan noda hitam atau flek. Penyebab flek hitam ini adalah karena terjadinya hiperpigmentasi di kulit Anda.Tinggal di daerah dengan iklim tropis, menjadikan wajah lebih sering terpapar sinar matahari dan saat kulit tidak terlindung sunscreen, maka flek hitam berpotensi  untuk muncul.

Semakin awal Anda melakukan perawatan terhadap flek hitam di wajah, maka lebih mudah pudar. Namun sering kali flek hitam sudah terlanjur tampak nyata di wajah baru Anda menyadari keberadaannya. Untuk mengatasinya, Anda butuh perawatan kulit yang menggunakan bahan aktif untuk melindungi kulit dari penyebab flek hitam serta yang mampu memudarkan flek hitam serta menjadikan kulit cerah dan bercahaya, seperti glycolic acid

MengenalPenyebab Timbulnya Flek Hitam di Wajah

Ada banyak faktor pemicu kulit wajah mengalami hiperpigmentasi yang menjadi penyebab flek hitam. Penyebab yang paling utama adalah paparan sinar matahari langsung ke kulit yang tidak terlindung sunscreen. Ini bisa sangat buruk pengaruhnya terhadap kulit dan sering kali menjadi penyebab bintik hitam di wajah. Selain hiperpigmentasi, bahaya lain yang bisa terjadi adalah kulit yang mengalami penuaan dini atau bahkan kanker kulit.

Selain itu, faktor lain penyebab munculnya flek hitam di wajah adalah hiperpigmentasi pasca inflamasi atau biasa disebut dengan PIH (post-inflammatory hyperpigmentation). PIH adalah munculnya noda setelah kulit mengalami peradangan atau inflamasi seperti luka, jerawat, atau eksim. Pemicu timbulnya flek hitam lainnya adalah produksi hormon yang sedang tidak stabil. Ini bisa terjadi pada wanita hamil, seseorang yang sedang dalam terapi hormon atau sedang menggunakan produk kontrasepsi yang menekan produksi hormon. 

Hiperpigmentasi penyebab flek hitam di wajah juga bisa muncul karena faktor keturunan. Untuk kondisi ini, karena penyebabnya adalah masalah genetik, maka flek yang muncul cenderung lebih sulit untuk dihilangkan.

Perawatan untuk Menyamarkan Flek Hitam

Hal pertama yang harus dilakukan untuk melawan flek hitam adalah dengan memastikan Anda selalu menggunakan sunscreen pada pagi hari.  Walaupun berkegiatan di dalam ruangan sekali pun, tidak menutup kemungkinan terpapar sinar matahari dari jendela. Jadi menambahkan sunscreen di akhir rutinitas perawatan kulit pada pagi hari wajib hukumnya untuk menghindari terbentuknya flek hitam. 

Namun jika flek hitam sudah terlanjur muncul, beberapa alternatif perawatan wajah untuk memudarkan flek hitam ini bisa jadi pertimbangan Anda:

  • Perawatan menggunakan terapi laser

Terapi laser bisa sangat efektif dalam mengatasi penyebab flek hitam di wajah, bahkan yang paling sulit sekalipun. Dengan memanfaatkan gelombang cahaya, laser mampu menembus kulit, memanaskan zat-zat pigmen di flek hitam yang ditargetkan, dan menghancurkannya. Umumnya kulit yang mengalami hiperpigmentasi mengelupas dan rontok setelah perawatan. 

Perawatan ini bisa Anda dapatkan di salon kecantikan dengan tenaga ahli. Keuntungannya adalah pilihan ini relatif aman karena efek sampingnya yang cenderung sedikit. Namun Anda harus merogoh kantong cukup dalam untuk bisa mendapatkan perawatan ini.

  • Chemical peeling

Merupakan proses eksfoliasi sel kulit menggunakan bahan aktif tertentu berupa jenis asam khusus yang memang ditujukan untuk eksfoliasi kulit. Jenis asam yang bisa digunakan untuk chemical peeling dan mengatasi penyebab flek hitam adalah glycolic acid dan trichloroacetic acid.

Cara kerja zat asam ini adalah dengan meluruhkan sel kulit mati di permukaan kulit sehingga sel kulit baru dapat muncul ke permukaan. Perawatan ini bisa Anda dapatkan di klinik kecantikan dengan tenaga ahli. Saat ini tersedia juga skincare dengan kandungan bahan aktif yang bisa digunakan untuk peeling atau eksfoliasi di rumah. Pilihan terakhir ini menjadi alternatif yang sangat menguntungkan karena Anda tidak perlu datang ke salon kecantikan dan menghemat biaya perawatan.

Glycolic Acid, Asam yang Mengatasi Penyebab Flek Hitam

Setelah mengenal penyebab flek hitam dan solusi perawatannya, mungkin saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan chemical peeling atau eksfoliasi di rumah. Salah satu jenis asam yang paling banyak digunakan dalam produk perawatan kulit yang menyamarkan flek hitam serta mengatasi wajah kusa  m adalah glycolic acid

Glycolic acid atau asam glikolat merupakan bagian dari Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang bisa diperoleh secara alami dari buah, susu, atau gula. AHA bermanfaat untuk membantu meluruhkan sel-sel kulit mati, sehingga proses regenerasi kulit bisa terjadi lebih cepat dan optimal. Hasilnya, kulit akan tampak lebih sehat, segar, cerah, dan tekstur kulit tampak lebih baik.

Kelebihannya dibandingkan dengan produk asam untuk eksfoliasi lain adalah glycolic acid memiliki molekul paling kecil sehingga lebih mudah untuk menembus sampai ke lapisan kulit terdalam dan memberikan manfaat secara efektif. Glycolic acid juga memiliki banyak manfaat baik untuk kulit lainnya, yang perawatan anti-aging, mencegah munculnya jerawat, meratakan warna kulit, serta menghaluskan tekstur kulit dan menghidrasinya.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam Produk yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui www.store.novis.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Kecantikan

Menghidrasi dan Melembapkan Kulit yang Kering

Kecantikan

Ketahui Perawatan Kulit untuk Remaja Pemula

KecantikanKesehatan

Mitos Seputar Jerawat yang  Kamu Mesti Hindari

Kecantikan

Tips Mendapat Antioksidan untuk Kesehatan Kulit Wajah

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Keistimewaan Vitamin C dalam Produk Serum Skincare