Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Kecantikan

Pelajari Perawatan Scrub dan Peeling yang Ternyata Berbeda

Eksfoliasi adalah perawatan kulit wajah dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan permukaan kulit paling luar. Eksfoliasi bertujuan untuk membuka pori-pori wajah, menghilangkan semua kotoran, minyak berlebih pada pori-pori, mengangkat komedo dan jerawat sehingga kulit tetap bersih. Biasanya eksfoliasi wajah dilakukan sekali seminggu untuk membawa lapisan kulit yang lebih baru.

          Ada dua metode eksfoliasi yaitu scrubbing (menggosok) atau peeling (mengelupas). Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu mengelupas sel kulit mati, hanya cara kerjanya yang berbeda.

1. Scrubbing (Menggosok)


          Scrubbing biasa juga disebut physical exfoliation merupakan pengelupasan sel kulit mati menggunakan berbagai alat seperti spons, cleansing brush atau scrub yang berbentuk krim dengan manik-manik atau bubuk kristal kelas farmasi. Jenis pengelupasan ini mengangkat sel-sel kulit mati melalui abrasi dengan menggunakan partikel yang lebih keras dari wajah.

Secara definisi, eksfoliasi merupakan suatu proses pengangkatan sel kulit mati bagian terluar. Tujuannya untuk menjaga kebersihan kulit wajah agar tidak kusam. Jenis eksfoliasi sendiri ada dua macam, pertama adalah chemichal exfoliating, biasanya berbentuk toner. Sedangkan yang kedua adalah physical exfoliating seperti scrub, sikat ataupun sponge.

Eksfoliasi bermanfaat untuk mengangkat kotoran dan sisa makeup yang mengendap dalam pori-pori, membantu meratakan tekstur kulit agar lebih halus, dan tentunya membuat wajah lebih cerah. Nah, perawatan ini sangat cocok bagi kulit yang sudah mengalami penuaan untuk membantu mengoptimalkan regereasi sehingga membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Biasanya perawatan ini digunakan saat malam hari menggunakan kapas sebagai alat bantu untuk membersihkan wajah, dan pastikan wajah kamu bersih terlebih dahulu sebelum menggunakan ini. Dan kalian tidak perlu membilasnya lagi dengan air. 


          Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, pilihlah scrub/pembersih berbutir halus. Untuk melakukan scrubbing, kamu tinggal memakai alat langsung ke wajah, atau bila kamu memakai cream scrub, letakkan di telapak tangan dan pijay ke seluruh wajah. Cukup beberapa menit, sel-sel kulit mati akan luruh bersamaan setelah kamu membilas dengan air bersih. Tetapi jika kamu memiliki jerawat yang parah, jangan lakukan eksfoliasi secara berlebihan.

2. Peeling (Mengelupas)


          Peeling atau disebut juga chemical exfoliation paling baik digunakan sebagai alternatif untuk orang dengan kulit berjerawat. Biasanya peeling berbentuk gel atau krim yang dijadikan masker. Masker ini nantinya akan mengeras dan mengering sehingga saat masker dilepas, semua sel-sel kulit mati, komedo, kotoran kulit, dan rambut wajah yang tidak diinginkan akan terkelupas, terbuang bersama masker yang mengering.


          Jenis peeling ini akan menghidrasi kulit lebih banyak dibandingkan dengan masker biasa. Walaupun mungkin terdengar menakutkan, peeling sebenarnya adalah cara paling aman untuk mengelupas kulit wajah dengan lembut.

Peeling merupakan bentuk perawatan wajah untuk mengangkat sel kulit bagian terdalam dan mengganti dengan lapisan kulit baru. Fungsinya sendiri untuk memperbaiki penampilan, keindahan, menyamarkan pori-pori, dan membantu peresapan skincare secara sempurna.

Peeling ini memberikan efek pengelupasan pada kulit. Reaksi formula kimia yang terdapat dalam produk ini bekerja mengikis lapisan telur pada kulit wajah, lalu digantikan oleh sel-sel baru yang lebih sehat. 

Perawatan ini cukup kamu digunakan sekali seminggu pada malam hari dan pastikan wajah kamu sudah dibersihkan menggunakan sabun wajah terlebih dahulu. Penggunaan peeling tidak menggunakan kapas, melainkan langsung diteteskan pada wajah, lalu usap secara merata dan diamkan selama 10 menit lalu dibilas. 

Nah, sudah tahu kan perbedaan keduanya apa? Kira-kira kamu pilih yang mana?

Jangan lupa menggunakan NOVI’S AHA TONER setelah penggunaan exfoliating ataupun peeling, agar wajah kalian tidak kering dan dehidrasi.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam Produk yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui www.storenovis.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Kecantikan

Menghidrasi dan Melembapkan Kulit yang Kering

Kecantikan

Ketahui Perawatan Kulit untuk Remaja Pemula

KecantikanKesehatan

Mitos Seputar Jerawat yang  Kamu Mesti Hindari

Kecantikan

Tips Mendapat Antioksidan untuk Kesehatan Kulit Wajah

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Yuk, Kenalan dengan NOVI’S Serum Rejuvenation