Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Kesehatan

Perawatan Laser CO2 Vagina, Apa Manfaatnya ?

Perawatan vagina yang rapat menjadi salah satu yang dicari-cari setelah perempuan  melahirkan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satu laser vagina. Fungsi vagina pun amat beragam. Mulai dari bagian sistem reproduksi wanita dimana menjadi penghubung ke rahim hingga jalan lahir saat bersalin, memiliki fungsi dalam siklus menstruasi, juga menjadi organ seksual dalam berhubungan intim.

Vagina kendur memang bukan suatu penyakit. Namun, kondisi ini tidak sedikit Kamu yang merasa kurang percaya diri saat melakukan hubungan seks setelah melahirkan.Oleh karena itu, merawat vagina usai melahirkan diperlukan agar penyembuhan bisa maksimal. Ada pula cara yang lebih praktis melalui laser vagina.

Lantas, apa saja manfaat laser vagina?

Laser CO2 Vagina adalah tindakan non invasif menggunakan teknologi Laser Erbium Yag yang dilakukan di dalam dan luar organ keintiman wanita. Tujuannya untuk meremajakan dan mengembalikan kembali struktur optimal dari organ intim dan sekitarnya.

Selama prosesnya, dokter akan “menembakkan” laser penghasil panas ke jaringan sekitar vagina yang kemudian merangsang pembentukan kolagen baru.

Adanya kolagen baru ini akhirnya mengencangkan kembali vagina yang kendur. Setiap tembakan laser ke vagina biasanya tidak akan terasa sakit, hanya seperti getaran hangat. Proses terapi ini juga cukup singkat, hanya 15-30 menit.

1. Mengatasi Inkontinensia Urine

Inkontinensia urine adalah kondisi ketika seseorang sulit menahan buang air kecil, sehingga jadi mengompol tanpa disadari selama aktivitas yang mampu meningkatkan tekanan di perut seperti batuk, bersin, tertawa atau berolahraga.

Inkontinensia urine umumnya dialami oleh lansia, dan lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan pria. Kondisi ini disebabkan oleh hilangnya kekuatan di uretra karena struktur pendukung pelvis yang lemah.

Terapi laser vagina mengurangi gejala SUI dan secara efektif mengembalikan buang air kecil secara normal karena meningkatkan ketebalan dinding vagina dan memperkuat struktur pendukung pelvis.

2. Mengurangi Rasa Sakit karena Atrofi Vagina

Atrofi vagina adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keadaan peradangan, kering, dan penipisan dinding vagina.

Keadaan ini dapat menimbulkan masalah pada vagina atau saluran kemih. Istilah lain yang digunakan untuk menggambarkan keadaan ini adalah atrofi vulvovaginal, atrofi urogenital, vaginitis atrofi. Terapi laser vagina mampu mengurangi gejala atrofi vagina dan mengurangi rasa sakit saat berhubungan seksual.

3. Meningkatkan Kepuasaan Seksual

Kondisi vagina, otot perineum dan rektum setelah melahirkan tentu berubah dan tergantung pada proses kelahiran. Melahirkan bayi dengan berat lahir besar akan menimbulkan luka yang lebih buruk dan pemulihan yang lebih lama. Adapun jika melahirkan bayi dengan berat lahir kecil, lukanya lebih mudah disembuhkan karena perineum tetap utuh.

Kondisi ini membuat jaringan vagina bisa menjadi kendur, longgar, dan berkurangnya kepekaan di daerah vagina. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kepuasan selama berhubungan seksual. Terapi laser vagina bisa membentuk kembali jaringan kolagen baru pada dinding vagina, menambah sensivitas reseptor vagina, meningkatkan kemampuan kontraksi jaringan vagina yang ada, meningkatkan kekencangan vagina, dan meningkatkan kepuasan seksual.

Sebelum perawatan, Kamu diminta untuk melakukan pemeriksaan papsmear (prosedur untuk menguji kehadiran kanker serviks pada wanita) atau menunjukkan hasil papsmear satu tahun terakhir untuk memastikan tidak adanya infeksi dan tanda keganasan pada area kewanitaan.

Perawatan ini sebaiknya dilakukan diluar masa menstruasi. Setelah perawatan, kKamu juga dianjurkan untuk puasa berhubungan intim untuk tujuh sampai 14 hari kedepan. Perawatan ini dilakukan dalam 2 tahap. Pertama, laser akan ditembakkan dari dalam dinding vagina. Tahap kedua, laser ditembakkan pada bibir vagina dan area sekitarnya. Saat laser ditembakkan, pasien akan merasakan rasa hangat, namun tidak sampai menimbulkan rasa sakit yang membutuhkan masa pemulihan.

NOVI’S Clinic Dermatology menjadi rekomendasi klinik kecantikan terbaik untuk kamu yang ingin melakukan Tanam Benang dan  beberapa perawatan kecantikan lainnya. Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Kesehatan

Ketahui Beberapa Kesalahan Saat Merawat Kulit

Kesehatan

Definisi Kulit Sensitif dan 6 Ciri-Cirinya

KecantikanKesehatan

Mitos Seputar Jerawat yang  Kamu Mesti Hindari

Kesehatan

Kulit Berminyak Juga Kaya Akan Manfaat untuk Kesehatan Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Penyebab Jerawat Ternyata Berbeda Berdasarkan Letaknya