Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Kecantikan

Mendapatkan Kulit yang Lembab dan Sehat Sejak Usia Muda

Tidak hanya kulit yang berjerawat, kulit yang kusam dan tidak bercahaya pun bisa mengganggu penampilan. Perempuan kerap dihadapi dengan sejumlah masalah kulit. Selain jerawat, hal yang sering dikeluhkan adalah tampilan kulit wajah yang kusam. Sebenarnya, banyak sekali faktor yang bisa membuat kulit menjadi kusam. Selain akibat agresi lingkungan seperti polusi dan debu, sel kulit mati yang menumpuk, gaya hidup yang tak seimbang, paparan sinar matahari, dan juga kondisi kulit yang kering menjadi sejumlah penyebab kulit menjadi kusam.

Tapi, apakah hal ini tidak bisa diatasi? Tentunya kamu tak perlu putus asa, karena sejumlah cara bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kusam kembali cerah. Membuat kamu semakin percaya diri. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak langkah berikut ini.

Kelembapan udara kerap berubah sepanjang hari, seperti halnya kandungan kelembapan pada kulit Kamu yang tidak selalu konstan dari pagi hingga petang. Pagi hari adalah saat di mana kulit Kamu terasa paling kenyal dan kandungan kelembapannya secara bertahap akan terkuras seiring hari beranjak siang.

Beberapa alasan penurunan kelembapan merupakan
kombinasi dari hal-hal yang tertera di bawah ini:

  • Paparan terhadap lingkungan yang kering dan ber-AC
  • Stres fisik dan psikologis
  • Kerusakan oksidasi karena paparan UV

Karena kondisi ini hampir tidak bisa dihindari di kehidupan sehari-hari, perawatan pelembapan menjadi sangat  dalam mencegah kekeringan.

1. Malas Membersihkan Wajah

Penyebab utama mengapa kulitmu kusam adalah karena tumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih yang ada di wajah. Jadi, pastikan untuk selalu mencuci wajah dengan bersih dua kali sehari di pagi dan malam hari. Jika kulitmu cenderung berminyak, gunakan pembersih wajah yang mampu mengontrol minyak seperti NOVI’S FACIAL WASH SCRUB. Pembersih wajah ini mampu mengontrol minyak hingga 8 jam dan tidak menyumpat pori yang bisa memicu komedo.

2. Tidak Menggunakan NOVI’S Suncare

Perlindungan kulit kita, yang terdiri atas lapisan lipida, menjadi tameng permukaan kulit dan melindunginya dari alergen dan mikroba. Perlindungan sebum, yang membekali kulit dengan lipida sebasea, menjaga integritas fungsi perlindungan kulit ini. Namun, paparan sinar UV menyebabkan oksidasi dan menurunkan efektivitas fungsi perlindungannya.

Penyebab lain dari kulit kusam adalah karena kebiasaan tidak menggunakan suncare. Radiasi sinar UVA dan UVB yang terpapar pada kulit terus-menerus dapat membuat kulit jadi kusam dan tidak bercahaya. Jadi pastikan kamu selalu menggunakan sunscreen dengan SPF 30 (minimal) setiap pagi dan reapply setiap 3-4 jam sekali untuk perlindungan yang maksimal.  

3. Tidak Memilih Pelembap yang Tepat

Kebiasaan menggunakan pelembap yang tidak sesuai kebutuhan wajah juga akan membuat kulitmu jadi kusam. Ini terjadi karena kulit mendapat asupan yang tidak seharusnya, sehingga pelembap yang kamu gunakan susah terserap. Hal ini membuat kulit semakin berminyak atau kering, dan akhirnya membuat kulit jadi kusam dan tidak bercahaya.

4. Begadang

Tidur larut atau begadang juga menjadi penyebab kulit menjadi kusam. Ini terjadi karena kulit tidak memiliki waktu yang cukup untuk meregenerasi sel kulit. Untuk itu, usahakan agar kamu selalu tidur cukup selama 7-8 jam sehari di malam hari.

5. Kurang Mineral & Vitamin

Kulit yang sehat dan bercahaya adalah tKamu bahwa kulit memiliki cukup asupan nutrisi. Jadi pastikan kamu mengonsumsi cukup mineral dan vitamin agar kulitmu tidak kusam. Minum air putih minimal 2 liter per hari dan perbanyak konsumsi buah dan sayur.

Related posts
Kecantikan

Menghidrasi dan Melembapkan Kulit yang Kering

Kecantikan

Ketahui Perawatan Kulit untuk Remaja Pemula

KecantikanKesehatan

Mitos Seputar Jerawat yang  Kamu Mesti Hindari

Kecantikan

Tips Mendapat Antioksidan untuk Kesehatan Kulit Wajah

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Upaya Memperbaiki Kulit Kusam Akibat Sel Kulit Mati yang Menumpuk