Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Masalah Pigmentasi Wajah Kerap Mengganggu Penampilan

Selain tampilan kulit wajah yang kusam, berjerawat hingga jenis kulit yang berminyak, hal yang sering mengganggu penampilan adalah kehadiran bintik hitam atau hiperpigmentasi pada wajah. Paparan sinar UV menyebabkan tubuh tubuh kita meningkatkabn produksi pigmen, yaitu melanin, untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Pigmentasi inilah yang menyebabkan kulit menjadi gelap.

Terkena paparan sinar matahari yang terus menerus akan menyebabkan produksi melanin berlebih dan mengakibatkan penumpukan flek hitam di kulit yang terlihat jelas. Pada dasarnya, produksi melanin adalah mekanisme pertahanan alami tubuh untuk melawan efek kerusakan kulit akibat paparan sinar UV yang berlebihan. Pembentukan ini terjadi karena paparan sinar matahari dalam jangka panjang. Penyebab lain yang lazim dari flek hitam adalah penuaan. Seiring berjalannya waktu, metabolisme kulit kita berubah. Hal ini bisa berakibat pada ketidakseimbangan sistem yang menyebabkan peningkatan atau penurunan produksi melanin.

Apa sih Melanin? Bagaimana fungsinya?

Melanin diproduksi  oleh melanocytes sebagai cara untuk melindungi kulit  dari bahaya sinar matahari. Saat paparan inflamasi mengenai kulit, maka melanin akan langsung terstimulasi untuk menghasilkan hormon yang mengaktivasi enzim tyrosinase. Kemudian setelah enzim tersebut aktif, maka melanocytes akan memproduksi pigmen yang nantinya tersebar pada area tertentu pada wajah.

Berikut ini adalah jenis Pigmentasi berdasarkan warna kulit yang perlu kamu ketahui :

Eumelanin

Orang dengan warna kulit gelap akan memproduksi eumelanin, yang merupakan pigmen berwarna cokelat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar UV. Eumelanin akan berubah menjadi lebih gelap saat terpapar sinar matahari  sebagai caranya untuk melindungi kulit. Jenis melanin ini  juga akan lebih  mudah menghitam saat kulit mengalami luka atau inflamasi.

Pheomelanin

Pigmen di dalam kulit akan didominasi warna kuning hingga merah jika seseorang memiliki kulit yang terang. Pigmen warna ini tidak memiliki poteksi yang baik terhadap sinar UV. Hal inilah yang membuat kulit berwarna terang akan lebih rentan terhadap sunburn, dan kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Mencegah dan Mengobati Hiperpigmentasi

Instaglowing Peel Treatment juga cocok banget untuk kamu yang mempunyai masalah kulit wajah seperti kusam, warna kulit yang tak rata, flek, jerawat dan bekasnya, pori-pori besar, serta memperbaiki tekstur kulit wajah yang kasar. Untuk reaksinya, umumnya Instaglowing Peel Treatment akan memberikan sensasi gatal di wajah dalam waktu yang cukup singkat. Kulit wajah juga bisa saja menjadi sedikit kemerahan, dan terkadang dapat menimbulkan pengelupasan ringan setelah 2-3 hari setelah perawatan.

Selain itu, instaglow treatment sebaiknya dilakukan setiap satu bulan atau sesuai hasil konsultasi. Melakukan instaglow secara rutin dapat membuat kulit lebih sehat, tektur lebih lembut cerah dan juga awet muda.

Walaupun sering muncul, bukan berarti tidak bisa diatasi. Dengan perawatan dan penggunaan produk skincare yang tepat, semua orang bisa mendapatkan kulit sehat dan bersinar.

Manfaat Intstaglow Treatment

  • Membuat wajah Glowing
  • Mencerahkan warna kulit
  • Mengecilkan pori-pori
  • Menghaluskan tekstur kulit
  • Mengencangkan dan membuat kenyal kulit
  • Menyamarkan garis halus dan kerutan
  • Menutrisi dan menghidrasi
  • Membersihkan komedo

Instaglow Treatment tidak lagi asing di dunia kecantikan, perawatan ini akan jauh lebih aman dan efektif jika dilakukan oleh dokter yang memiliki sertifikasi dan praktik di klinik yang berlisensi seperti NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi. NOVI’S Clinic menganggap pasien adalah prioritas utama. Pasien bisa berkonsultasi dengan nyaman sebelum dan setelah tindakan melalui berbagai metode konsultasi, Semua layanan yang disediakan NOVI’S CLINIC bertujuan untuk memaksimalisasikan pelayanan kepada pasien.

Pada kelompok usia 17-20 tahun kulit cenderung masih rentan berjerawat dan komedo, hal ini membutuhkan perawatan yang bertujuan untuk mengurangi produksi minyak dan mengangkat penumpukan sel kulit mati. Karena itulah, Instaglow Peeling menjadi pilihat tepat untuk mengatasi masalah kulit ini.

Untuk kelompok usia di atas 25 tahun, persoalan yang umumnya dihadapi adalah tanda penuaan dini dan pigmentasi kulit. Jadi, perawatan yang tepat adalah tindakan laser dan yang fokus mengatasi persoalan pigmen melanin kulit dan merangsang produksi kolagen.

Untuk kamu yang bermasalah dengan kulit kusam dan warna kulit tidak merata, perawatan bisa berupa peeling, mikrodermabrasi, dan IPL, serta laser rejuvenasi. Sedangkan untuk mencegah penuaan dini, kamu bisa melakukan perawatan yang merangsang pembentukan kolagen, mulai dari chemical peeling, laser rejuvenasi, laser ablatif, radiofrekuensi, hifu, dan dermal filler.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Sahabat NOVI’S juga bisa menyaksikan beberapa treatment di youtube channel NOVI’S Dermatology

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Perawatan

Rahasia Tampil dengan Kulit yang Selalu Muda

Perawatan

Memahami Makna Kulit Sehat dan Ideal untuk Tetap Tampil Cantik

Perawatan

Melawan Tanda-tanda Penuaan Dini dengan Collagen Stimulator Treatment

Perawatan

Mengenal Elektocauter Treatment untuk Mengatasi Beberapa Masalah di Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Menyamarkan Garis Halus dan Flek Hitam dengan Laser Photorejuvenation