Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Kesehatan

Fungal Acne Berbeda dengan Jerawat Pada Umumnya

Fungal acne memiliki bentuk yang mirip dengan jerawat, sehingga banyak yang salah mengartikannya. Padahal benjolan kecil mirip jerawat ini disebabkan oleh infeksi jamur yang tidak bisa disamakan dengan jerawat.

Fungal acne memiliki nama ilmiah Pityrosporum folliculitis atau Malassezia folliculitis dan sering disebut juga dengan jerawat jamur. Akan tetapi, jerawat dan juga fungal acne disebabkan oleh dua hal yang berbeda. Fungal disebabkan oleh jamur yang bernama Malassezia yang dapat menempel pada kulit sehingga menimbulkan benjolan kecil berwarna merah seperti jerawat. 

Untuk dapat membedakannya dengan jerawat, Kamu bisa mengenali fungal acne dari ciri-cirinya. Berikut ini ciri-ciri fungal acne yang dapat Kamu kenali.

  • Jumlah. Ciri fungal acne atau jerawat jamur yang bisa Kamu kenali pertama yaitu jumlahnya. Apabila jerawat munculnya satu persatu, maka fungal acne akan muncul secara berkelompok secara berdekatan. Hal ini karena jamur yang menginfeksi berada di lokasi tertentu. 
  • Ukuran. Ciri fungal acne yang selanjutnya yaitu dari ukurannya. Fungal acne memiliki ukuran yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan jerawat biasa. Tidak hanya itu, fungal acne juga memiliki nanah di dalam benjolannya. 
  • Lokasi. Fungal selain berkelompok, fungal acne juga sering muncul pada beberapa bagian tertentu seperti, dahi, dagu dan hidung. Tidak hanya itu, fungal acne juga dapat muncul pada punggung, dada dan juga lengan. 
  • Gatal. Ciri-ciri yang dapat Kamu kenali yang terakhir yaitu rasa gatal. Rasa gatal akan muncul di area tubuh di mana fungal acne muncul

Kebanyakan orang menggunakan obat jerawat untuk mengatasi fungal acne, yang pada akhirnya fungal acne tidak dapat diatasi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa fungal acne dan jerawat merupakan hal yang berbeda, tentu cara mengatasinya berbeda juga.

  1. Mandi dengan rutin

Cara mengatasi fungal acne yang pertama yaitu mandi dengan rutin. Terutama bagi Kamu dengan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat, perlu mandi lebih sering. Hal ini karena, berkeringat dapat menciptakan lingkungan yang lembap dan hangat. Tempat tersebut merupakan lingkungan yang pas untuk pertumbuhan jamur yang lebih banyak. Oleh karena itu, mandi dengan rutin dapat menghilangkan pertumbuhan jamur yang berlebihan tersebut. 

  1. Menggunakan pakaian yang longgar

Cara mengatasi fungal acne yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan pakaian yang longgar. Apabila Kamu menggunakan pakaian yang ketat, maka akan menyebabkan aliran udara terbatas dan menimbulkan gesekan. Kondisi ini akan menyebabkan pertumbuhan jamur yang berlebih. Oleh karena itu, gunakanlah pakaian yang longgar dengan bahan yang dapat menyerap keringat agar sirkulasi udara tetap lancar. 

4.      Menggunakan obat anti jamur

Kamu Kamu juga bisa  berkonsultasi dengan dokter di NOVI’S Dermatology. Dokter mungkin akan menganalisis penyebab kemunculan fungal acne dan memberikan beberapa obat anti jamur serta beberapa tindakan treatment yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Dokter juga akan menyarankan malakukan perawatan kulit dengan rutin dan menjaga kebersihan kulit.

5.      Mengonsumsi makanan seimbang

Cara menghilangkan fungal acne yang terakhir yaitu dengan mengonsumsi makanan seimbang. Jamur Malassezia yang menyebabkan munculnya fungal acne dapat berkembang biak dengan baik karena mendapatkan asupan makanan yang mengandung banyak gula dan juga karbohidrat. Oleh karena itu, Kamu bisa mulai menjaga pola makan seimbang dengan mengonsumsi sayur, buah dan juga protein. 

Itulah beberapa informasi mengenai fungal acne dan juga cara mengatasinya. Semoga informasi ini dapat membantu Kamu dalam mengenali dan juga mengatasi fungal acne yang muncul. 

Related posts
Kesehatan

Ketahui Beberapa Kesalahan Saat Merawat Kulit

Kesehatan

Definisi Kulit Sensitif dan 6 Ciri-Cirinya

KecantikanKesehatan

Mitos Seputar Jerawat yang  Kamu Mesti Hindari

Kesehatan

Kulit Berminyak Juga Kaya Akan Manfaat untuk Kesehatan Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.