Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Kesehatan

4 Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Kulit

Kondisi kulit bisa berubah seiring berjalannya waktu. Beberapa perubahan yang mungkin terjadi pada kulit antara lain kulit berkerut, berjerawat, dan berminyak.

Wanita biasanya akan resah bila hal itu menimpa kulit wajah mereka. Untuk mengatasinya, ketahui terlebih dahulu beberapa faktor yang dapat memengaruhi kesehatan kulit.

Kulit merupakan organ terbesar pada tubuh manusia dengan lapisan terluarnya yang dinamakan epidermis. Epidermis adalah bagian  berperan penting dalam melindungi kulit dari faktor-faktor perusak di luar tubuh. Di balik epidermis terdapat lapisan dermis yang disebut juga sebagai lapisan tengah kulit.

Memiliki kulit sehat dan indah merupakan dambaan setiap orang, perlunya menjaga kesehatan kulit agar sehat terawat juga wajib di lakukan. Dengan bertambahnya usia dan kondisi lingkungan yang kurang bersih, kesehatan kulit pun menjadi terancam. Untuk itu penting melakukan perawatan dengan produk yang tepat untuk mencegah terjadinya kerusakan kulit.

Meski produk kecantikan menjadi salah satu cara dalam merawat kulit, namun ada berbagai langkah alami yang bisa Kamu terapkan sehari-hari. Tidak kalah penting, menghindari faktor-faktor penyebab terganggunya kesehatan kulit karena berbagai langkah perawatan tidak dapat bekerja dengan optimal tanpa ada perubahan kebiasaan. Berikut berbagai informasi dan tips untuk menjaga kesehatan kulit Kamu

Faktor yang memperngaruhi kesehatan kulit
Menjaga kesehatan kulit tidak cukup hanya dengan rutin membersihkan wajah atau menggunakan produk kecantikan. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, Kamu perlu menghindari faktor-faktor yang bisa memicu terjadinya kerusakan. Tanpa disadari, ada banyak kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan munculnya iritasi. Berikut 5 faktor yang menyebabkan terganggunya kesehatan kulit.
1.      Tidak mennggunakan suncare

Matahari yang mengandung sinar ultraviolet dan radikal bebas merupakan penyebab utama kerusakan kulit. Paparan sinar matahari yang berlebihan mengakibatkan terganggunya elastin yang bertugas membuat kulit kenyal dan mulus. Dampak lain yang ditimbulkan dari sinar UV adalah munculnya bintik hitam, keriput, dan kanker kulit.

Inilah mengapa menggunakan sunscreen sangat penting setiap harinya. Meskipun Kamu beraktivitas di dalam ruangan maupun saat sedang mendung sekalipun, pemakaian sunscreen tetap dianjurkan. Sinar matahari yang dapat menembus melalui kaca tetap bisa memberikan dampak buruk pada kulit.

2.      Memencet Jerawat
Melihat jerawat meradang pada wajah terkadang membuat tangan ingin terus memegang dan menekannya. Faktanya, kebiasaan tersebut dapat memperparah keadaan. Tangan yang tidak bersih bisa memicu jerawat semakin meradang, iritasi, hingga infeksi.
3.      Polusi Udara
Sering terpapar polusi atau bahan kimia juga menjadi faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit. Penuaan kulit, peradangan, dan alergi merupakan beberapa efek buruk yang ditimbulkan dari polusi. Bagi Kamu yang tinggal di daerah dengan polusi tinggi, gunakan produk perawatan kulit yang bersifat antioksidan sebagai penangkal radikal bebas.
4.      Penggunaan Smart Phone

Telepon genggam sudah menjadi barang yang tidak pernah lepas dari aktivitas sehari-hari. Smartphone yang sering diletakkan sembarangan atau dipegang oleh orang lain menjadi sarang kuman dan bakteri. Menggunakan perangkat yang kotor dan bersentuhan pada wajah membuat kulit menjadi iritasi. Pastikan Kamu sering membersihkan HP dengan lap antibakteri untuk membersihkannya sehingga aman saat terkena kulit.

Related posts
Kesehatan

Ketahui Beberapa Kesalahan Saat Merawat Kulit

Kesehatan

Definisi Kulit Sensitif dan 6 Ciri-Cirinya

KecantikanKesehatan

Mitos Seputar Jerawat yang  Kamu Mesti Hindari

Kesehatan

Kulit Berminyak Juga Kaya Akan Manfaat untuk Kesehatan Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Apa Itu Masalah Pigmentasi Kulit? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya