Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Skincare

Rekomendasi Suncare untuk Kulit Wajah yang Kusam

Pernahkah Anda bercermin dan melihat kulit wajah Anda tampak kering, dehidrasi, kotor, menggelap, serta tak lagi bercahaya? Saat disentuh, kulit wajah pun terasa kasar. Ini merupakan ciri-ciri dari kulit wajah yang kusam.

Kulit wajah kusam dengan jenis tipe normal bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah paparan sinar UV dari matahari. Menggunakan Suncare untuk kulit kusam bisa menjadi cara untuk melindungi sekaligus merawat kulit wajah Anda agar kembali lembap, lembut, serta tampak bercahaya.

Kondisi Kulit Wajah Kusam dan Penyebabnya

Saat kulit wajah kusam, secara keseluruhan wajah Anda akan tampak tidak sehat dan menua karena tidak ada kesegaran dan cahaya merona yang memancar dari wajah. Kondisi kulit wajah ini merupakan kebalikan dari kondisi wajah yang sehat dan ideal.


Ada beragam hal yang bisa menyebab kulit wajah kusam, bisa karena peran lingkungan dan perawatan kulit wajah yang kurang optimal. Berikut di antaranya:

  • Pertambahan usia

Saat usia bertambah, maka kulit wajah pun juga ikut menua. Umumnya, produksi minyak alami di kulit wajah akan berkurang sehingga kulit menjadi lebih kering. Produksi hyaluronic acid di dalam tubuh juga menurun, sehingga kulit lebih rentan mengalami dehidrasi. Selain itu, peredaran darah melambat, membuat rona segar di kulit wajah berkurang. 

  • Sel kulit mati yang menumpuk

Pertambahan usia juga membuat proses pergantian dan peluruhan sel-sel kulit secara alami melambat, sehingga terjadi penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Namun penumpukan sel-sel kulit mati ini bisa juga terjadi karena Anda jarang melakukan eksfoliasi.

  • Paparan sinar UV dari matahari

Radiasi sinar UV dari matahari dapat dengan cepat membuat kulit wajah menjadi kusam, dimulai dengan kulit yang tampak kering dan dehidrasi lalu meningkat menjadi kusam. Penggunaan Suncare untuk kulit kusam dapat membantu melindungi kulit wajah dari radiasi sinar UV sekaligus merawat kulit yang terlanjur kusam. 

  • Gaya hidup tidak sehat

Jika Anda merokok, kurang tidur, jarang berolahraga, pola makan yang buruk, stres, serta kurangnya asupan air putih, maka tak terhindari kulit wajah akan menjadi kusam karena kering, dehidrasi, aliran darah yang terhambat, serta kekurangan waktu untuk melakukan perbaikan sel-sel kulit yang seharusnya berlangsung saat tidur.

  • Polusi udara

Berbagai polusi udara dapat membuat kulit wajah menjadi cepat kotor dan menggelap. Ditambah lagi, partikel polusi yang berhasil masuk ke jaringan kulit membuat terbentuknya radikal bebas yang merusak jaringan kulit, termasuk lapisan skin barrier. Efeknya, kulit jadi tampak kusam.

Tips Memilih Suncare untuk Kulit Wajah Kusam dengan Tipe Normal

  • Pilih Suncare dengan spektrum luas. Suncare dengan spektrum luas dapat melindungi kulit wajah Anda dari sinar UVA dan UVB dari matahari yang radiasinya memberi efek buruk bagi kulit wajah. Suncare dengan spektrum luas ditandai dengan SPF dan PA. Untuk iklim tropis Indonesia, disarankan memilih Suncare dengan minimal SPF 30 dan PA+++. 
  • Pilih Suncare yang memiliki kandungan bahan aktif yang mencerahkan. Dengan demikian, Suncare untuk kulit kusam ini dapat memberi Anda manfaat ganda, yaitu melindungi kulit wajah dari sinar UV dan merawat kulit wajah. Anda bisa pilih bahan aktif niacinamide, yang telah terbukti dapat membantu mencerahkan kulit wajah, mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, melembapkan kulit, dan memperbaiki skin barrier yang rusak.   
  • Pilih Suncare yang juga melindungi dari partikel polusi. Polusi udara tidak hanya membuat kulit wajah menjadi kotor, tapi juga mengalami penuaan. Hal ini disebabkan oleh partikel polusi yang di sebut PM 2,5 yang memiliki ukuran lebih kecil dari pori-pori sehingga dapat masuk lewat pori-pori ke dalam jaringan kulit. Radikal bebas di partikel polusi ini kemudian merusak serat kolagen dan serat elastin, sehingga kulit pun mengalami penuaan.  

Pilih Suncare yang Tidak Membuat Wajah Kusam dari NOVI’S

Diperkaya dengan kandungan aloevera mumbantu melembabkan dan melembutkan kulit wajah, serta kandungan UV yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Dibuat dengan formula yang ringan, tidak terasa tebal serta mampu menyamarkan noda-noda hitam agar kulit tampak lebih merata dan terlihat lebih bercahaya.

Pemakaian suncare kerap sering sekali terlewati oleh beberapa orang. Padahal menggunakan suncare sebelum beraktivitas juga penting agar kulit  tetap sehat, lembab dan cerah alami. Jika melewatkan pengaplikasian suncare, sinar UV dapat memberikan dampak buruk bagi kulitmu. Diantaranya adalah kulit kering, munculnya sunspot, kulit terbakar, penuaan dini, hingga risiko terkena kanker kulit yang meningkat. Sebaiknya kamu jangan pernah melewatkan rutinitas ini agar kesehatan kulitmu terjaga.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Skincare

Keistimewaan Aloevera Sebagai Bahan Utama NOVI’S Hydration Gel Moisturizer

Gaya HidupSkincare

Sinar UV Akan  Merusak Komponen Utama Kulit Kamu

Skincare

Deretan Masalah Kulit yang Sering Dialami ole Remaja

Skincare

Kapan Sebaiknya Mengaplikasikan Pelembab untuk Wajah?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Kenali Ciri-Ciri Purging Pada Wajah Agar Kamu Menemukan Solusinya