Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Mengapa Area Ketiak Menghitam? Temukan Penyebab dan Solusinya di NOVI’S

Ketiak hitam atau yang dimaksud dengan warna ketiak yang lebih gelap dari area warna anggota tubuh yang lainnyamerupakan masalah klasik yang masih terus dialami oleh kaum wanita.  Mengembalikan warna ketiak hitam ke warna kulit alami dianggap susah-susah gampang, terutama jika kamu tidak konsisten saat melakukannya. Padahal, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan supaya warna ketiak jadi lebih cerah dan rata dengan warna kulit pada bagian tubuh lainnya.

Banyak orang ingin punya warna kulit yang cerah, tak terkecuali di bagian ketiak. Tak dimungkiri, kulit ketiak hitam tentu dapat mengurangi rasa percaya diri, khususnya bila Anda ingin tampil mengenakan baju tak berlengan.

Ada beberapa penyebab kulit ketiak hitam, mulai dari kebiasaan yang mungkin sering Anda lakukan hingga faktor kesehatan yang lain. Apa saja sebenarnya penyebab ketiak hitam? Berikut adalah beberapa penyebab ketiak hitam yang perlu Anda tahu.

Sebelum berusaha menghilangkan ketiak yang menghitam, sebaiknya kamu mengenali beberapa penyebabnya terlebih dahulu. Sehingga kamu dapat mengatasinya dengan cara yang tepat untuk memperoleh hasil maksimal.

  1. Mencukur Ketiak dengan Cara yang Keliru

Aktivitas mencukur bulu ketiak yang dilakukan sembarangan ternyata dapat membuat warna kulit ketiak menghitam. Itulah sebabnya kamu harus menyiapkan proses mencukur dengan tepat supaya hasilnya tidak membuat ketiak semakin gelap. Gunakan pisau cukur yang bersih dan tajam. Kamu juga bisa menggunakan gel atau foam untuk memperlancar proses bercukur. Kemudian, cukurlah bulu ketiak mengikuti arah tumbuhnya. Bila sudah selesai, jangan lupa mengoleskan produk pelembap khusus supaya kulit ketiak tetap sehat dan tidak mengalami iritasi. Jangan sampai iritasi yang dibiarkan begitu saja malah membuat kulit ketiakmu makin gelap.

2.      Penggunaan Deodoran atau Antiperspirant

Deodoran maupun antiperspirant kerap digunakan untuk mencegah bau ketiak tak sedap. Pada beberapa jenis produk, terdapat kandungan yang dapat mengiritasi kulit sehingga menyebabkan ketiak jadi hitam.

Selain itu, bekas deodoran yang kurang bersih juga dapat memicu terjadinya kulit ketiak hitam.

3.      Acanthosis Nigricans

Acanthosis nigricans merupakan kondisi perubahan warna kulit yang menjadi lebih gelap, khususnya di daerah lipatan. Daerah yang biasanya lebih gelap adalah ketiak, selangkangan, dan leher.

Selain menjadi lebih gelap, kulit di daerah tersebut umumnya menjadi lebih tebal. Ada banyak faktor yang memengaruhi terjadinya acanthosis nigricans. Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor riwayat keluarga, obesitas, dan masalah metabolik lainnya seperti diabetes.

4.      Jarang atau Tidak Pernah Melakukan Eksfoliasi Kulit Ketiak

Proses eksfoliasi sangat penting untuk mengembalikan warnaketiak hitamke warna alami tubuh. Tumpukan sel-sel kulit mati pada permukaan ketiak memang bisa membuat ketiak tampak hitam. Itulah sebabnya kamu mesti rutin melakukan eksfoliasi setiap satu hingga dua minggu sekali. Ada berbagai bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk eksfoliasi, misalnya campuran gula pasir dan madu, bubuk kopi, oatmeal, dan baking soda. Lakukan eksfoliasi secara teratur mulai sekarang dan rasakan khasiatnya pada kulit ketiakmu.

5.      Sering Menggunakan Pakaian Ketat

Tak banyak orang yang menyadari kalau kebiasaan menggunakan pakaian ketat dapat memperparah risiko ketiak yang menghitam. Pakaian ketat membuat kulit lebih rentan bergesekan sehingga warnanya jadi makin gelap. Untuk menghilangkan ketiak dengan noda hitam, sebaiknya kamu mengurangi kebiasaan memakai pakaian ketat. Pakaian yang ukurannya lebih longgar akan membuat sirkulasi udara pada kulit jadi lebih lancar dan kamu pun terhindar dari risiko ketiak yang  menghitam.

6.      Infeksi Bakteri pada Kulit

Bakteri Corynebacterium minutissimum juga dapat menjadi penyebab noda ketiak hitam. Bakteri tersebut gampang berkembang biak pada kondisi lingkungan yang lembap. Tubuh yang berkeringat secara berlebihan dan jarang dibersihkan dapat menjadi habitat yang tepat bagi Corynebacterium minutissimum. Kamu harus rajin membersihkan tubuh agar terhindar dari kontaminasi bakteri tersebut.

Rekomendasi Perawatan untuk Mencerahkan Ketiak

Chemical Peeling

Metode chemical peeling dilakukan dengan cara mengaplikasikan larutan kimia pada kulit, sehingga nantinya akan menyebabkan pengelupasan kulit. Kulit baru yang diregenerasi biasanya lebih halus, kulit baru ini biasanya akan lebih senditif terhadap sinar matahari.

Jenis perawatan kulit yang biasa kita dengar adalah facial, namun perawatan chemical peeling juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Terutama untuk kamu yang mempunyai masalah kulit seperti gelap pada bagian ketiak yang membuat kamu kurang percaya diri.

Prosedur chemical peeling treatment ini aman digunakan. Dapat dilakukan pada semua jenis kulit. Selain itu tekniknya terbilang berteknologi rendah karena tidak mengintimidasi bila dibandingan laser. Treatment ini mengatasi masalah perubahan warna kulit , tekstur dan kerutan.

Jetpeel Treatment

proses regenerasi sel kulit agar lebih optimal. Jet peel facial juga dapat digunakan untuk perawatan menghilangkan noda bekas jerawat, mengatasi kulit kusam, serta menyamarkan flek hitam yang tampak dipermukaan kulit. Dengan rutin melakukan perawatan ini, kulit kietiak akan jauh lebih sehat, bersih, cerah. Selain itu, berkat optimalnya serum yang masuk ke dalam kulit, kamu juga bisa mendapatkan kulit yang terhidrasi dengan baik.

Karena perawatan ini berfokus pada pengembalian hidrasi kulit melalui penggunaan aliran serum yang kuat, yang dikeluarkan dari mesin bertekanan tinggi. Sehingga, kulitmu seperti disuntikkan serum yang mengeksfoliasi kulit dan kemudian serum yang menghindrasi. Jadi, meskipun namanya jet peeling, kulitmu tidak akan mengelupas. Prosedur ini juga mengandung hyaluronic acid, yang kerap digunakan untuk merawat kulit kering. Hyaluronic acid inilah yang dapat menghidrasi kulitmu.

Photorejuve

Rejuvenation merupakan teknik perawatan kecantikan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan seperti garis halus, keriput pada wajah hingga flek hitam pada kulit. Selain itu prosedur ini juga kerap dilakukan untuk perawatan kulit ketiak. Dengan melakukan prosedur ini kulit akan menjadi halus, kencang, dan kenyal. Laser ini mampu merangsang kolagen dan keelastisan kulit.

Perawatan adalah PhotoRejuvenation merupakan layanan peremajaan kulit dari NOVIS Dermatology yang menggunakan teknologi laser paling mutakhir saat ini. Laser ini merupakan laser non-ablatif dengan teknologi Laser Q-Switched Nd: YAG. Teknologi ini mampu menembus ke lapisan kulit dengan kecepatan tinggi untuk membantu mengatasi pigmentasi seperti melasma, freckles, dan lentigo.

Rejuvenation bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Jenis prosedur ini bisa dilakukan dengan laser, perawatan ringan hingga peeling (pengelupasan ringan pada kulit) hingga teknik penyuntikan.

Laser photorejuvenation memilik kelebihannya sendiri yaitu, spesifik hanya ke lapisan yang kita tuju. Sinarnya kan menembak langsung ke lapisan kulit yang bermasalah tanpa membuat bagian kulit lain terganggu.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id Sahabat NOVI’S juga bisa menyaksikan beberapa treatment di youtube channel NOVI’S Dermatology

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

 

Related posts
Perawatan

Mengatasi Hiperpigmentasi untuk Dapatkan Kulit Lebih Muda

Perawatan

Kapan Waktu Harus Melakukan Rutin Facial ?

Perawatan

Memperbaiki Masalah Flek Hitam yang Membuat Kulit Terlihat Lebih Tua

Perawatan

Mengenal Tarik Benang Sebagai Solusi Kulit Wajah yang Kendur

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Kini Tidak Perlu Khawatir dengan Masalah Warna Kulit yang Belang