Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Bagaimana Selulit Bisa Terjadi dan Cara Mengatasinya

Selulit adalah kondisi permukaan kulit yang jadi bergelombang dan tidak rata. Kondisi ini biasanya menyerang bagian kulit yang memiliki timbunan lemak berlebih seperti paha, pinggul, pantat, dan perut.

Selulit sering kali disamakan dengan stretch mark. Padahal keduanya sangat berbeda. Stretch mark merupakan kondisi yang ditandai dengan munculnya guratan, kerutan, atau garis berwarna putih kemerahan, yang berbeda dengan warna kulit.

Meski tidak berbahaya, selulit bisa membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Terutama saat menggunakan celana pendek yang biasanya mengekspos selulit di bagian paha.

Kondisi ini bisa terjadi pada pria maupun wanita. Namun biasanya memang lebih sering terjadi pada wanita. Ini karena adanya perbedaan distribusi lemak, otot, dan jaringan ikat.

Dilansir dari penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Dermatology, sekitar 80 – 90 persen wanita pernah mengalami kondisi satu ini selama hidupnya.

Gejala Selulit

 Selulit biasanya ditandai dengan tampilan kulit yang berlesung atau bergelombang. Terkadang, kondisi ini sering kali dianggap mirip dengan keju cottage atau tekstur kulit jeruk.

Lekukannya ini terkadang cenderung kecil-kecil dan tersebar luas. Namun, ada juga lekukan yang lebih besar dan biasanya ditemukan di bokong atau belakang paha.

Selulit terkadang hanya bisa dilihat jika Anda mencubit kulit di area dengan tumpukan lemak yang banyak. Namun, selulit juga kerap kali dengan mudah terlihat tanpa perlu mencubitnya jika sudah parah.

Kondisi ini biasanya paling sering muncul dan terlihat di sekitar paha, pantat, dan pinggul. Namun, tampilan kulit ini juga bisa ditemukan pada payudara, perut bagian bawah, dan lengan atas.

Beberapa gejala atau tanda lainnya mungkin tidak tercantum di atas. Jika Anda merasa cemas tentang gejala tersebut, segera konsultasikan ke dokter.

Collagen Stimulator Treatment

Manfaat kolagen mungkin lebih populer sebagai kandungan produk perawatan kulit. Padahal sebenarnya kolagen masih punya banyak manfaat lain yang tidak kalah penting untuk kesehatan, seperti meredakan nyeri sendi dan mendukung kesehatan jantung. Agar  kesehatan kulit dan tibuh tetap terjaga, kamu bisa mendapatkannya melalui perawatan khusus Collagen Stimulator yang hanya ada di NOVI’S Dermatology. Prosedur Collagen Stimulator Treatment ini, diformulasikan khusus untuk orang-orang yang ingin melakukan perawatan Anti Aging dengan cara menghindari (takut) terapi lain seperti treadlift.

Prosedur terbaru dari NOVI’S ini, menjadi kian populer karena beberapa keunggulannya dalam meremajakan kulit. Selain tindakan non invasif, cara kerja Collagen Stimulator  Treatment ini juga sangat unik yaitu dengan menyuntikan kolagen serta Hyaluronic Acid  ke 5 titik tendon. Bukan hanya itu, terapi ini juga disempurnakan dengan prosedur tambahan berupa obat yang manfaatnya disebar ke seluruh tubuh.

Apa Manfaat Kolagen?

1. Mengencangkan kulit dan mencegah penuaan

Tidak salah memang mengaitkan manfaat kolagen dengan kesehatan kulit. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa kolagen memiliki manfaat dalam membantu mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, sekaligus mengurangi kulit kering dan keriput. Kolagen juga berperan penting dalam proses penyembuhan luka.

Seiring bertambahnya usia, disarankan agar selalu menambah asupan makanan yang mengandung kolagen, seperti daging, ikan, sayuran hijau, susu dan telur. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen kolagen sesuai anjuran dokter. Anda juga bisa mendapatkan perawatan kecantikan tertentu, seperti suntikan kolagen atau tanam benang, guna menambah jumlah kolagen di wajah.

2. Mengurangi selulit

Selulit merupakan istilah yang menggambarkan kondisi kulit bergelombang dengan lesung-lesung kecil seperti kulit jeruk yang biasanya muncul di bagian perut, pinggul, paha, dan bokong. Kondisi ini sering kali dialami oleh wanita ketimbang laki-laki.

Pada sebuah penelitian, ditemukan bahwa konsumsi suplemen yang mengandung kolagen dapat membantu mengurangi selulit. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

3. Meningkatkan massa otot

Selain dikenal berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, manfaat kolagen juga menjadi komponen utama dalam perkembangan jaringan otot. Menambah asupan kolagen akan bermanfaat dalam menjaga dan meningkatkan massa otot.

Hasil sebuah penelitian menunjukkan suplemen kolagen dapat meningkatkan kekuatan otot bagi pasien sarcopenia atau kondisi hilangnya massa otot karena proses penuaan, yang umum terjadi pada lanjut usia.

4. Meredakan nyeri sendi

Ketika jumlah kolagen dalam tubuh Anda berkurang seiring bertambahnya usia, maka risiko osteoarthritis akan meningkat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang menambah asupan kolagen dapat mengurangi gejala osteoarthritis dan mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan.

Penelitian lain menyatakan bahwa menambah asupan kolagen melalui tablet suplemen dapat membantu meringankan kondisi osteoarthritis, meskipun hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

5. Mendukung kesehatan jantung

Kolagen memiliki peran besar pada kesehatan pembuluh darah Anda. Tanpa kolagen yang cukup, maka pembuluh darah bisa menjadi kaku, lemah, atau rapuh. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya aterosklerosis yang menjadi penyebab serangan jantung dan stroke. Selain beberapa manfaat kolagen di atas, masih ada beragam manfaat lain dari kolagen, seperti dapat meningkatkan kekuatan kuku, merangsang pertumbuhan rambut, serta mendukung kesehatan usus.

Related posts
Perawatan

Mengatasi Hiperpigmentasi untuk Dapatkan Kulit Lebih Muda

Perawatan

Kapan Waktu Harus Melakukan Rutin Facial ?

Perawatan

Memperbaiki Masalah Flek Hitam yang Membuat Kulit Terlihat Lebih Tua

Perawatan

Mengenal Tarik Benang Sebagai Solusi Kulit Wajah yang Kendur

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.