Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Kecantikan

Masalah Umum yang Terjadi Pada Kulit Wajah Remaja

Perubahan pada remaja terjadi akibat meningkatnya produksi hormon dan aktivitas berbagai kelenjar dalam tubuhnya.  Produksi ini berpengaruh pada kulit dan pertumbuhan rambut. Produksi hormon androgen yang berlebihan berpengaruh pada aktivitas kelenjar minyak sehingga produksi sebum meningkat. Kulit remaja tampak lebih berminyak dan cenderung timbul jerawat. Produksi keringat pun bertambah, dan dapat menyebabkan bau badan. Selain ketiak, remaja juga sering mengalami masalah bau kaki akibat penggunaan kaos kaki dan sepatu yang tertutup sehingga kaki panas dan lembap, dan menjadi sasaran empuk untuk bertumbuhnya jamur dan bakteri. Belum lagi masalah ketombe akibat kulit kepala berminyak.

Selain faktor homornal, remaja perempuan khususnya sudah mulai memakai kosmetik demi meningkatkan kepercayaan diri. Nah, penggunaan kosmetik yang  tak sesuai dengan jenis kulit, juga dapat menyebabkan kondisi kulit berminyak menjadi lebih buruk. Akibatnya, timbul komedo yang menyumbat pori-pori, atau jerawat yang meradang dan membengkak, sehingga meninggalkan jaringan parut (scar) yang sulit dihilangkan.

Remaja Perlu Perawatan Kulit

Dengan membaca paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa remaja juga sudah harus merawat kulitnya dengan benar dan tepat.

Untuk mengatasi masalah kulit, ini yang harus dilakukan:

  1. Jaga kebersihan kulit, rambut dan bagian tubuh lain agar tetap sehat.
  2. Sesuaikan penggunaan kosmetik berdasarkan jenis kulit (kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, kulit kombinasi), usia (bayi, anak, remaja, dewasa, usia lanjut), dan waktu pemakaian (pagi, siang, malam).
  3. Bersihkan rambut dan kulit kepala secara teratur menggunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Pada rambut berminyak, tak perlu menggunakan kondisioner. Gunakan kondisioner bila rambut kering dan rusak.
  4. Untuk menghilangkan bau badan, selain menjaga kebersihan tubuh dengan mandi teratur, semprotkan wewangian dan gunakan deodoran pada ketiak agar tubuh segar dan wangi sepanjang hari.
  5. Untuk mencegah bau kaki, pilih kaos kaki berbahan katun, dan ganti setiap hari. Semprotkan footspray bila diperlukan.

Jangan biarkan rasa percaya diri hilang di masa remaja karena masalah kulit. Tumbuhkan rasa percaya diri dengan mulai merawat kulit. Jika kulit dirawat secara tepat sejak remaja, maka saat dewasa, kulitpun akan jauh lebih sehat, dibanding  kulit yang tidak mendapat perhatian di masa remaja. Ingatlah selalu agar tidak keliru memilih produk kosmetik agar kesehatan kulit senantiasa terjaga.

Memiliki kulit dengan 5 tanda kulit sehat tentu menjadi idaman semua orang. Namun, bagaimana bila kulit wajah kita terlihat kusam dan memiliki bintik hitam? Untuk mengatasi hal tersebut, kita harus tahu terlebih dahulu apa saja penyebabnya.

Beberapa penyebab paling umum yang membuat kulit wajah terlihat kusam di antaranya: dehidrasi, lapisan kelembapan terganggu, penumpukan sel kulit mati, kulit kering, proses penuaan alami, dan gaya hidup kurang sehat seperti merokok.

Sementara bintik hitam pada wajah umumnya disebabkan oleh hiperpigmentasi, yaitu kondisi kulit yang terjadi ketika kulit memproduksi terlalu banyak melanin yang dipicu beberapa faktor seperti paparan sinar matahari, penuaan alami, perubahan hormon saat kehamilan dan menopause, dan lain-lain. Selain itu ada juga yang disebut post-inflammatory hyperpigmentation yang terjadi pada kulit yang mengalami luka atau kerusakan akibat jerawat dan pemakaian produk yang tidak cocok di kulit wajah kita. 

Yup, untuk mengatasi masalah kulit kusam dan bintik hitam salah satu caranya memang harus rajin merawat wajah dengan produk perawatan kulit. Akan tetapi, pemakaian produk yang tidak cocok justru bisa membuat kulit kita mengalami 5 tanda kulit sensitif: lapisan kelembapan terganggu, dehidrasi, kasar, kaku, dan tidak nyaman.

Penuaan dini sebenarnya mirip dengan penuaan kulit secara normal, tetapi bisa saja terjadi lebih awal. Setiap orang mengalami proses penuaan yang berbeda-beda. Umumnya, seseorang  bisa dikatakan mengalami penuaan dini apabila proses ini terjadi sebelum usia 35 tahun, ciri-cirinya sebagai berikut :

  • Muncul keriput dan kerutan
  • Kulit mulai kendur
  • Warna kulit tidak merata
  • Kulit kering dan kasar
  • Kulit menjadi lebih rapuh
  • Kurangnya pigmen kulit yang membuat warna kulit memudar

Warna kulit yang tidak merata merupaka salah satu masalah kulit yang paling umum. Untungnya, saat ini ada berbagai produk dan perawatan tropikal  yang tepat untuk bisa mnegatasi masalah ini. Ada banyak penyebab warna kulit tidak merata. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui penyebabnya. Yang paling umum adalah paparan sinar matahari yang menyebbakan warna kulit tidak merata sehingga akan menyebabkan penuaan yang lebih awal.

Microneedling Dermashine

Microneedle itu sendiri  adalah tindakan menggunakan jarum-jarum kecil yang dapat digunakan untuk berbagai kondisi. Mengatasi jerawat, kerutan, hingga untuk memasukan obat tertentu. Selain itu, tindakan microneedle dapat juga dilakukan untuk mengatasi melasma atau flek hitam pada wajah, pori-pori yang besar, elastisitas kulit yang menurun, dan juga warna kulit tidak merata.

Tindakan microneedling kini semakin populer sebagai perawatan wajah untuk mengembalikan kekencangan dan kecerahan kulit. Meski tergolong tindakan minimal invasif, lakukan microneedling hanya di klinik tepercaya dan dokter ahli, ya

Dermashine Treatment tidak lagi asing di dunia kecantikan, perawatan ini akan jauh lebih aman dan efektif jika dilakukan oleh dokter yang memiliki sertifikasi dan praktik di klinik yang berlisensi seperti NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi. NOVI’S Clinic menganggap pasien adalah prioritas utama. Pasien bisa berkonsultasi dengan nyaman sebelum dan setelah tindakan melalui berbagai metode konsultasi, Semua layanan yang disediakan NOVI’S CLINIC bertujuan untuk memaksimalisasikan pelayanan kepada pasien.

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Kecantikan

Menghidrasi dan Melembapkan Kulit yang Kering

Kecantikan

Ketahui Perawatan Kulit untuk Remaja Pemula

KecantikanKesehatan

Mitos Seputar Jerawat yang  Kamu Mesti Hindari

Kecantikan

Tips Mendapat Antioksidan untuk Kesehatan Kulit Wajah

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.