Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Keunggulan AHA dan BHA dalam Produk Skincare yang Harus Kamu Tahu

Wajah yang dipenuhi sel kulit mati akan menghasilkan permukaan kulit yang tampak kasar dan kusam. Karena itulah eksfoliasi sangat penting. Eksfoliasi merupakan proses penghilangan sel kulit mati dari permukaan kulit dengan cara kerja pengelupasan secara halus, sehingga kulit akan menjadi lebih lembut dan tampak lebih cerah. Untuk metode ini, kamu bisa menggunakan produk eksfoliasi dengan adanya kandungan AHA dan BHA.

AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) adalah senyawa asam yang efektif untuk eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati. Kedua senyawa tersebut kerap ditemukan pada berbagai produk pembersih wajah, toner, pelembap, scrub, gel peeling, dan masker. lpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA) merupakan senyawa asam yang berperan aktif dalam proses pengelupasan kulit.

AHA bekerja di permukaan kulit dan dengan lembut mengangkat sel-sel kulit mati hingga kulit menjadi lebih halus dan kencang. Sementara BHA lebih dikenal dengan nama asam salisilat. Karena larut di dalam minyak, BHA dapat menembus permukaan kulit untuk membersihkan sebum berlebih serta mengurangi produksi minyak berlebih. Keduanya hanya bekerja di lapisan epidermis sehingga proses eksfoliasi menggunakan AHA dan BHA dalam konsentrasi rendah dikategorikan aman.

Proses pengelupasan ini merupakan proses penting karena berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, hingga sel-sel kulit baru muncul dan membuat tampilan kulit seseorang bersih, cerah, dan halus.

Eksfoliasi sebenarnya merupakan proses alami kulit untuk membuang lapisan kulit terluar sebulan sekali. Proses alami tersebut menyebabkan adanya sel-sel kulit mati setiap harinya. Sayangnya, seiring dengan waktu, eksfoliasi alami kulit pun melambat sehingga tampilan kulit pun menjadi kering, bersisik, terkadang menimbulkan rasa gatal. Salah satu cara untuk mempercepat proses pengelupasan kulit bisa dilakukan dengan mengaplikasikan perawatan kulit mengandung AHA dan BHA. Berikut manfaat dan cara kerja AHA dan BHA.

Kandungan AHA pada skincare adalah asam glikolat, namun tidak menutup kemungkinan ada turunan lain dari AHA yang menjadi kandungan andalan sebuah produk perawatan kulit, seperti asam laktat, asam sitrat, dan lain-lain. Saat memilih produk dengan kandungan AHA dan BHA, Anda harus mengetahui terlebih dahulu masalah yang dimiliki kulit Anda sendiri. AHA terbukti efektif dalam memperbaiki tekstur kulit jadi lebih lembut, membantu mengecilkan pori,serta menjaga kulit tetap lembap.

Sementara itu BHA dikenal efektif dalam mengatasi masalah jerawat dan komedo. BHA juga diketahui berperan aktif dalam menjaga agar kadar minyak tidak berlebih pada kulit. Walau proses eksfoliasi kulit menggunakan AHA dan BHA tergolong eksfoliasi ringan, ada kemungkinan terjadi iritasi kulit terutama bila kamu memiliki kulit sensitif. Hentikan penggunaan segera bila kamu mengalami iritasi. Selalu konsultasikan penggunaan produk perawatan kulit pada dokter kulit.

Selain mengangkat sel kuli mati, AHA dan BHA dapat mengurangi peradangan, meredakan jerawat, mengurangi ukuran pori-pori sekaligus membersihkannya, mengurangi kerutan di permukaan wajah, meratakan warna kulit, sekaligus memperbaiki tekstur kulit secara menyeluruh.

AHA merupakan asam larut dalam air yang terbuat dari buah-buahan manis. Zat tersebut membantu mengelupas permukaan kulit, sehingga sel kulit mati bisa tergantikan dengan sel kulit baru. Tak seperti AHA, BHA, larut dalam minyak. BHA bisa masuk lebih jauh ke dalam pori-pori untuk mengatasi kelebihan sebum penyebab jerawat dan beruntusan. Nah, dengan perbedaan ini, dapat harus tepat dalam memilih untuk dijadikan perawatan kulit sesuai dengan kondisi wajah.

Rekomendasi Produk

Description: C:\Users\Peri\Documents\Toner-Novis.png

Untuk menyempurnakan hasil double cleanser,  baiknya Sahabat NOVI’S mengaplikasikan juga NOVI’S AHA Toner. Karena kulit yang sudah bersih butuh hidrasi untuk membuatnya tetap lembap.

Produk yang dirancang untuk membersihkan sisa kotoran yang belum terangkat, sekaligus membersihkan sisa sabun yang masih menempel pada kulit, yang sering kali membuat kulit menjadi kekring. Selain itu toner dapat membantu mencegah timbulnya komedo dan jerawat, memperbaiki tekstur kulit dan jerawat, memperbaiki tekstur kulit dan keremajaan kulit, menyegarkan dan meminimalkan pori-pori yang besar.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam Produk yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui www.storenovis.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Perawatan

Rahasia Tampil dengan Kulit yang Selalu Muda

Perawatan

Memahami Makna Kulit Sehat dan Ideal untuk Tetap Tampil Cantik

Perawatan

Melawan Tanda-tanda Penuaan Dini dengan Collagen Stimulator Treatment

Perawatan

Mengenal Elektocauter Treatment untuk Mengatasi Beberapa Masalah di Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Tips Perbaiki Garis Kerutan Pada Area Wajah