Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Kenali Perbedaan Garis Halus dan Kerutan dan Tips Mengatasinya

Kulit wajah bisa dibilang merupakan area yang paling rentan mengalami masalah. Garis halus dan kerutan wajah adalah masalah yang paling umum muncul, bisa karena proses penuaan kulit secara alami atau akibat faktor eksternal. Untuk membantu Anda mengatasi dua permasalahan ini, ketahui perbedaan antara garis halus dan kerutan terlebih dahulu.

Garis Halus dan Penyebabnya

Garis halus adalah garis seperti retakan di kulit wajah yang muncul di area-area paling rentan seperti di area sudut, baik sudut mata dan sudut luar bibir. Kemunculan garis halus bisa dipicu oleh faktor eksternal dan gaya hidup yang tidak sehat, seperti:

  1. Dehidrasi. Ketika cairan dalam tubuh tidak terpenuhi dengan baik, maka sel-sel tubuh mengalami dehidrasi. Sel- sel kulit yang dehidrasi akan mengganggu kondisi ideal kulit.
  2. Sinar UV. Paparan sinar UV langsung di kulit dalam jangka waktu lama dapat merusak kesehatan kulit. Kulit akan kehilangan kekenyalannya, menjadi kering dan kusam, lalu memicu munculnya garis-garis halus.
  3. Merokok. Zat-zat berbahaya di dalam rokok bisa membuat kulit menjadi kering dan kusam. Kontraksi otot-otot mulut saat mengisap rokok juga memicu kehadiran garis-garis halus di sekitar mulut.

Seiring waktu, kemampuan kulit untuk menahan cairan di dalamnya akan memudar. Untuk mengatasi hal ini, pastikan Anda minum air putih yang mencukupi kebutuhan tubuh sehari-hari. Minumlah air lebih banyak saat Anda banyak beraktivitas di luar ruangan dan terkena paparan matahari dalam waktu lama.  Garis halus di wajah juga bisa disamarkan dengan menggunakan produk perawatan dengan bahan aktif yang membantu menghidrasi dan melembapkan kulit, seperti hyaluronic acid, lactic acid, dan gula. 

Kerutan Wajah dan Penyebabnya

Kerutan di wajah biasanya pertama muncul pada usia 25-30 tahun. Seperti garis halus, kemunculannya juga di area-area yang rentan, seperti sudut mata. Seiring waktu, kerutan wajah akan muncul di area lainnya, mulai dari kerutan halus dan lama-kelamaan menjadi dalam dan terlihat jelas. 


Struktur kulit wajah ditopang oleh serat, kolagen, dan elastin yang bertugas untuk mempertahankan agar kulit tetap kenyal, elastis, dan teksturnya halus. Pertambahan usia membuat tiga penopang struktur kulit ini semakin sedikit diproduksi oleh tubuh dan menurun kemampuannya. Kecepatan sel-sel kulit dalam beregenerasi juga semakin melambat.

Faktor eksternal juga bisa memicu munculnya kerutan wajah. Radikal bebas dari lingkungan dapat menyerang serat di lapisan kulit. Sinar UV juga berperan dalam merusak kondisi ideal kulit, baik di dalam lapisan kulit maupun di permukaan kulit. Akibatnya, kerutan pada wajah menjadi semakin dalam dan jelas.


Melawan Hadirnya Kerutan Wajah

Seperti garis halus, kerutan di area wajah juga bisa ditunda dengan cukup minum air putih, mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi, serta olahraga teratur yang akan membantu melancarkan sirkulasi darah di kulit dan mempertahankan kemudaannya. Jangan lupa juga untuk selalu cukup tidur pada malam hari.


Untuk perawatannya, pilih skincare khusus untuk anti-aging yang membantu menyamarkan kerutan. Pilihlah produk-produk yang mengandung bahan aktif retinol, hyaluronic acid, Vitamin C, pro-xylane, dan glycolic acid. Sesuaikan kandungan produk dengan tingkat kedalaman kerutan. Selain itu, biasakan untuk selalu menggunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Botox Treratment

Berbagai macam perawatan kecantikan akhirnya berkembang dan hadir menjawab masalah-masalah penuaan yang terjadi pada kulit. Tidak sedikit orang yang mencoba Botox Treatment untuk menghaluskan dan menghilangkan keriput, sehingga tampilan wajah tampak lebih kecang dan awet muda. Minat terhadap prosedur botox yang cukup tinggi lantaran ampuh dan cepat dalam mengatasi masalah-masalah penuaan dini pada kulit. Seperti munculnya garis-garis halus pada wajah.

Suntik botox merupakan prosedur tindakan medis dalam bidang drmatologi yang digunakan untuk pengobatan garis-garis kerut akibat ekspresi  wajah sepertiga atas, yaitu kerut daerah dahi, sekeliling mata, hiperhidrosis bagian ketiak, terkadang juga digunakan untuk platysma di leher, dan kerutan halus sekitar mulut.

Perawatan ini dilakukan dengan cara menyuntikkan protein yang dihasilkan oleh bakteri Clostridium Botulinum. Fungsinya menghambat sinyal saraf asetilkolin yang ada dalam otot wajah agar lebih rileks. Hasilnya, ketika otot wajah kamu rileks, maka kulit kamu akan lebih lembut dan mengencang. Inilah yang membuat kerutan di wajah hilang

Apa saja manfaat botox?

  • Mengatasi kerutan dan garis halus
  • Meminimalisir keriput
  • Memperbaiki double chin
  • Mengobati rosacea
  • Meremajakan kulit

Mengatasi hyperhidrosis atau lebih di kenal dengan keringat yang berlebihan pada area ketiak, telapak tangan atau kaki.

Apa keunggulan botox?

Kegunaan injeksi botox dalam bidang dermatologi pada prinsipnya ditujukan pada otot-otot ekspresi wajah. Kebanyakan otot-otot tersebut tidak berhubungan dengan tulang melainkan  berhubungan dengan jaringan lunak dan bekerja untuk menggerakan kulit wajah.

Umumnya, tidak ada efek samping jangka panjang atau yang membahayakan pada penggunaan botox di bidang dermatologi, karena terapi botox tidak berhubungan dengan efek klinis yang permanen. Botox cukup aman dan efektif pada penggunaan untuk terapi kerutan pada wajah.

Jika prosedur lain membutuhkan waktu berjam-jam. Pada suntik botox, kamu tidak membutuhkan waktu lama hanya beberapa menit saja. Biasanya dokter akan langsung  menyuntikan botox ke area yang mengalami kerutan.

perawatan Botox dianggap aman dan telah digunakan bertahun-tahun untuk perawatan neurologis dan optalmologis. Selain manfaat kecantikannya, Botulinum Toxin juga dapat digunakan untuk mengobati kondisi tertentu yang penyebab utamanya adalah kontraksi otot. Perawatan Botulinum Toxin dapat menghilangkan gejala dengan melemaskan otot.

NOVI’S Clinic Dermatology menjadi rekomendasi klinik kecantikan terbaik untuk kamu yang ingin melakukan botox treatment dan beberapa perawatan kecantikan lainnya. Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Related posts
Perawatan

Rahasia Tampil dengan Kulit yang Selalu Muda

Perawatan

Memahami Makna Kulit Sehat dan Ideal untuk Tetap Tampil Cantik

Perawatan

Melawan Tanda-tanda Penuaan Dini dengan Collagen Stimulator Treatment

Perawatan

Mengenal Elektocauter Treatment untuk Mengatasi Beberapa Masalah di Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Masalah Pigmentasi Wajah Kerap Mengganggu Penampilan