Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Kenali Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Kulit yang mengalami dehidrasi, bisa menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Tidak hanya bibir saja, dehidrasi juga bisa menyebabkan mulut dan mata menjadi kering.

Aturan lama mengenai minum air putih delapan gelas per hari mungkin tidak relevan bagi semua orang. Sebagai gantinya maka usahakan minum air yang cukup setiap kamu merasa haus. Jaliman juga menyarankan untuk melawan bibir kering dengan menggunakan lip balm yang kaya akan bahan pelembap seperti minyak jojoba atau shea butter.

Permasalahan bibir kering dan pecah-pecah hampir pernah dialami semua orang. Kondisi ini seringkali menyebabkan bibir terasa perih, tidak nyaman, bahkan berdarah. Tak hanya itu, bibir kering juga kerap mengganggu penampilan. Apalagi ketika hendak memakai riasan bibir, riasan justru menjadi tak sedap dipandang.

Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasi bibir kering, kamu bisa mencegah terjadinya bibir kering, sekaligus memperbaiki kondisi bibir kamu agar sehat dan lembap seperti semula. Berikut ini beberapa penyebab bibir kering yang perlu kamu ketahui, serta cara-cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Tak seperti bagian kulit lainnya, bibir tidak memiliki kelenjar minyak. Hal itu menyebabkan bibir menjadi sangat rentan terhadap kondisi kekeringan dan pecah-pecah. Kenali beberapa penyebab bibir kering berikut ini agar kamu bisa mencegah terjadinya kondisi tersebut.
 

Sinar matahari

Sinar matahari bisa menyebabkan kulit mengalami sunburn. Menurut Dr Michele Green, MD, seorang dokter kulit yang berbasis di New York, sunburn tidak hanya membuat kulit menjadi kering dan rusak tetapi juga bibir bisa mengalami hal yang sama.

“Paparan sinar matahari jangka panjang dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan kaku, mengakibatkan pecah-pecah,” ujarnya. Dan tidak hanya itu, sinar UV dari matahari dapat menyebabkan inflamasi. Untuk itu, solusinya adalah pastikan memilih lip balm yang mengandung SPF.

Kekurangan vitamin B

Vitamin B sangat penting untuk menjaga tubuh agar berfungsi dengan baik. Ini membuat tubuh berenergi, membantu sistem kekebalan dalam melawan penyakit, dan berkontribusi pada kesehatan kulit. Itulah mengapa kekurangan vitamin B dapat menyebabkan masalah kulit seperti bibir kering. Untuk mencegahnya, konsumsi banyak makanan kaya vitamin B seperti telur dan daging tanpa lemak.



  Obat-obatan tertentu

Bibir kering dan pecah-pecah juga merupakan efek samping dari obat-obatan tertentu, termasuk obat tekanan darah tinggi dan antidepresan. Obat-obatan ini dapat menurunkan jumlah air liur yang  diproduksi, yang dapat membuat bibir dan mulut menjadi kering. Konsultasikan dengan dokter jika menurutmu obat adalah alasan di balik bibir kering yang dialami untuk menemukan solusi yang paling sesuai agar bisa kamu gunakan.

Cuaca

Tidak banyak orang menyadari, cuaca bisa menjadi salah satu penyebab bibir kering yang paling utama. Cuaca bisa dengan mudah membuat kondisi bibir kamu berubah secara cepat. Misalnya, dalam keadaan cuaca dingin, bibir cenderung menjadi lebih kering dan kaku. Itulah sebabnya kamu disarankan untuk menutup bibir dengan masker atau syal saat cuaca dingin agar terhindar dari bibir kering.3

Dehidrasi

Saat tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan air, bibir akan lebih rentan kering dan pecah-pecah. Tak heran, bibir kering sering menjadi tanda bahwa seseorang sedang mengalami dehidrasi dan kurang minum air putih. Untuk mencegahnya, minumlah 9-13 gelas air putih setiap hari.

Kebiasaan Menjilat  Bibir

Masih banyak orang yang cenderung akan menjilat bibirnya saat mengalami bibir kering untuk membuatnya basah kembali. Padahal, cara ini salah. Menjilat bibir memang bisa menghilangkan bibir kering, tapi hanya dalam waktu singkat. Setelahnya, air liur yang ada di permukaan bibir akan menguap, dan menarik kelembapan bibir kamu sehingga membuat bibir menjadi semakin kering.

Lip Thaerapy

Therapy Laser bibir merupakan kegiatan medis yang bertujuan untuk membuat bibir menjadi berwarna merah merona, menghilangkan warna gelap, serta dapat menjadikan bentuknya penuh dan padat.Penggunaan laser untuk mencerahkan warna bibir kebanyakan digunakan oleh orang-orang yang memiliki bibir gelap dan ingin dicerahkan. Treatment ini dilakukan dengan energi yang terlalu besar dan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan harus dengan beberapa sesi. Fungsi laser ini untuk menghancurkan pigmen. Dengan demikian warna bibir dapat dikembalikan pada warna asalnya. Secara garis besar teknik laser menggunakan cahaya menembus ke dalam kulit untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus merangsang sel kulit yang baru.

Manfaat Lip Therapy

Perawatan bibir menggunakan teknologi laser mampu meregenerasi sel kulit, menstimulasi kolagen serta dapat mencegah bibir dari kekeringan dan secara perlahan mampu mengembalikan warna alami bibir.

  • Meregenerasi kulit bibir
  • Meremajakan kulit bibir
  • Melembabkan bibir
  • Merubah warna kulit bibir menjadi cerah alami

Setelah tindakan laser bibir, kulit terluar bibir akan mengelupas dan akan hilang dengan sendirinya. Treatment laser ini menggunakan energi yang bisa saja menyebabkan perlukaan pada area kulit bibir, maka kondisi bibir yang sehatakan sangat mempengaruhi keberhasilan dari treatment ini. Nantinya dokter akan memeriksa kesehatan bibirmu, jika keadaan bibir sedang tidak sehat seperti mengalami herpes atau masalah bibir lainnya maka dokter akan menyarankan kamu untuk mengobatinya terlebih dulu.

Prosedur ini tergolong aman dengan catatan harus dilakukan oleh yang ahli dan profesional dalam bidangnya. NOVI’S Clinic Dermatology menjadi rekomendasi klinik kecantikan terbaik untuk kamu yang ingin melakukan Lip Therapy treatment dan beberapa perawatan kecantikan lainnya. Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Perawatan

Mengatasi Hiperpigmentasi untuk Dapatkan Kulit Lebih Muda

Perawatan

Kapan Waktu Harus Melakukan Rutin Facial ?

Perawatan

Memperbaiki Masalah Flek Hitam yang Membuat Kulit Terlihat Lebih Tua

Perawatan

Mengenal Tarik Benang Sebagai Solusi Kulit Wajah yang Kendur

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Tips Mengurangi Masalah Cekungan di Bawah Mata