Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Tips Agar Kulitmu Bebas Kusam Meski Beraktivitas Seharian

Memiliki wajah kusam tentu sangat mengganggu penampilan dan membuat Anda menjadi tidak percaya diri. Bagaimana tidak, wajah yang kusam akan membuat kulit lebih kering, tidak bercahaya dan terlihat lebih tua. Belum lagi wajah akan tampak lelah dan terlihat tidak bersemangat. 

Jika ciri-ciri di atas sedang Anda alami,  jangan khawatir atau merasa insecure lagi. Banyak cara untuk mengatasi kulit kusam yang bisa Anda lakukan, baik secara alami maupun dengan melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan. 

Perempuan kerap dihadapi dengan sejumlah masalah kulit. Selain jerawat, hal yang sering dikeluhkan adalah tampilan kulit wajah yang kusam. Sebenarnya, banyak sekali faktor yang bisa membuat kulit menjadi kusam. Selain akibat agresi lingkungan seperti polusi dan debu, sel kulit mati yang menumpuk, gaya hidup yang tak seimbang, paparan sinar matahari, dan juga kondisi kulit yang kering menjadi sejumlah penyebab kulit menjadi kusam.

Tapi, apakah hal ini nggak bisa kita atasi? Tentunya kamu tak perlu putus asa, karena sejumlah cara bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kusam kembali cerah. Membuat kamu semakin percaya diri. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak langkah berikut ini.

1. Bersihkan wajah secara rutin

Membersihkan wajah sudah jadi hal wajib yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan membersihkan wajah secara rutin, maka kotoran, debu, dan sisa makeup yang menempel dan menjadi salah satu penyebab kulit kusam akan terangkat sempurna. Jangan lupa selalu lakukan double cleansing setelah kamu menggunakan makeup. Dengan cara ini, maka kulit akan semakin bersih dan meminimalkan penumpukan sisa kotoran yang bikin kulit kusam.

2. Gunakan masker wajah

Optimalkan perawatan kulit jika ingin menjadikan kulit semakin cerah. Penggunaan masker wajah mampu memberikan nutrisi kulit yang mendalam sehingga hasilnya juga akan lebih maksimal. Pilihlah masker dengan kemampuan untuk mencerahkan wajah sehingga kamu akan terbebas dari kulit kusam.

3. Selalu pakai suncare

Paparan sinar matahari mampu jadikan kulit kian kusam. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu lindungi kulitmu dengan menggunakan sunscreen sehingga paparan sinar matahari tak akan merusak kulit sehatmu.

4. Terapkan gaya hidup sehat

Ini juga penting namun sering disepelekan. Merokok, konsumsi minuman beralkohol, begadang, menyantap junk food, juga mampu mempengaruhi kondisi kulit dan semakin membuat kulit jauh dari kata sehat. Jadi, pastikanlah untuk menjaga kesehatan kulit dengan rajin konsumsi makanan kaya serat dan nutrisi seperti buah-buahan dan sayur.

5. Gunakan Krim Pencerah Wajah

Salah satu langkah yang dapat membantu mencerahkan wajah adalah dengan menggunakan krim pencerah wajah dengan keunggulan yang mampu melembabkan kulit sekaligus menjadi agen sempurna untuk cerahkan wajah yang kusam.

Secara alami, sel kulit mati akan mengelupas dan melakukan regenerasi sel baru setiap 28 hari. Namun terkadang sel kulit mati tidak dapat sepenuhnya mengelupas, sehingga mengakibatkan kulit kasar, kering, bersisik, menyumbat pori dan membuat kulit tampak kusam. 

Lakukan eksfoliasi secara teratur 2  3 kali seminggu. Eksfoliasi berfungsi menyingkirkan sel kulit mati dan memunculkan lapisan sel kulit yang baru. Eksfoliasi juga berguna untuk membersihkan kotoran yang tersumbat pada pori-pori, mencegah jerawat, meratakan belang pada kulit, meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi minyak berlebih. Salah satu rekomendasi produk yang bisa Anda gunakan yaitu NOVI’S Facial Wash. Harganya cukup terjangkau, yaitu  tidak lebih dari 50 ribu rupiah saja dan Anda sudah bisa merasakan manfaatnya yang luar biasa.

Secara keseluruhan kurang tidur dan stres tidak hanya berdampak buruk bagi kulit, tapi juga kesehatan tubuh. Kurang tidur atau kebiasaan begadang membuat lingkaran hitam di bawah mata atau biasa disebut mata panda. Selain itu, kurang tidur bisa membuat kulit juga menjadi kendur dan tampak tidak bercahaya. Hal tersebut bisa terjadi karena saat tidur tubuh membentuk kolagen dan keratin yang  dapat berguna untuk mengencangkan dan menyehatkan kulit. 

Sementara, stres berpotensi membuat kulit ikut menjadi stres.  Hal tersebut mengakibatkan kulit menjadi kusam dan memicu terjadinya penuaan dini. Untuk itu, Anda perlu untuk mengelola waktu tidur yang berkualitas dan memanajemen stres. 

Kamu bisa cari tahu berbagai macam Produk yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui www.storenovis.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Perawatan

Mengatasi Hiperpigmentasi untuk Dapatkan Kulit Lebih Muda

Perawatan

Kapan Waktu Harus Melakukan Rutin Facial ?

Perawatan

Memperbaiki Masalah Flek Hitam yang Membuat Kulit Terlihat Lebih Tua

Perawatan

Mengenal Tarik Benang Sebagai Solusi Kulit Wajah yang Kendur

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Penyebab Garis Halus dan Kerutan Terbentuk di Wajah