Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Jerawat Seringkali Muncul di Leher, Apa Penyebabnya?

Bagi pria maupun wanita, jerawat memang bisa mengganggu rasa percaya diri. Bukan hanya di wajah, terkadang masalah kulit ini juga menyasar bagian leher. Jerawat di leher adalah salah satu masalah kulit yang mengganggu penampilan. Kondisi leher berjerawat ini, bisa dialami mulai umur remaja saat masa pubertas hingga usia 30tahunan keatas.

Pada umumnya, jerawat di leher muncul karena kulit di leher jarang dibersihkan, sehingga terjadi penyumbatan di dalam pori-pori, dan memicu munculnya komedo serta jerawat di leher. Penyebab jerawat di leher ini juga bisa karena faktor pola hidup yang kurang baik.

Jerawat di leher harus segera diatasi, agar tidak mengganggu penampilan dan menyebabkan peradangan di sekitar leher.

1. Gangguan Hormon

Saat pria dan wanita mengalami perubahan hormon, kemunculan jerawat, mulai dari leher, punggung, hingga leher, memang bisa jadi salah satu tKamunya. Biasanya, perubahan hormon ini lebih sering menyerang kaum wanita ketimbang pria. 

2. Pakai Perhiasan Tertentu 

Pakai perhiasan dengan bahan-bahan tertentu juga bisa memicu munculnya jerawat di leher. 

Hanya saja, kondisi ini sangat jarang terjadi, kecuali perhiasan tersebut terbuat dari bahan yang memicu iritasi. Beberapa material perhiasan yang bersifat iritan antara lain logam palsu atau plastik.Permukaan perhiasan yang kotor atau adanya bakteri pada area kulit juga bisa memicu jerawat di leher. 

alah satu penyebab jerawat di leher dan area lainnya adalah karena kurangnya kebersihan diri. Bisa jadi Kamu jarang mencuci atau menyabuni area leher karena terlalu fokus pada wajah.

Alhasil, kotoran yang menempel pada leher jadi tidak hilang secara menyeluruh, hingga bakteri penyebab jerawat bertumpuk. Oleh karena itu, selalu ingat untuk membersihkan area leher dengan sabun badan atau sabun cuci muka. 

4. Sedang Mengalami Stres 

Stres juga bisa menimbulkan jerawat, meski bukan jadi penyebab utama. Akan tetapi, ketika tubuh sedang mengalami kecemasan yang berlebihan, akan terjadi perubahan hormon. Kondisi inilah yang nantinya membuat kulit lebih berminyak dan memicu tumbuhnya jerawat. Jadi, cobalah untuk mengelola stres Kamu dengan baik, ya! 

5. Punya Pola Makan yang Buruk 

Sebaiknya Kamu hindari konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat, tinggi gula, produk susu, dan makanan yang berlemak. Kurangi asupannya, karena jenis makanan itu bisa memicu munculnya jerawat pada leher dan area tubuh lainnya.

Chemical Peeling

Metode chemical peeling dilakukan dengan cara mengaplikasikan larutan kimia pada kulit, sehingga nantinya akan menyebabkan pengelupasan kulit. Kulit baru yang diregenerasi biasanya lebih halus, kulit baru ini biasanya akan lebih senditif terhadap sinar matahari.

Jenis perawatan kulit yang biasa kita dengar adalah facial, namun perawatan chemical peeling juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Terutama untuk kamu yang mempunyai masalah kulit seperti berjerawat dan mulai muncul tanda-tanda penuaan yang membuat kamu kurang percaya diri.

Prosedur chemical peeling treatment ini aman digunakan. Dapat dilakukan pada semua jenis kulit. Selain itu tekniknya terbilang berteknologi rendah karena tidak mengintimidasi bila dibandingan laser. Treatment ini mengatasi masalah perubahan warna kulit , tekstur dan kerutan.

Manfaat Chemical Peeling Treatment

Chemical peeling treatment dapat memperbaiki jerawat, bintik-bintik penuaan, perubahan warna, corak, garis-garis halus terutama area bawah mata dan sekitar mulut. Bintik-bintik yang ditangani seperti freckles, melasma, kerusakan akibat paparan sinar matahari dan masih banyak lagi.

Prosedur ini dapat  meningkatkan penampilan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati hingga lapisan terdalam yang membuat kulit baru lebih halus, cerah, kencang dan menghilangkan tanda-tanda penuaan. Tehnik kecantikan ini dapat dilakukan di area wajah dan leher.

Ragam manfaat yang bisa kamu dapat jika melakukan chemical peeling treatment diantaranya :

  • Meremajakan kulit
  • Merangsang pertumbuhan sel kulit dan produksi kolagen
  • Mengurangi tanda-tanda penuaan dini, garis halus dan kerutan
  • Menghilangkan keriput yang disebabkan oleh paparan sinar matahari
  • Mengobati kulit yang kusam
  • Mengatasi beberapa jenis jerawat yang membandel
  • Menghilangkan flek hitam
  • Menghilangkan bercak gelap/melasma
  • Mengatasi bekas luka ringan
  • Menyamarekan lingkaran hitam sekitar mata (mata panda)

Setelah melakukan treatment ini, kulit sementara akan bersifat sensitif terhadap matahari. Sebaiknya gunakan tabir surya setiap harinya guna memproteksi kondisi kulitmu. Chemical peeling sangat berguna bagi kamu memiliki yang kusam, warnanya tidak merata dan menginginkan kulit wajah yang cerah.

NOVI’S Clinic Dermatology menjadi rekomendasi klinik kecantikan terbaik untuk kamu yang ingin melakukan Chemical Peeling Treatment dan  beberapa perawatan kecantikan lainnya. Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Perawatan

Rahasia Tampil dengan Kulit yang Selalu Muda

Perawatan

Memahami Makna Kulit Sehat dan Ideal untuk Tetap Tampil Cantik

Perawatan

Melawan Tanda-tanda Penuaan Dini dengan Collagen Stimulator Treatment

Perawatan

Mengenal Elektocauter Treatment untuk Mengatasi Beberapa Masalah di Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Inilah Penyebab Tumbuhnya Kutil dan Cara Mengatasinya