Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Skincare

Deretan Masalah Kulit yang Sering Dialami ole Remaja

Saat memasuki masa pubertas, tubuh secara alami mengalami perubahan hormon yang menimbulkan beberapa masalah khususnya di kulit wajah. Sebenarnya, permasalahan ini merupakan hal yang normal terjadi. Namun, tentunya hal ini tetap berpengaruh pada rasa kepercayaan diri seseorang.

1. Kulit Berminyak

Masalah kulit wajah pada remaja yang bisa dibilang paling sering dirasakan adalah kulit berminyak. Ketika menginjak usia remaja, produksi kelenjar minyak di wajah mulai aktif sehingga kulit jadi jauh lebih berminyak. 

Tentunya, hal ini membuat tampilan pori-pori terlihat besar dan wajah jadi berminyak. Selain itu, kulit berminyak ini dapat memicu jerawat dan komedo loh jika dibiarkan. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan kertas minyak wajah dan melengkapi perawatan wajahmu dengan pembersih wajah dari NOVI’S.

Terdapat dua varian yang bisa kamu pilih untuk mengontrol produksi minyak di wajah, yakni NOVI’S Facial Wash Brightening dan NOVI’S Facial Wash For Acne. Keduanya memiliki manfaat hidrasi kulit dengan baik.

2. Jerawat

Masalah kulit wajah pada remaja berikutnya adalah jerawat. Hal ini seringkali disebabkan oleh perubahan hormon testosteron (penentu kinerja tubuh pada pria) dan hormon estrogen (pada wanita menjelang menstruasi) yang memicu produksi minyak berlebih. Sehingga, debu dan kotoran mudah menempel dan menyumbat pori-pori di wajah.

Kalau nggak dibersihkan, kulit jadi rentan berjerawat. Jadi, yuk, rutin membersihkan wajah dengan double cleansing yang dimulai dengan cleanser milk-based  diperkaya Chamomile Extract agar kulitmu terhindar dari jerawat.

3. Produksi Keringat Berlebih

Selain kulit berminyak, kelenjar keringat juga biasanya jauh lebih aktif saat remaja memasuki masa pubertas, loh. Ini bisa terlihat dari produksi keringat berlebih yang ada di telapak tangan, kaki, lengan, hingga di wajah.

Kalau terlalu banyak keringat, jadi bikin nggak pede dan risih. Biar tetap nyaman beraktivitas, kamu bisa membawa handuk kecil dan menggunakan bedak tabur untuk mengurangi tampilan keringat berlebih di wajah. 

4. Psoriasis

Berhubungan dengan genetik, psoriasis umumnya dimulai pada masa remaja. Kondisi ini ditandai dengan timbulnya bercak merah bersisik putih yang dapat bertahan selama bertahun-tahun. 

Meskipun sudah banyak bentuk pengobatan psoriasis, seperti penggunaan salep dari resep dokter, konsumsi obat, hingga terapi sinar ultraviolet, masalah kulit wajah pada remaja yang ini tentunya membuat kamu jadi frustasi dan nggak nyaman. Namun, bila kamu mengalami kondisi ini, you need to remember, you are not alone and it is okay to be different.

5. Hiperpigmentasi

Selanjutnya, masalah kulit wajah pada remaja yang kerap mengganggu adalah Hiperpigmentasi. Kondisi ini terjadi pasca-inflamasi akibat jerawat, sehingga warna kulit berubah menjadi lebih gelap. Guna meminimalisir tampilan tersebut,  bisa mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan selalu mengenakan Suncare supaya kulit terlihat segar dan cerah bersinar. 

6. Kusam

Masalah kulit wajah pada remaja yang sering kali dikeluhkan adalah kusam. Penyebabnya beragam nih. Mulai dari kulit kering, dehidrasi, sel kulit mati yang menumpuk, paparan sinar matahari berlebih, hingga kebiasaan malas membersihkan wajah. Biar wajah terlihat cerah, kamu bisa membersihkan wajah pakai Daily Night HM yang memang ditujukan untuk kulit kusam.

7. Pori-pori Membesar

Debu keringat, minyak, dan polusi yang menempel di wajah dan tidak segera dibersihkan membuat tampilan pori-pori terlihat besar, Teman Senka. Jika hal tersebut menyumbat pori-pori, lama-kelamaan timbul blackheads (komedo hitam) dan whiteheads (komedo putih) di wajah. 

8. Sunburn

Aktivitas di luar ruangan yang padat berpotensi membuat kulit terpapar sinar matahari. Apalagi jika Kamu malas pakai suncare. Lama-kelamaan, wajah jadi sunburn atau terbakar. Maka dari itu, mulai proteksi kulitmu dengan Suncare SPF 50 agar wajah nggak belang dan terhindar dari iritasi. 

9. Komedo

Komedo merupakan sumbatan pada pori-pori yang disebabkan oleh tumpukan minyak dan sel-sel kulit mati. Terdapat dua jenis komedo, yaitu komedo putih dan komedo hitam. Bila sel kulit mati ini terpapar udara yang kotor, maka komedo akan berubah warna menjadi hitam. Sedangkan, apabila sumbatan ini tertutup, maka komedo tetap berwarna putih. 

Namun, tenang saja, komedo ini nggak bikin sakit kok kecuali terjadi infeksi. Bila komedo membengkak dan memerah, kemungkinan terjadi jerawat itu besar banget. So, rajin dieksfoliasi ya biar kulit terbebas dari komedo membandel.

10. Tekstur Kulit Kasar

Masalah kulit wajah pada remaja yang terakhir adalah tekstur kulit kasar. Kondisi ini emang menyebalkan. Soalnya, tampilan kulit wajah jadi nggak flawless saat menggunakan makeup. Itu dia 10 masalah kulit wajah pada remaja. Supaya kulitmu tetap sehat, selalu kenakan rangkaian skincare yang sesuai dengan tipe dan permasalahan kulitmu dan jangan sampai skip double cleansing setelah beraktivitas.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam Produk yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui www.store.novis.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Skincare

Keistimewaan Aloevera Sebagai Bahan Utama NOVI’S Hydration Gel Moisturizer

Gaya HidupSkincare

Sinar UV Akan  Merusak Komponen Utama Kulit Kamu

Skincare

Kapan Sebaiknya Mengaplikasikan Pelembab untuk Wajah?

Skincare

Peran Penting Milk Cleanser untuk Wajar yang Bersih Sempurna

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.