Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Bahayakah Skintag? Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Skin tag merupakan benjolan bersifat jinak, tunggal, berukuran kecil, dan menyerupai balon lunak yang tergantung pada tangkai. Kondisi ini dialami oleh hampir setiap orang. Apakah Kamu termasuk salah satunya?

Dalam medis, skin tag dikenal sebagai acrochordon. Istilah medis lain yang mungkin digunakan untuk menggambarkan kondisi tersebut adalah polip fibro-epitel, papiloma kutaneus, dan fibroma lunak.  Seluruh istilah tersebut menggambarkan skin tag, yakni  pertumbuhan kulit yang bersifat jinak (bukan kanker) dan tidak nyeri. 

kin tag (daging tumbuh) adalah masalah kulit yang ditKamui dengan pertumbuhan kulit jinak menyerupai balon kecil yang menggantung di kulit. Kadang, kondisi ini juga dapat terlihat seperti kutil. Banyak orang menyebut kondisi ini sebagai daging tumbuh.

Ukuran kondisi yang disebut juga dengan akrokordon ini sangatlah bervariasi, mulai dari beberapa milimeter hingga 5 cm lebarnya. Munculnya juga bisa hanya satu atau dalam jumlah yang lebih banyak.

Walau pada beberapa kondisi skin tag dapat lepas sendiri secara spontan, kebanyakan di antaranya akan terus bertahan.

Skin tag umumnya tidak berbahaya. Kondisi ini juga tidak akan berpotensi menjadi kanker kulit.

Penyebab Skin Tag 

Faktanya, orang dewasa usia pertengahan dan mereka yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas paling rentan mengalami skin tag

Penyakit diabetes, dan peningkatan hormon seperti pada saat hamil juga dihubungkan dengan meningkatnya risiko skin tag

Area Kemunculan Skin Tag

Kamu dapat memiliki skin tag di bagian tubuh mana saja. Namun, dua area yang paling sering “dihinggapi” oleh kondisi tersebut adalah leher dan ketiak. 

Pada anak, skin tag mungkin lebih sering ditemui di area kelopak mata bagian atas. Kondisi ini berhubungan dengan kebiasaan anak mengucek-ngucek mata. 

Selain area-area yang disebutkan tadi, skin tag juga sering ditemui di lokasi-lokasi berikut ini:

  • Lipatan selangkangan
  • Lipatan bokong
  • Bagian bawah payudara

Kebanyakan skin tag berukuran kecil dengan diameter 2 hingga 5 milimeter. Pada beberapa kasus, ukuran ‘daging lebih’ tersebut dapat membesar seukuran buah anggur (diameter 1 centimeter) atau buah ara (diameter 5 centimeter).

Meski tidak berbahaya, kemunculan skin tag bisa sangat menjengkelkan. Bukan hanya soal penampilan, tetapi juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman jika tergesek pakaian, aksesoris, atau ketika mencukur.

Skin tag biasanya tidak menimbulkan gejala berbahaya. Namun, Kamu dapat mempertimbangkan untuk melakukan pengangkatan apabila gejala yang muncul mengganggu penampilan dan memengaruhi kepercayaan diri Kamu.

Selain itu, bila daging tumbuh mulai teriritasi dan berdarah, Kamu mungkin harus segera memeriksakan diri ke dokter. Kadang kala, Kamu kesulitan saat melihat dan mengira-ngira apakah bintil yang muncul adalah skin tag. Untuk memastikannya, pergilah ke dokter guna mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Elektrocauter Treatment

Pada umumnya dokter kulit akan mengajukan serangkaian pertanyaan kepada pasien tentang seberapa penting tindakan penyembuhan keloid bagi diri pasien. Salah satu cara untuk menghilangkan keloid adalah dengan Elektrocauter.

Penggunaan cara menghilangkan Keloid yang salah bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Berikut ini adalah penjelasan tentang cara mempercepat  menghilangkan      Keloid dengan beberapa metode perawatan yang bisa kamu lakukan  di klinik rekomendasi terbaik yaitu NOVI’S Dermatology Bekasi.

Perawatan Electrocautery merupaka tindakan medis yang dilakukan untuk menghilangkan jaringan abnormal seperti milia di kulit, skintag maupun menghentikan pendarahan. Prosedur ini dilakukan menggunakan alat bernama electrocauter yang bekerja dengan cara memanfaatkan aliran listrik dan menghasilkan efek panas untuk membakar maupun memotong jaringan.

Related posts
Perawatan

Rahasia Tampil dengan Kulit yang Selalu Muda

Perawatan

Memahami Makna Kulit Sehat dan Ideal untuk Tetap Tampil Cantik

Perawatan

Melawan Tanda-tanda Penuaan Dini dengan Collagen Stimulator Treatment

Perawatan

Mengenal Elektocauter Treatment untuk Mengatasi Beberapa Masalah di Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Ketahui Penyebab Double Chin dan Cara Mengtasinya