Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Tentang Flek Hitam yang Membuatmu Tidak Percaya Diri

Jika kamu menemukan bintik-bintik hitam pada wajah, bisa saja itu adalah flek hitam. Flek hitam atau ephelis merupakan kumpulan bintik-bintik kecil atau pigmen alami yang memiliki warna lebih gelap daripada area di sekitarnya. Namun, perlu diketahui bahwa kondisi ini sangat wajar terjadi dan tidak membahayakan.

Munculnya pigmen yang lebih gelap di beberapa area kulit bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari faktor genetik hingga perubahan hormonal. Untuk mengetahui lebih lengkap, berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya flek hitam pada wajah, diantaranya :

1. Faktor genetik

Salah satu faktor utama munculnya flek hitam pada wajah adalah genetik atau keturunan. Pada beberapa penelitian, disebutkan bahwa faktor genetik berperan sekitar 20-70% pada munculnya bintik hitam di wajah. Nah, jika kamu memiliki bintik hitam pada wajah, bisa jadi kamu memiliki genetik turunan dari orang tua atau bahkan kakek dan nenek kamu. 

2. Paparan sinar UV berlebih

Salah satu penyebab flek hitam di wajah yang paling terkenal adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Seperti yang sudah kita tahu, sinar matahari memancarkan radiasi UVA dan UVB pada kulit yang bisa sebabkan berbagai dampak buruk pada kulit. Salah satunya adalah merangsang produksi melanin, pigmen pemberi warna pada kulit, secara berlebihan. Akibatnya, kulit mengalami hiperpigmentasi atau penumpukan melanin, sehingga kulit akan menjadi lebih gelap dibandingkan dengan area kulit lainnya. Hal inilah yang dapat memicu munculnya flek hitam. 

3. Perubahan hormonal

Pada kondisi tertentu, tubuh tentu bisa saja mengalami perubahan hormon. Ternyata, beberapa perubahan hormon ini juga bisa mempengaruhi munculnya flek hitam pada kulit, Teman Senka. Salah satunya adalah perubahan hormon estrogen yang seringkali dijumpai saat wanita sedang menstruasi atau hamil. Meningkatnya hormon estrogen pada tubuh akan mempengaruhi produksi melanin pada kulit sehingga flek hitam dapat muncul. 

4. Efek samping obat atau kosmetik

Mengonsumsi obat seperti pil KB, obat-obatan untuk penyakit fungsi tiroid, terapi hormon, dan obat lainnya dapat memicu munculnya flek hitam pada wajah. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh yang dapat dipicu oleh kandungan dalam jenis obat-obatan tersebut.

Selain efek samping obat, menggunakan kosmetik juga bisa menjadi penyebab munculnya flek hitam, karena kandungan kimia di dalamnya yang dapat memicu produksi melanin pada kulit. Beberapa kandungan dalam produk kosmetik juga bisa membuat kulit kita lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga dapat meningkatkan risiko dari radiasi UVA dan UVB, salah satunya yaitu munculnya flek hitam. 

5. Faktor usia

Seiring bertambahnya usia, kulit seseorang akan kehilangan elastisitasnya akibat berkurangnya protein kolagen yang diproduksi oleh kulit. Selain tampak kendur, hilangnya elastisitas kulit juga membuat kulit lebih rentan terhadap munculnya flek hitam. 

6. Peradangan

Proses penyembuhan peradangan yang disebabkan oleh kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, dan jerawat dapat memicu munculnya flek hitam akibat produksi melanin yang berlebih. 

7. Efek pemulihan luka

Saat kulit mengalami luka akibat jerawat, tergores, atau luka lainnya, kulit akan mengalami serangkaian proses penyembuhan untuk mengembalikan kondisi kulit seperti semula. Namun, saat proses penyembuhan tersebut, biasanya kulit akan menghasilkan produksi melanin yang berlebih secara alami, sehingga dapat memunculkan flek hitam.

8. Mengidap penyakit tertentu

Beberapa penyakit seperti diabetes, penyakit hati, penyakit addison, tumor hipofisis, dan penyakit lainnya bisa sebabkan munculnya flek hitam pada kulit. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti insulin yang tidak dapat bekerja pada kasus penyakit diabetes, perubahan hormon pada kasus beberapa penyakit.

Cara Sederhana Cegah Flek Hitam

Skin Booster DNA Salmon

Salmon DNA yang disuntikan kedalam kulit dapat memberikan efek regenerasi dan menyehatkan kulit, meringankan acne, memperbaiki tekstur dan keelastisan kulit. Perawatan ijnjeksi ini dikatakan akan menigkatkan produksi kolagen sehingga tanda penuaan akan memudar secara alami. Kulit yang lebih cerah dan lembab akan terlihat hasilnya setelah treatment. Tindakan ini baiknya dilakukan sebanyak tiga kali untuk hasil terbaik. Hasilnya pada kulit akan bertahan tiga sampai empat bulan.

Ikan salmon memiliki banyak manfaat bagi Kesehatan termasuk kulit. Kandungan ikan salmon ternyata mampu mengatasi garis halus hingga kerutan dan membuat kulit lebih glowing. Skin booster DNA salmon ini adalah cara lain untuk mengkonsumsi salmon, yakni dengan cara menyuntikan langsung lapisan kulit melalui treatment khusus.

Skin Booser DNA Salmon dalam dunia kecantikan sebenarnya sudah populer sejak 4-5 tahun terakhir, terutama di korea selatan. Maraknya perawatan DNA salmon di sejumlah klinik kecantikan membuat produsen produk perawatan kulit juga turut meramaikan tren streatment ini. Beberapa klinik di Indonesia sudah menawarkan fasilitas prosedur yang melibatkan penggunaan ekstrak DNA salmon seperti di NOVIS’S Clinic Dermatology.

Sperma Salmon

Sperma Salmon disebut-sebut sebagai rahasia untuk mendapatkan kulit yang lebih muda, tetapi kamu tidak perlu menggunakan cara pengaplikasian secara langsung sperma salmon ke kulit wajah. Menurut banyak penelitian hal ini sebenarnya mengacu pada DNA yang dipanen dari sperma salmon, yang saat ini  mulai terjadi trend dan telah memasuki dunia perawatan kulit yang terbilang cukup mewah.

DNA sperma salmon mendapatkan popularitas di Korea Selatan, berkat kemampuannya yang diharapkan dapat membantu perbaikan dan regenerasi sel kulit. DNA sperma salmon dikatakan dapat membantu perbaikan dan regenari sel, DNA salmon memiliki  kualitas regeneratif  yang kuat, bekerja bukan hanya pada tingkat permukaan tetapi lebih dalam ke kulit, mendorong pergantian sel yang pada gilirannya membantu mengencangkan kulit dan mempertahankan elastisitasnya.

Hal ini juga dikatakan sebagai anti-inflamasi yang dapat membantu dalam perbaikan luka dan jaringannya. Seiring bertambahnya usia, sel-sel kita menjadi lebih lambat memperbaiki dan meregenerasi diri mereka sendiri. Jadi, dalam hal demikian DNA sperma salmon terdengar seperti bahan ajaib bagi  siapapun yang ingin memperlambat tanda-tanda penuaan.

Injeksi Ikan salmon merupakan perawatan wajah yang memanfaatkan DNA ikan salmon dengan komponen utamanya yaitu Polideoxyribonucleotide (PDRN) yang ternyata adalah sperma salmon. Pada dasarnya, perawatan suntik ikan salmon ini adalah dengan cara menanamkan PDRN yang lebih kecil ke dalam lapisan superfisial dari kult melalui stamping kulit, Perawatan ini dilakukan dengan cara menyuntik cairan DNA ikan salmon ke lapisan dermis kulit wajah.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam Produk yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui www.storenovis.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Perawatan

Mengatasi Hiperpigmentasi untuk Dapatkan Kulit Lebih Muda

Perawatan

Kapan Waktu Harus Melakukan Rutin Facial ?

Perawatan

Memperbaiki Masalah Flek Hitam yang Membuat Kulit Terlihat Lebih Tua

Perawatan

Mengenal Tarik Benang Sebagai Solusi Kulit Wajah yang Kendur

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Sehat dan Memperindah Penampilan Kulit dengan PRP Treatment