Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Skincare

Pentingnya Penggunaan Toner dalam Penyempurnaan Skincare

Apa definisi dari kulit yang cantik dan sehat? Sebagian perempuan akan menjawab tampilan kulit yang lembap, cerah, bebas dari permasalahan kulit, halus, serta glowing. Salah satu tahapan skincare yang tidak boleh Kamu lewatkan jika ingin mendapatkan tampilan kulit idaman ini adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi. Kamu bisa melakukan eksfoliasi kimia menggunakan bahan asam berupa AHA (Alpha Hydroxy Acids), BHA (Beta Hydroxy Acids), atau PHA (Poly Hydroxy Acids).

Salah satu langkah dalam melakukan rutinitas skincare adalah memakai toner. Produk untuk wajah ini berbahan dasar air dan memiliki berbagai kandungan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah kamu. Selain dapat mengangkat minyak dan sisa makeup dari wajah, toner juga punya banyak manfaat mulai dari menyejukkan, melembutkan, hingga mengurangi kemerahan dan noda bekas jerawat di wajah. 

Toner juga berfungsi untuk mempersiapkan kulit agar bahan-bahan dari skincare lainnya dapat terserap lebih maksimal. Namun, proses eksfoliasi kulit tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Jika Kamu memiliki tipe kulit cenderung kering, misalnya, eksfoliator dengan kandungan Alpha Hydroxy Acids merupakan pilihan Kamu.

Seiring bertambahnya usia, kondisi kulit seringkali tampak lebih kusam dan memiliki tKamu-tKamu penuaan, seperti garis-garis halus serta kerutan. Kondisi ini dikarenakan proses regenerasi sel kulit menjadi lebih lambat, sehingga sel-sel kulit mati menumpuk di permukaan wajah. Permasalahan kulit ini bisa diatasi jika Kamu rutin melakukan eksfoliasi. 

Alpha Hydroxy Acid merupakan salah satu jenis eksfoliator kimia yang banyak terdapat di produk perawatan wajah untuk eksfoliasi, seperti exfoliating toner atau exfoliating serum. AHA adalah senyawa kimia alami yang didapatkan dari produk hewani atau tumbuhan, seperti buah-buahan, susu, dan tebu. Jenis asam ini memiliki manfaat yang beragam. 

Tak hanya ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati, eksfoliator ini juga dapat menghidrasi sehingga tidak membuat kulit kering. Ini merupakan salah satu perbedaan AHA dan BHA, karena BHA tidak memiliki komponen pelembap. Selain itu, AHA larut di dalam air sementara BHA larut dalam minyak, sehingga BHA lebih cocok digunakan bagi jenis kulit berminyak dan berjerawat.

Lalu, bagaimana cara kerjanya di kulit? AHA akan mendorong proses peluruhan sel-sel kulit mati di lapisan atas kulit (epidermis) dengan cara melemahkan ikatan sel-sel kulit, sehingga mudah lepas dan akhirnya luruh. Regenerasi sel-sel kulit kemudian akan berlangsung saat sel-sel kulit baru naik ke permukaan kulit. Selain itu, asam ini membuat lapisan dermis memproduksi kolagen untuk mempertahankan elastisitas kulit. Jika digunakan secara rutin, munculnya tanda-tanda penuaan di kulit wajah, seperti garis-garis halus serta kerutan, juga dapat diatasi.

Lactic acid (asam laktat)

Asam ini memiliki manfaat yang sama dengan glycolic acid, hanya saja memiliki molekul yang sedikit lebih besar sehingga mengurangi kemampuannya untuk menembus lapisan terluar kulit. Lactic acid juga memiliki kemampuan untuk menghidrasi kulit, serta mendorong peluruhan sel-sel kulit mati dengan lembut.

Mengapa harus menggunakan toner wajah?

1. Menghilangkan Kotoran di Wajah

Hydrating toner umumnya diaplikasikan setelah mencuci wajah. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kulit lebih dalam guna mengangkat sisa-sisa kotoran, debu dan polusi, serta  residu sabun cuci wajah yang digunakan.

Agar lebih optimal dalam merasakan manfaat hydrating toner untuk kulit kering, pastikan Kamu memilih produk yang berbahan lembut, seperti NOVI’S AHA TONER.

2. Meminimalkan dan Mencegah Jerawat

Pori-pori kulit yang dibersihkan menggunakan hydrating toner secara rutin dan teratur dapat mencegah munculnya komedo serta jerawat. 

3. Menjaga Keseimbangan pH Alami Kulit

PH alami kulit manusia adalah sekitar 5,5. Tetapi, polusi, produksi minyak, riasan, dan alkohol dapat mengubah kadar pH tersebut. Akibat pH yang tidak seimbang, kulit menjadi rentan terhadap siklus kekeringan yang berlebihan. Kondisi ini biasanya diikuti dengan produksi minyak berlebih, bahkan kerusakan kulit.

Guna mencegah kondisi tersebut, Kamu perlu mengaplikasikan hydrating toner secara rutin dan teratur. Dengan demikian, menggunakan hydrating toner Kamu menjaga kulit untuk mempertahankan keseimbangan pH alaminya.

4. Meningkatkan Khasiat Produk Perawatan Kulit Lainnya

Hydrating toner dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Oleh karena itu, produk perawatan yang Kamu gunakan setelahnya dapat memberikan manfaat yang lebih optimal.

Tidak hanya itu, pH kulit wajah Kamu juga menjadi lebih seimbang. Hal ini pun membuat kulit wajah terasa lebih lembap sehingga penggunaan skincare dapat memberikan hasil yang lebih efektif.

Kamu bisa cari tahu berbagai macam Produk yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui www.store.novis.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Skincare

Keistimewaan Aloevera Sebagai Bahan Utama NOVI’S Hydration Gel Moisturizer

Gaya HidupSkincare

Sinar UV Akan  Merusak Komponen Utama Kulit Kamu

Skincare

Deretan Masalah Kulit yang Sering Dialami ole Remaja

Skincare

Kapan Sebaiknya Mengaplikasikan Pelembab untuk Wajah?

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Inilah Masalah yangTerjadi pada Kulit Karena Polusi