Pentingnya Vaksin COVID-19, dan Tips Menemukan Tempat Vaksin Terdekat!

Perawatan

Miliki Bentuk Payudara Ideal dan Indah dengan Prosedur Breats Lift

Perawatan kuit tidak melulu tetang wajah, tanda penuaan juga bisa dilihat dari bagian tubuh lainnya, seperti payudara. Payudara merupakan aset berharga seorang wanita. Meski merupakan bagian tertutup sekalipun, banyak wanita berupaya menjaga kecantikan payudara mereka. Terutama agar tetap kencang dan tidak mengendur. Payudara kendur banyak disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu yang paling berpengaruh adalah pertambahan usia, dimana kadar elastin dan kolagen pada kulit semakin menipis. Ligamen dinding dada juga semakin lemah seiring wanita menua.

Beberapa informasi yang beredar menyebutkan ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab payudara mengendur. Mulai dari akibat penuaan, sering tidak pakai bra, menyusui dan lain sebagainya. Menyusui sering dianggap sebagai penyebab utama payudara kendur, dan tidak jarang seorang wanita enggan bahkan menolak untuk menyusui bayinya. Padahal, ASI adalah asupan terbaik bagi bayi.

Penyebab Payudara Kendur

  • Penuaan

Setiap organ dan bagian tubuh akan mengalami penurunan fungsi akibat penuaan, termasuk payudara. Payudara terdiri dari jaringan ikat atau penghubung, yaitu ligamen cooper. Ligamen tersebut fungsinya adalah menyongkong payudara tetap kencang dan tetap pada posisinya.

  • Olahraga Intensitas Tinggi

Sering tidak pakai bra sebenarnya bukan penyebab payudara menjadi turun. Namun, aktivitas tertentu memang bisa membuat payudara tak lagi kencang. Salah satunya adalah olahraga intensitas tinggi. Yang dimaksud olahraga intensitas tinggi adalah olahraga yang menggabungkan aktivitas fisik intensitas rendah. Latihan ini dilaksanakan secara bergantian dalam waktu singkat dalam satu waktu. Metode the talk test juga masih bisa dilakukan untuk mengukur olahraga intensitas tinggi.

  • Hamil

pada saat hamil, kenaikan berat badan membuat ligamen meregang. Kondisi ini memang sulit dihindari dan dicegah. Namun, risikonya bisa dikurangi dengan menjaga kenaikan berat badan lewat asupan makanan sehat saat mengandung. Perlu kamu ketahui, bahwa menysusui bukan penyebba payudara menjadi kendur.

  • Merokok

Rokok adalah faktor penyebab payudara kendur yang paling signifikan. Merokok adalah salah satu gaya hidup yang tidak sehat, karena dapat memecah jaringan ikat kolagen kulit. Akibatnya, kulit akan kehilangan elastisitasnya.

  • Payudara Besar

Ukuran payudara yang besar memang lebih mudah membuatnya kendur. Hal ini juga berhubungan dengan gravitasi. Payudara yang besar tentunya lebih terdampak oleh gravitasi ketimbang ukuran payudara yang kecil.

  • Perubahan Berat Badan Ekstrem

Penurunan berat badan yang sangat cepat, diikuti dengan penambahan berat badan, juga bisa membuat payudara mengendur. Hal sebaliknya juga berlaku, yaitu penambahan berat badan secara cepat yang diikuti dengan penurunan berat badan yang juga cepat.

Seiring bertambahnya usia, bentuk dan ukuran payudara tentu saja akan berubah. Biasanya, payudara akan mengendur dan menjadi turun. Bentuknya yang tidak lagi sempurna inilah yang membuat para wanita menjadi tidak percaya diri. Meskipun demikian, bukan berarti bentuk payudara yang mulai mengendur tidak bisa diperbaiki. Para wanita bisa memperbaiki bentuknya dengan teknik breast lift, atau teknik mengencangkan payudara tanpa menggunakan implan. Operasi in menjadi solusi  bagi mereka yang enggan menggunakan implan untuk mengencangkan payudara.

Breast Lift adalah operasi kosmetik yang dilakukan untuk memperbaiki bentuk impian payudara wanita. Dalam prosedur ini, dokter akan mengangkat kelebihan kulit maupun lemak di sekitar payudara, kemudian jaringan payudara diangkat untuk mengencangkannya. Karena itu, breast lift disebut juga Mastopexy. Operasi ini termasuk ke dalam prosedur kosmetik dan harus dilakukan oleh dokter bedah plastik. Mastopexy biasanya dilakukan bukan karena pertimbangan medis namun estetik. Prosedur ini mungkin dipertimbangkan apabila seorang wanita merasa tidak percaya diri dengan keadaan payudara yang ia miliki seperti :

  • Payudara kendur , turun, dan mengecil
  • Posisi puting payudara turun
  • Area sekitar puting payudara melebar secara proporsional dengan ukuran payudara
  • Letak salah satu payudara lebih rendah dari payudara di sebelahnya

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, treatment breast lift adalah tindakan bedah yang bersifat estetika. Berbeda dengan operasi karena penyakit tertentu, mastopeksi umumnya menjadi pilihan bagi wanita dengan payudara kendur. Breast lift dilakukan di bawah anastesi umum atau bius total. Ini berarti kamu akan tertidur selama tindakan berjalan. Penting untuk mengikuti saran dokter anastesi agar proses pembiusan berjalan lancar.

Setelahnya, kamu tidak perlu khawatir akan berlama-lama berada di rumah sakit karena biasanya kamu sudah diperbolehkan untuk pasca tindakan. Kemudian kamu bisa kembali  bekerja sekitar 1-2 minggu kemudian tergantung dari jenis pekerjaan dan bagaimana kondisi tubuhmu. Sementara, untuk aktivitas  yang tidak terlalu berat bisa dilakukan pada minggu pertama setelah operasi, sesuai dengan kondisimu. Seiring berjalannya waktu, hasil breast lift , akan berubah secara bertahap dari waktu ke waktu hingga akhirnya payudara tampak lebih indah.

NOVI’S Clinic Dermatology menjadi rekomendasi klinik kecantikan terbaik untuk kamu yang ingin melakukan Breast Llift dan  beberapa perawatan kecantikan lainnya. Kamu bisa cari tahu berbagai macam treatment yang ada di NOVI’S Clinic Dermatology Bekasi melalui Artikel Kesehatan di www.novisdermatology.co.id

Review By : DR. NOVIANTY ARLISMA

Related posts
Perawatan

Rahasia Tampil dengan Kulit yang Selalu Muda

Perawatan

Memahami Makna Kulit Sehat dan Ideal untuk Tetap Tampil Cantik

Perawatan

Melawan Tanda-tanda Penuaan Dini dengan Collagen Stimulator Treatment

Perawatan

Mengenal Elektocauter Treatment untuk Mengatasi Beberapa Masalah di Kulit

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Worth reading...
Simak Manfaat dan Keunggulan Hydra Facial Treatment, Cara Merawat Kulit yang Lebih Efektif